Home / News

Selasa, 15 Maret 2022 - 10:40 WIB

Presiden: Pembangunan IKN Melanjutkan Gagasan para Presiden Sebelumnya

Presiden Jokowi saat berkemah di IKN Nusantara. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Presiden Jokowi saat berkemah di IKN Nusantara. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

NYATANYA.COM, Penajam Paser Utara – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengimplementasi ide besar perpindahan Ibu Kota yang digagas oleh para presiden-presiden yang menjabat sebelumnya. Hal itu ditandai oleh prosesi penyatuan tanah dan air yang dilakukan pada Senin (14/3/2022).

Cita-cita perpindahan itu telah lama bergulir pada masa jabatan presiden sebelumnya, dari mulai semenjak Presiden Soekarno. Seketika akan dilakukan kebijakan itu pada 1957, mendapat hambatan yang disebabkan oleh gangguan stabilitas politik yang melanda sejumlah wilayah di tanah air.

“Sudah akan dilakukan perpindahan Ibu Kota tapi terhambat oleh pergolakan-pergolakan yang menyebabkan mundurnya waktu pada akhirnya tidak terjadi,” kata Presiden Joko Widodo ketika melakukan dialog secara virtual pada Selasa (15/3/2022).

Kemudian, pada masa pemerintahan Presiden Soeharto juga akan memindahkan Ibu Kota dari yang semula DKI Jakarta ke wilayah di Jawa Barat (Jabar). Pada saat kebijakan itu akan dilakukan terhambat kembali, akibat dari gangguan stabilitas politik yang sedang melanda tanah air kala itu.

Baca juga   Target Pemerintah, Dua Juta kendaraan Listrik Digunakan Masyarakat pada 2025

“Ada peristiwa 1998 yang membuat perpindahan Ibu Kota terhambat kembali,” kata Presiden.

Berlanjut ke masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang berniat memindahkan Ibu Kota dari DKI Jakarta. Bahkan, sudah melakukan serangkaian kajian-kajian tentang perpindahan Ibu Kota.

“Pada masa pemerintahan SBY, bahkan sudah melakukan kajian-kajian tentang perpindahan Ibu Kota,” kata Presiden.

Adanya sejumlah upaya tentang perpindahan Ibu Kota yang dilakukan Presiden sebelumnya. Semakin menguatkan Presiden Jokowi. Pada 2014, menginstruksikan pada jajarannya melanjutkan kembali ide besar perpindahan Ibu Kota.

Baca juga   Jelang HUT RI, PDIP Kota Yogya Dirikan 5 Dapur Umum Bantu Warga Isoman

Dimulai dari tahap kajian-kajian mendalam yang dilakukan oleh jajaran instansi pemerintah terkait. Dari kajian itu, rupanya menghasilkan sejumlah titik yang layak dipertimbangkan menjadi lokasi Ibu Kota Indonesia yang baru.

Setelah melewati serangkaian kajian, akhirnya terpilih di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara yang terletak di Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi Ibu Kota baru.

Seiring dengan berjalannya waktu pun, kini nama Ibu Kota baru itu dikenal dengan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dari kajian itu, kemudian di ciutkan menjadi tiga dan pada akhirnya diputuskan Ibu Kota Indonesia pindah di kawasan yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara di Kaltim,” imbuh Presiden.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Balai Kota Yogya Jadi Kawasan Wajib Masker dan Vaksin
Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, berkomitmen segera menyediakan komoditas minyak goreng dengan harga yang terjangkau. Foto: Humas Kemendag

News

Mendag Zulkifli Hasan Komitmen Sediakan Minyak Goreng dengan Harga Terjangkau
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) bersama Direktur Utama PT TWC Edy Setijono. Foto: @media_twc

News

Menteri Luhut: Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750 Ribu Belum Final, Diputuskan Minggu Depan
Petugas dan warga mengevakuasi Pesawat Asian One dengan kode penerbangan PK-LTF yang mengalami kecelakaan saat hendak lepas landas dari Bandara Kenyam di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Senin (9/10/2023). Foto: Humas Polres Kenyam

News

Pesawat Asian One Alami Kecelakaan di Bandara Kenyam Papua Pegunungan
Foto: BPMI Setpres 

News

Presiden Jokowi: Indonesia Kini Berada di Puncak Kepemimpinan Global, Sekaligus Ketua ASEAN
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Surakarta, Senin (13/9/2021). (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

News

Menteri Nadiem Apresiasi Gibran dalam Pelaksanaan PTM
Ngobrol Pancasila dan Indonesia di Pendopo Gereja Maria Marganingsih, Kalasan, Sleman, Senin (6/6/2022). Foto: Ist

News

Dialog Kaum Muda Lintas Agama dan Penghayat Kepercayaan, Rawat Kerukunan dan Setia Pancasila dan NKRI
Grebeg Vaksin di Desa Bendo, hampir seluruh kelompok lansia telah tervaksin Covid-19. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

News

Grebeg Vaksin Desa Bendo Sasar 1.753 orang