Home / News

Selasa, 22 November 2022 - 16:30 WIB

Presiden Sampaikan Duka Cita atas Gempa di Cianjur, Rumah Rusak Dibantu Rp10 – 50 Juta

Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada Selasa, 22 November 2022. Foto: Laily Rache/Biro Pers Setpres

Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada Selasa, 22 November 2022. Foto: Laily Rache/Biro Pers Setpres

NYATANYA.COM, Cianjur – Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada Selasa, 22 November 2022.

Lokasi pertama yang ditinjau Presiden adalah jalan raya Cibeureum, penghubung wilayah Bogor-Cianjur di Kecamatan Cugenang yang sempat tertimbun longsor, namun kini telah dapat dilalui kendaraan.

Dalam keterangannya usai peninjauan, Kepala Negara menyampaikan ucapan duka cita atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) kemarin.

“Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,” ucap Presiden.

Baca juga   JAS Airport Services Tangani Keberangkatan Pesawat Haji 2022 dari Jakarta dan Surabaya

Presiden menegaskan bahwa ia telah menginstruksikan jajarannya untuk bekerja sama dalam membantu penanganan pascagempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur.

Mulai dari pembukaan akses yang terkena longsor hingga evakuasi dan penyelamatan korban-korban yang masih tertimbun longsor.

“Akses jalan yang kemarin tertimbun, tadi pagi sudah bisa dibuka, alhamdulillah. Dan ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun,” ungkapnya.

Selain itu, Presiden juga memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi.

Bantuan tersebut terdiri atas Rp50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Baca juga   Mantan Wali Kota Yogya 'Diciduk' KPK, Dodok Ritual Cukur Gundul

“Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR. Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah yang anti gempa,” ujar Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Suharyanto, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Cianjur Herman Suherman.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Kemendikbudristek)

News

Pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Dibuka, Begini Ketentuannya
Polres Sukoharjo gelar apel sarana prasarana dan latihan Dalmas menjelang Pemilu 2024. (Foto: Dokumen Polres Sukoharjo)

News

Polres Sukoharjo Gelar Apel Sarana Prasarana dan Latihan Dalmas
Tim BPBD Kabupaten Tuban membantu warga menyelamatkan diri dari banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (10/3/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Tuban)

News

Banjir Bandang Terjang 6 Desa di Tuban, Satu Warga Meninggal Dunia
Visual aktivitas Gunung Merapi pada Kamis (23/12/2021) pukul 15.20 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter Arah Baratdaya
Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan hadiah kepada para pemimpin negara-negara anggota G20 dalam jamuan makan siang di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). Foto: Tangkapan Layar Youtube Setpres

News

Diplomasi Bola dari Presiden FIFA untuk Pemimpin Dunia di KTT G20
Foto: BPMI Setpres 

News

Presiden Jokowi: Pentingnya Memiliki Sense of Crisis Hadapi Gejolak Ekonomi Global
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono menyaksikan penandatanganan MoU oleh BKD DIY dan Bank BPD DIY dalam kegiatan Soft Launching Logo dan Rebranding Simpeg “ASN Memayu”. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Gubernur DIY Luncurkan Logo dan Rebranding Simpeg “ASN Memayu”
Bank Indonesia (BI) meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 Kamis (18/8/2022). Foto: Ist/InfoPublik.id

News

Bank Indonesia Luncurkan Uang Kertas Tahun Emisi 2022, Ini Nominal dan Gambarnya