Home / News

Kamis, 13 Oktober 2022 - 17:26 WIB

Presiden: Progres Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Capai 88,8 Persen

Foto: BPMI Setpres

Foto: BPMI Setpres

NYATANYA.COM, Jakarta – Perkembangan pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 88,8 persen. Ditargetkan, pada Juni 2023 mendatang transportasi angkutan darat itu bisa beroperasi melayani masyarakat.

“Progres pembangunan sudah mencapai 88,8 secara keseluruhan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui keterangan pers pada Kamis (13/10/2022).

Menurut Presiden, moda transportasi darat pertama di Asia Tenggara (ASEAN) tersebut akan berdampak positif pada kehidupan masyarakat Jakarta dan Bandung. Karena, semakin memudahkan mobilitas antarkedua wilayah.

Baca juga   Pemkot Yogya Terima Bantuan 5 Unit Mobil Operasional Vaksin dari BEI

Dengan begitu akan menumbuhkan perekonomian daerah sekitar dua wilayah menjadi lebih baik dari waktu ke waktu mendatang. Kerja sama pembangunan moda angkutan darat itu juga secara konkret meningkatkan pendapatan dari pelaku usaha yang berada di kedua kawasan.

Mengingat, moda transportasi tersebut kelak bisa disambungkan dengan fasilitas publik seperti Bandara dan Pelabuhan.

“Pertumbuhan ekonomi baru di Jakarta ada di Kota Bandung, Kabupaten Bandung juga terjadi,” kata Presiden.

Baca juga   Tinggal Tunggu Aba-aba dari Pusat, Semua Obwis di DIY Siap Buka

Adanya, moda transportasi itu juga akan membuka peluang konektivitas antar negara-negara di ASEAN. Sehingga, antar kawasan negara ASEAN mampu tersambung melalui teknologi kereta api cepat yang dibangun di masa mendatang.

Tersambung antara negara- negara ASEAN dapat berdampak positif pada daya saing menjadi semakin meningkat secara signifikan.

“Itu sudah menjadi gagasan besar di ASEAN agar konektivitas antar negara-negara ASEAN ini tersambungkan secepat-cepatnya,” kata Presiden.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Tugu Yogyakarta. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Percepat Vaksinasi, Sri Sultan Minta Jatah Vaksin Ditambah
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Papua, Khairul Lie menegaskan penanganan atlet dan official kontingen PON XX Papua yang terkonfirmasi positif Covid-19, dengan cepat dan tanggap. (Foto: MC Kominfo PON XX Papua Klaster Jayapura)

News

17 Kasus Covid-19 PON XX di Jayapura Tertangani dengan Cepat
Haryadi Suyuti dalam forum kepatuhan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan di Hotel Grand Ina Indonesia, Rabu (27/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Pemkot Dorong Perlindungan Jaminan Ketenagakerjaan Bagi Pekerja di Kota Yogya
Kereta api light rail transit (LRT) yang sedang melakukan ujicoba terlibat kecelakaan di jalur layang ruas Munjul, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). (Foto: @jktinfo/InfoPublik)

News

Kereta LRT Jabodetabek Tabrakan Saat Uji Coba Keselamatan
Mensos Tri Rismaharini (tengah) memberikan keterangan pers di Mapolresta Sidoarjo, Minggu (4/9/2022). ANTARA/ Indra Setiawan

News

Mensos Risma Geram! Anak SD Jadi Korban Asusila Ayah Tiri dan Ibu Kandungnya
Foto: BPMI Setwapres

News

Wapres: Ramadan Momentum Kuatkan Solidaritas Kemanusiaan dan Persaudaraan
Foto: Diskominfo Jateng

News

Tol Semarang – Demak Seksi II Diuji Coba, Warga: Lebih Cepat, Pemandangan Bagus
Ilustrasi. Warga membawa minyak goreng yang dibeli dengan harga murah saat pasar murah Ramadan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/4/2022). Pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin menggunakan Banjarmasin Corporate Social Responsibility (BCSR) tersebut untuk stabilisasi harga pasaran karena beberapa komoditas mengalami kenaikan harga serta untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan harga distributor. (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa)

News

Presiden Minta BLT Minyak Goreng Secepatnya, Sebelum Tiba Lebaran