Home / News

Selasa, 26 April 2022 - 00:37 WIB

Presiden: Transisi dari Pandemi ke Endemi Harus Hati-hati

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memandang bahwa transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi harus dilakukan secara hati-hati melalui berbagai tahapan. (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memandang bahwa transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi harus dilakukan secara hati-hati melalui berbagai tahapan. (Foto: BPMI Setpres)

NYATANYA.COM, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memandang bahwa transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi harus dilakukan secara hati-hati melalui berbagai tahapan. Dengan mempertimbangkan tren kasus aktif harian yang semakin menurun.

“Kita yang pertama memang mudik kita perbolehkan karena melihat angka-angka kasus harian sudah sangat rendah dan kasus aktifnya kan sudah di bawah 20 ribu memang rendah. Tetapi, apapun ada masa transisi yang masih kita harus hati-hati,” ujar Presiden Jokowi yang dikutip melalui laman setkab.go.id pada Senin (25/4/2022).

Baca juga   Diduga Terpapar Covid-19 di Banjarmasin, Warga Malaysia Meninggal Dunia di Tamiang Layang

Kepala Negara menegaskan bahwa pemerintah tidak ingin seperti negara-negara lain yang langsung melakukan kebijakan melepas masker.

Menurutnya, pemerintah akan melihat situasi pada masa transisi selama enam bulan ke depan.

“Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker, ndak. Itu masih masa transisi, kira-kira enam bulan kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker,” jelasnya.

Baca juga   Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Waspada Hadapi Kenaikan Kasus Omicron

Presiden menambahkan bahwa ada sejumlah tahapan yang harus dilewati dan pemerintah tidak akan tergesa-gesa dalam memutuskan kebijakan.

Menurutnya, pemerintah juga memiliki sejumlah pengalaman saat menghadapi lonjakan kasus Covid-19 varian Delta maupun Omicron.

“Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa. Apapun, kita punya pengalaman saat Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa, sehingga kehati-hatian, kewaspadaan itu tetap harus,” tandasnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo membuka GPDRR 2022 di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Rabu (25/5/2020). Foto: Amiriyandi/ InfoPublik

News

Presiden Jokowi: Indonesia Siap Membagikan Pengalaman Resiliensi Bencana di GPDRR
Pameran produk IKM seperti fesyen, kerajinan, produk kayu seperti gitar dan permainan kayu di ajang temu stake holder PDIN Yogyakarta, Jumat (23/12/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

PDIN Wadah Pengembangan Riset dan Desain Produk Industri, Tiga Komoditas Ini Jadi Prioritas Awal
(nyatanya.com/BMKG)

News

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gunungkidul, Tidak Berpotensi Tsunami
ibran Rakabuming Raka saat meninjau serbuan vaksinasi di Keraton Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

News

Terus Gencarkan Vaksinasi, Gibran Berharap Sektor Pariwisata Segera Pulih
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Antisipasi Varian Mu, Ganjar Beli “Whole Genome Sequencing”
Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Magelang dan Polres Magelang Kota menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) kemitraan kerja. (Foto: humas)

News

Bangun Kemitraan, Sejumlah OPD dan Polres Magelang Kota Teken Perjanjian Kerja Sama
Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi Aparatur Sipil Negara. (Foto:nyatanya.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)

News

‘Bangga Melayani Bangsa’, Ini Branding Baru ASN yang Diluncurkan Presiden
Tanam perdana bibit tanaman porang untuk komoditas ekspor di wilayah Desa Sukorejo, Kecamatan Tunjungan, Blora, Jumat (29/10/2021). (Foto:MC Kab Blora/Teguh)

News

Blora Kembangkan Budi Daya Porang Komoditas Ekspor