Home / News

Minggu, 3 Oktober 2021 - 10:49 WIB

Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah

Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Terminal Baru Bandar Udara (Bandara) Mopah, Merauke. (Foto:MC.Merauke)

Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Terminal Baru Bandar Udara (Bandara) Mopah, Merauke. (Foto:MC.Merauke)

NYATANYA.COM, Merauke – Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Baru Bandar Udara (Bandara) Mopah, Merauke, Minggu (3/10/2021) ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, sebagai negara besar dengan rentang wilayah yang sangat luas, membutuhkan konektivitas memadai agar bisa saling terhubung yang mempersatukan seluruh komponen sebagai satu bangsa.

“Bandara Mopah Merauke yang berada di ujung paling timur Indonesia saat ini terus kita kembangkan. Hari ini sudah selesai pembangunan terminal penumpang yang baru, seluas 7.200 meter persegi dengan kapasitas 638.000 penumpang per tahun. Sangat besar sekali,” ujar Kepala Negara.

Presiden berharap, terminal baru ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang, makin tertata, bersih dan nyaman sehingga penumpang terlayani dengan baik di bandara ini.

Ke depan, lanjut Presiden, kapasitas bandara akan terus ditingkatkan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, antisipasi peningkatan mobilitas masyarakat, aktifitas ekonomi yang ada, serta memudahkan mobilitas orang, barang dan jasa.

Baca juga   Melimpah, Stok Vaksin Covid-19 Indonesia 277.006.270 Dosis

“Sehingga ekonomi kita semakin efisien, bisa meningkatkan daya saing negara kita dalam persaingan global. Itulah pentingnya infrastruktur, karena sejak tujuh tahun terakhir, kita harus membangun dan mengembangkan bandara, membangun pelabuhan untuk memperlancar konektivitas tol laut, serta membangun jalan di seluruh penjuru tanah air,” sambung Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, orang nomor satu RI ini juga menyampaikan pesan khusus kepada Bupati Merauke untuk memanfaatkan bandara dengan baik guna mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya.

“Saya ingin berpesan kepada semua terutama Bupati Merauke agar memanfaatkan bandara ini dengan sebaik-baiknya dan mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya, serta meningkatkan daya saing daerah dalam ekspor dan investasi sehingga betul-betul bisa bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merauke dan umumnya untuk kemajuan Tanah Papua,” pesan Presiden Jokowi.

Baca juga   13 Warga Muntilan Sembuh Covid-19

Sementara itu Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden Jokowi yang telah bersedia meresmikan Bandara Mopah. Kemenhub ke depan akan terus mengembangkan fasilitas perhubungan terutama di Bandara Mopah Merauke.

Peresmian diakhiri dengan penandatanganan prasasti di Halaman Bandara Mopah oleh Presiden, didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Perhubungan dan para menteri lainnya, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, dan ketua DPRD, Benny Latumahin.

Usai peresmian, Presiden Jokowi bersama rombongan menggunakan pesawat helikopter menuju Distrik Sota, untuk meresmikan PLBN RI-PNG Sota, Merauke. (*)

Share :

Baca Juga

Warga Wadas melakukan audensi bersama BBWS. (Foto: Zainuri Arifin)

News

Warga Wadas Pendukung Bendungan Bener Tuntut BBWS Lakukan Pengukuran Tanah
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Percepat Tangani Corona, Tracing Digital ‘Silacak’ Bakal Diterapkan di DIY
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Pasien Sembuh Covid-19 DIY, Minggu 15 Agustus 2021 Bertambah 1.318 Orang
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Kasus Naik Signifikan, Mulai Hari Ini Solo Penyemprotan Masal Disenfektan
(Foto: Ilustrasi/ Ryiadhy InfoPublik)

News

Vaksin AstraZeneca Bantuan United Kingdom Tiba di Indonesia
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Kasus Covid-19 DIY Hari Ini: Sembuh 1079 Orang, Meninggal 18, Kasus Baru 353
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pantau Ketersediaan Oksigen, Jateng Andalkan JOSS
Ilustrasi swab PCR. (Foto:Halodoc)

News

Biaya Swab PCR Turun, Kualitas Hasil Dijamin Sama