Home / Peristiwa

Sabtu, 15 Januari 2022 - 13:15 WIB

Presidensi G20, Kesempatan UMKM Indonesia Tampil di Kancah Internasional

Head of Public Policy and Government Relation Tokopedia, Hilmi Adrianto. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Head of Public Policy and Government Relation Tokopedia, Hilmi Adrianto. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Gelaran Presidensi G20 membuka kesempatan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam negeri tampil di kancah internasional.

Momentum ini, sudah seharusnya mendapatkan dukungan optimal dari seluruh platform aplikasi perdagangan elektronik atau e-commerce yang sedang berkembang pesat pada beberapa tahun belakangan ini.

“Satu kesempatan UMKM Indonesia, itu bisa tampil di mata masyarakat internasional,” ujar Head of Public Policy and Government Relation Tokopedia, Hilmi Adrianto, kepada InfoPublik pada Sabtu (15/1/2022).

Dukungan ini, kata Hilmi, tentu akan berdampak positif terhadap para pelaku UMKM di tanah air. Sehingga, promosi produk-produk potensial yang dimiliki oleh pelaku usaha di atas dapat semakin luas. Mencapai target segmentasi yang disasar yakni para delegasi-delagasi peserta sidang pertemuan yang berdatangan dari negara-negara anggota G20.

Setiap delegasi yang datang itu, diprediksi akan mencari produk-produk lokal yang memiliki ciri khas yang lekat dengan daerah terkait yang menjadi lokasi pertemuan sidang G20. Diprediksi, utusan dari negara anggota G20 tersebut dapat memanfaatkan sejumlah platform aplikasi perdagangan elektronik dalam mencari berbagai produk di atas.

“Nantinya bisa dibeli oleh para delegasi yang akan hadir di G20. Ini akan menambah benefit yang baik, untuk para UMKM di Indonesia,” kata Hilmi.

Baca juga   Buka Pelayanan Digital, Pasar UMKM Tanggung Cepu Diresmikan Bupati Blora

Dalam ajang G20, upaya yang dilakukan Tokopedia adalah memberikan halaman khusus G20 atau landing page G20 bagi produk-produk lokal Indonesia yang berada di halaman utama situs atau aplikasi perdagangan elektronik tersebut.

Produk yang berada di halaman khusus itu akan diseleksi atau kurasi oleh Tokopedia sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Diantaranya, produk lokal UMKM yang memiliki ciri khas kental dengan kebudayaan tanah air seperti wastra nusantara atau kain tenun khas Indonesia.

Dengan corak yang memiliki ciri khas tersendiri, tentunya akan dicari oleh para delegasi sebagai souvenir yang mengingatkan akan keindahan nusantara kala mengikuti rangkaian sidang pertemuan G20.

Ada juga kerajinan tangan yang memiliki ciri khas kental dengan kebudayaan tanah air. Dengan hasil kerajinan yang memiliki ciri khas tersendiri, tentunya akan dicari oleh para delegasi sebagai souvenir yang mengingatkan akan keindahan nusantara kala mengikuti rangkaian sidang pertemuan G20.

“Kategori produk lokal UMKM yang saat ini sudah dikurasi oleh Tokopedia adalah produk yang memiliki ciri khas kebudayaan Indonesia seperti wastra dan kerajinan tangan atau handicraft,” imbuh Hilmi.

Seiring dengan berjalannya waktu, kategori lainnya juga akan masuk dalam halaman khusus produk UMKM tersebut.

Baca juga   ASN Surakarta yang Pernah Terpapar Covid-19 Dapat Bantuan Sembako

Seperti kuliner khas yang dimiliki oleh daerah yang menggelar sidang pertemuan G20. Semuanya ini, akan dimasukkan ke dalam landing page G20 itu dalam beberapa waktu ke depan.

“Produk yang akan dikurasikan pada landing seiring dengan berjalannya waktu semakin bertambah. Saat ini sudah ada sekitar ratusan produk yang telah berada di landing page tersebut,” kata Hilmi.

Dari segi kualitas produk, lanjut Hilmi, semua produk yang dijajakan melalui halaman khusus itu dipastikan memiliki kualitas yang baik. Mengingat, pihaknya juga menetapkan persyaratan yang cukup ketat terhadap produk itu.

Terdapat indikator yang menjadi ukuran kualitas produk tersebut baik atau buruk melalui rating yang dimiliki oleh pedagang daring terkait.

Semakin sedikit keluhan atau complain yang diutarakan oleh para pembeli produk ini, maka disimpulkan bahwa produk terkait memiliki rating yang baik.

Semua yang masuk dalam halaman khusus dipastikan memiliki rating yang baik dari para pembelinya selama beberapa waktu belakangan ini.

“Kita mencari produk-produk yang memang punya kualitas baik untuk dimasukkan ke dalam landing page khusus itu,” pungkas Hilmi.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menjalani isolasi terpusat, lebih terkontrol pasien daripada isoman di rumah. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pengin Cepat Sembuh, Dwi Astuti Akui Nyaman di Isolasi Terpusat
Baznas terus menggencarkan program 'Kita Jaga Kyai' dengan melakukan vaksinasi bagi kyai dan santri. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Baznas Gelar Vaksinasi Bagi Kyai dan Santri
Masyarakat antusias mengikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Ribuan Orang Ikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi
Nugroho Joko Prastowo menyerahkan sisa 100 tabung oksigen secara simbolis kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta
Krisna Septian SH Kuasa Hukum Jamil berharap pelaku segera ditangkap. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Antisipasi Pelaku Pengancaman Kabur, Kuasa Hukum Jamil Desak Polisi Tangkap Terlapor
Gedung Olahraga Gelarsena Klaten kini disiapkan sebagai tempat isolasi terpusat. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Klaten Tambah Tempat Isolasi Terpusat Covid-19
Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, menyelenggarakan vaksinasi massal anak usia 6-11 tahun dan masyarakat di Kabupaten Batang. Adapun gerai vaksinasi dipusatkan di Kantor Desa Jrakah Payung Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Rabu (5/1/2022). (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Binda Jateng Buka Gerai Vaksin di Batang

Peristiwa

Ditutup 30 November 2021, Anugerah Jurnalistik Adinegoro “Semangat dan Harapan”