Home / Plus

Selasa, 5 Desember 2023 - 18:02 WIB

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta Implementasikan MBKM dengan Kunjungan Industri

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta Studi Visit, Industri Kreatif. (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta Studi Visit, Industri Kreatif. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta mendapatkan pengalaman langsung dunia kerja dalam kegiatan “Studi Visit, Industri Kreatif”.

Kegiatan ini menjadi komitmen Prodi Ilmu Komunikasi dalam mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kunjungan menyasar pada industri kreatif, baik yang berbasis animasi, media massa, maupun media digital, yakni Dwisapta-Dentsu, Video.com, Trans 7, Narasi, MNC Animation, dan Studio Shoh Entertainment.

Selama empat hari terhitung dari Minggu 26 November 2023, sebanyak 67 mahasiswa dan 6 dosen pendampaing dapat melihat ‘dapur’ kerja industri- industri kreatif tersebut.

Tak hanya itu, mahasiswa diajak untuk mengenali potensi dirinya dengan berdiskusi langsung bersama para pekerja kreatif, dan bahkan mencoba mempraktekan langsung kompentensi yang dimiliki.

Gakkoi Ardianto, mahasiswa peserta Studi Visit tersebut mendapatkan pengalaman untuk mempraktekan alur kerja dalam membuat animasi, dari pra produksi hingga pasca produksi.

Baca juga   Tim Robot ITS Juarai Laga Internasional RoboCup 2022 di Thailand, Begini Perjuangannya

“Dari kegiatan ini saya mendapatkan wawasan baru tentang kerja di bidang kreatif terutama produksi animasi, seperti; cara mengedit, rekaman suara dan banyak hal lainnya yang belum pernah saya tahu,” ujarnya.

Sementara Selvi Sugiana mengaku sangat beruntung mengikuti kegiatan tersebut, karena dapat membuka wawasannya di dunia kerja yang sangat kompetitif, baik di bidang perfilman, televisi maupun jurnalistik dengan basis teknologi digital. Ia jadi dapat menentukan pilihan untuk dapat menekuni satu bidang keilmuan.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa juga semakin terbuka wawasannya untuk mengikuti program magang kerja pada industri-industri kreatif tersebut sesuai dengan peminatannya masing-masing.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta, Erik Hadi Saputra mengatakan kegiatan tersebut penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyatan dan dinamika lapangan.

Baca juga   Program Kampus Merdeka 2022 Buka Pendaftaran

“Pengalaman berharga ini bisa dimanfaatkan dengan baik, khususnya untuk mematangkan persiapan para mahasiswa menjadi professional,” ungkapnya.

Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Amikom Yogyakarta berkomitmen untuk menyelenggarakan Studi Visit menjadi agenda tahunan.

Kegiatan tersebut juga diharapkan membuka peluang untuk menjalin kerjasama antara Prodi Ilmu Komunikasi Amikom sebagai institusi pendidikan dan industri. Kerjasama tersebut diharapkan juga terjalin dengan sesama perguruan tinggi.

Oleh karenanya, dalam rangkaian Studi Visit itu, mahasiswa bersama dosen mengunjungi Program Studi Ilmu Komunikasi Telkom University, Bandung.

Dalam kunjungan ini, baik mahasiswa maupun dosen dapat saling bertukar pengetahuan dalam pengembangan kurikulum. (N1)

Share :

Baca Juga

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat membuka Gebyar Koperasi Istimewa, Senin (25/7/2022) di Ballroom The Rich Jogja Hotel, Sleman. Foto: Humas Pemda DIY

Plus

Pemda DIY Gratiskan Sertifikasi Halal Produk UMK
Foto: Humas Sleman

Plus

Bupati Kustini Kukuhkan Pengurus RAPI Wilayah 05 Sleman
Ahmad Ikliluddin, salah satu dokter spesialis mata di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping. (Foto:Istimewa)

Plus

Mudah Serang Usaia Anak-Anak, Retinoblastoma Perlu Segera Ditangani
Festival Angkringan diramaikan 45 gerobak angkringan sejak dibuka tidak pernah sepi dari pengunjung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Pertama Kali Digelar Langsung Gayeng, Festival Angkringan 2023 Dorong Ekonomi Kreatif di Yogyakarta
Dengan rasa yang khas dan legit, sale pisang buatan Bang Zae cukup laris di pasaran. Hingga saat ini dia telah menjual 2 kwintal sale pisang dan produknya sudah ada di 10 outlet oleh-oleh khas Batang. (Foto: MC Batang, Jateng)

Plus

Bangkit dari Pandemi, Usaha Sale Pisang Bang Zae Laris Manis
Masyarakat menjajakan kue apem sebagai oleh-oleh pengunjung setiap kali tradisi sebaran apem Yaa Qowiyyu digelar. Foto: Kominfo Klaten

Plus

Tradisi Yaa Qowiyyu Jadi Berkah Bakul Apem
Pemkab Jepara, bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Indonesian Chef Association (ICA) Kabupaten Jepara, dalam rangka HUT ke-77 RI. Foto: Diskominfo Jepara

Plus

Kenalkan Potensi Laut Jepara, Sajikan Makanan Latoh Gratis Sepanjang 77 Meter
Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds selaku co founder Komunikotavisual yang juga dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta memberikan paparan materi seputar branding dan packaging. (Foto: Istimewa)

Plus

Dosen DKV ISI Surakarta Beri Materi Packaging untuk UMKM Kampung Batik Kauman