Home / News

Senin, 14 Maret 2022 - 13:21 WIB

Presiden: Penyatuan Tanah dan Air Bentuk Persatuan Bangun IKN Nusantara

Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres/Istimewa

Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Setpres/Istimewa

NYATANYA.COM, Penajam Paser Utara – Kehadiran 34 gubernur dalam prosesi penyatuan tanah dan air dalam Kendi Nusantara, merupakan wujud dari persatuan yang kuat dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat diantara kita dalam rangka membangun IKN Nusantara,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika memberikan sambutan dalam prosesi penyatuan tanah dan air di titik nol lokasi IKN Nusantara, Kaltim pada Senin (14/3/2022).

Menurut Presiden, simbolisasi dari penyatuan tanah dan air yang diserahkan secara langsung itu dapat dimaknai, sebagai partisipasi aktif para gubernur dalam membangun IKN Nusantara, yang sangat dibutuhkan sinergitasnya.

Partisipasi aktif para gubernur yang mengikuti prosesi itu, tambah Presiden, juga sebagai bentuk kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan. Dari mulai pemerintah pusat, daerah, TNI, Polri, dan masyarakat yang aktif dalam pembangunan infrastruktur tersebut.

Baca juga   Sambangi Pedagang di Pasar Sentul, Presiden: Harga Kebutuhan Pokok di DIY Cenderung Stabil

“Tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi IKN Nusantara,” ujar Presiden.

Dengan begitu, pembangunan ibu kota baru di Kaltim dapat segera terwujud sesuai dengan waktu yang direncanakan. Mengingat, cita-cita membangun kota baru baru tersebut, memerlukan dukungan yang optimal dari seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

“Itu akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan bisa segera terwujud yakni pembangunan IKN Nusantara,” tutur dia.

Adanya dukungan itu, Presiden optimis, pembangunan IKN Nusantara dapat mudah dilaksanakan dan berjalan lancar sesuai rencana.

“Semoga berkat doa kita dan upaya itu semua memberikan kemudahan dan kelancaran kita dalam membangun IKN Nusantara,” kata Presiden.

Diketahui, Presiden Jokowi telah selesai melakukan prosesi penyatuan material tanah dan air dari seluruh pelosok Indonesia untuk IKN Nusantara.

Dari pantauan InfoPublik, material tanah dan air yang dibawa tersebut, dibawa secara langsung oleh 34 kepala daerah tingkat provinsi atau gubernur.

Baca juga   Bus Rombongan Takziah dari Salam Magelang Terguling di Ring Road Barat, 1 Orang Meninggal Dunia

Giliran pertama kepala daerah yang menyerahkan tanah dan air berasal dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan diikuti oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

Kemudian, secara bergiliran para gubernur menyerahkan secara simbolis kepada Presiden Jokowi selaku pemimpin prosesi penyatuan tanah dan air.

Presiden Jokowi lalu mencampurkan tanah dan air yang diserahkan oleh para gubernur ke dalam satu bejana yang cukup besar berwarna krem. Bejana itu diberi nama dengan Kendi Nusantara.

Ada cara unik para gubernur membawa material tanah dan air ke hadapan Presiden Jokowi. Ada yang membawa tanah dengan menggunakan kendi, kaleng emas, tas anyaman, hingga piring. Sedangkan, menyerahkan air ada yang menggunakan bambu, kendi, botol kaca, hingga vas.

Semua alat-alat itu memiliki ciri khas sesuai daerah atau provinsi masing-masing.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kondisi rumah warga yang rusak akibat diterjang angin kencang di Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta, Jumat (11/3/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Gunungkidul)

News

Angin Kencang Terjang Gunungkidul, Satu Warga Luka Ringan
Ilustrasi. Foto: Istimewa

News

Kemenhub Ajak Korea Selatan Kembangkan Fase 4 MRT Jakarta
Foto: Diskominfo Jateng

News

Cegah Kasus Laka Pemalang Terulang, Ganjar Turun Matikan Api Pembakaran Rumput di Tepi Tol
Foto: Ist

News

Sejak Berdiri, KPK Tangkap Lebih dari 300 Anggota Parlemen Terlibat Korupsi
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Tiga Meninggal, 63 Sembuh, dan 36 Kasus Baru Covid-19 di Magelang
Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara beserta Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara di Istana Negara, DKI Jakarta, Kamis (10/3/2022). (Foto: BPMI/Setpres)

News

Duet Bambang Susantono – Dhony Rahajoe, Resmi Pimpin IKN Nusantara
Kepala Biro Humas Kemnaker, Chairul Fadhly Harahap. (Foto: InfoPublik)

News

JHT Jadi Program Perlindungan Sosial Jangka Panjang bagi Pekerja, Begini Penjelasannya
Foto: ANTARA

News

Antisipasi Korban, KPU Sederhanakan Surat Suara Pemilu 2024