Home / News

Selasa, 5 Oktober 2021 - 18:04 WIB

Presiden: TNI Harus Tetap Menjadi Pondasi Utama Pertahanan

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri upacara HUT KE-76 TNI di Lapangan Dirgantara Kompleks AAU Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri upacara HUT KE-76 TNI di Lapangan Dirgantara Kompleks AAU Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Sleman – Prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama pertahan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif dengan pertahanan berlapis.

Hal ini ditegaskan Presiden Joko Widodo saat memimpin upacara peringatan HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diselenggarakan terpusat dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

“Saat ini kita masih menghadapi bayang-bayang Covid-19, seperti perang yang berlarut-larut dan menguras tenaga dan pikiran,” ujar Presiden.

Presiden menjelaskan, penanganan pandemi ini tidak lepas dari peran peran besar TNI yang menunjukkan profesionalisme dalam setiap tugas yang diberikan. Kesigapan, lanjutnya, selalu diaktifkan menghadapi ancaman lebih luas seperti radikalisme, terorisme, ancaman siber, ancaman biologi, bencana alam dan pencurian kekayaan alam di laut.

Menurut Presiden, menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, transformasi pertahanan harus dilakukan untuk meningkatkan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan militer terkini.

Baca juga   Menteri Nadiem: Sekolah Harus Menyenangkan dan Relevan dengan Zaman

Sehingga TNI bisa bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu bertahan pada lingkungan strategis regional maupun global.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya juga menyampaikan selamat ulang tahun dan memberikan penghargaan kepada seluruh anggota TNI, yang selalu menjadi penjaga utama menjaga kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasar Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi bangsa dan tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

Presiden menegaskan bahwa pola pikir TNI harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, sistematis dan konsisten berkelanjutan.

Upacara HUT TNI Ke-76 dimeriahkan dengan tarian Nusantara oleh anggota AAU, Kolone Senapan dan Drumband Gita Dirgantara AAU. (Foto: Humas Pemda DIY)

Presiden memerintahkan agar TNI mengadopsi teknologi inovasi yang mutakhir, aktif dalam konsorsium industri pertahanan global memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri dalam negeri mewujudkan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni.

“Selamat Hari Ulang Tahun TNI Ke-76. Selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Dirgahayu TNI, bersatu berjuang kita pasti menang,” tutupnya.

Baca juga   Pemkot Yogya Layani Vaksinasi ke Rumah Warga Disabilitas

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri upacara HUT KE-76 TNI dari Lapangan Dirgantara Kompleks AAU Yogyakarta.

Turut hadir pada upacara tersebut Ketua DPRD DIY, Bupati Sleman, Gubernur AAU, Wakil Gubernur AU, Danlanud Adisucipto, Kepala BIN DIY, Kapolda DIY, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Danrem Pamungkas mengikuti.

Pada upacara tersebut disampaikan pula penganugerahan tanda kehormatan berdasar Keputusan Presiden No.15, 19, dan 95 TK/2021 tentang penganugerahan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya dan Bintang Swabuana Paksa Nararya kepada tiga anggota TNI AD, TNI AL, dan TNI AU yang di bidang tugas kemiliteran menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan pembangunan tanpa merugikan tugas pokoknya.

Upacara HUT TNI Ke-76 dimeriahkan dengan tarian Nusantara oleh anggota AAU, Kolone Senapan dan Drumband Gita Dirgantara AAU. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 3.378 Kasus Covid-19 di DIY Sembuh
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Bertambah 3.214 Orang
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Satgas Khusus Telah Berhasil Pindahkan 1.235 Isoman
vaksinasi di pondok pesantren adalah bagian dari menyambut pelaksanaan pembelajaran tatap muka. (Foto: Humas Jateng)

News

Pemprov Salurkan 5.000 Dosis Vaksin untuk Ponpes di Jateng
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Masih Banyak Perusahaan Tak Sepenuhnya Jalani Ketentuan PPKM Darurat
Rakor virtual terkait perkembangan kasus Covid-19 yang diikuti Gubernur DIY Sri Sultan dan jajaran terkait bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Dibanding Negara Tetangga, Kasus Covid-19 Nasional dan Jawa-Bali Turun Hingga 96,4%
Super Blood Moon aman dilihat dengan mata telanjang. Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Super Blood Moon 26 Mei, BMKG Imbau Warga Pesisir Yogya Waspada Air Pasang
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Pemkot Yogya Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Nakes