Home / News

Senin, 9 Mei 2022 - 23:00 WIB

Presiden: PPKM Berlanjut Sampai Covid-19 Dapat Dikendalikan


Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tetap diterapkan di seluruh wilayah dalam beberapa waktu mendatang, hingga wabah global Covid-19 dapat dikendalikan sepenuhnya oleh pemerintah.

“PPKM tetap berlanjut, sampai betul-betul kita yakin Covid-19 dapat dikendalikan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang kabinet paripurna pada Senin (9/5/2022).

Menurut Presiden, langkah pemerintah yang memutuskan menerapkan kebijakan PPKM terus berlanjut di seluruh daerah merupakan sikap waspada. Sebab, wabah global Covid-19 masih berada di tengah-tengah masyarakat.

Kondisi saat ini, lanjut Jokowi, kasus harian per 8 Mei 2022 yang tercatat mencapai angka 227 kasus. Dengan kasus aktif yang masih berada di angka 6.192 kasus yang masih dihadapi oleh pemerintah beserta seluruh pemangku kepentingan terkait.

“Tetap kita waspadai penyebaran Covid-19,” ujar Presiden.

Baca juga   2 Tahun Beasiswa Tak Cair, Mahasiswa Papua se-DIY Mengadu Ombudsman

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan pemerintah akan memantau perkembangan situasi pandemi terutama setelah libur Lebaran 2022 ini. Oleh karenanya, pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah atau WFH guna menekan risiko penularan Covid-19.

“Pemerintah akan memantau pergerakan kasus dalam satu dan dua minggu ke depan dengan memperkuat testing dan tracing. Kami juga mengimbau untuk mengoptimalkan work from home selama beberapa waktu ke depan untuk mengurangi risiko penyebaran virus itu,” kata Luhut yang dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Menko Marves mengungkapkan, situasi pandemi di tanah air saat ini berada dalam kondisi yang baik. Kasus konfirmasi harian menurun secara signifikan di mana selama 25 hari berturut-turut jumlah konfirmasi tercatat di bawah 1.000 kasus dan 11 hari berturut-turut di bawah 500 kasus.

Baca juga   Presiden Jokowi: Pandemi Ujian sekaligus Momentum Mawas Diri

Tingkat rawat inap juga terus turun hingga 97 persen dari puncak kasus Omicron, tingkat hunian tempat tidur rumah sakit hanya 2 persen, kasus kematian turun secara signifikan hingga 98 persen dari puncak kasus Omicron, dan positivity rate 0,7 persen atau di bawah lima persen.

Menko Marves yang juga koordinator PPKM Jawa-Bali mengungkapkan, berdasarkan level asesmen yang dilakukan oleh pemerintah hingga 7 Mei 2022, tidak ada kabupaten/kota di Jawa-Bali yang berada di Level 4 dan hanya satu daerah yang berada di Level 3.

“Hanya ada satu kabupaten, yaitu Pamekasan yang berada pada Level 3 akibat level vaksinasi yang belum memadai,” tuturnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Tangkapan layar bentrok suporter sepakbola di Sleman, Senin (25/7/2022). Foto: Ist

News

Rombongan Suporter Bola dari Solo Bentrok di Yogya, Motor Dirusak Sejumlah Orang Terluka
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan sidak ke Pasar Bulu Kota Semarang, Selasa (5/4/2022) untuk mengecek ketersediaan serta harga minyak goreng di pasaran. (Foto:Humas Jateng)

News

Temukan Minyak Goreng Curah Dijual Hingga Rp22 Ribu, Ganjar: Sistem Distribusi Harus Diubah
Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi Srikandi, Sistem Informasi Akses Keuangan Daerah Terintegrasi dengan menggandeng Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) se-Jateng dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Permudah Akses Keuangan UMKM, Ganjar Luncurkan Srikandi
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 236 Orang
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspadai Corona Varian Delta, Dinkes Imbau Warga Kenakan Dobel Masker
Sidang kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau 2nd Meeting Digital Eonomy Working Group (DEWG) G20 2022, di Hotel Tentrem Yogyakarta. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Sambut Delegasi DEWG G20, Menkominfo: Sugeng Rawung ing Ngayogyakarta
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

Hari Ini Sejumlah Wilayah di Jateng Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
Alun-alun Klaten bakan direvitalisasi. Nantinya PKL juga dilarang berjualan di tempat ini. Foto: Kominfo-klt

News

Alun-alun Klaten Direvitalisasi, PKL Pindah Permanen ke Jalan Bali