Home / Peristiwa

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 01:34 WIB

Produk UMKM Sleman Kini Dijual di Indomaret

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan pemasaran produk UMKM di Indomaret. (Foto: Humas Sleman)

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan pemasaran produk UMKM di Indomaret. (Foto: Humas Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman meresmikan pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui toko berjejaring (Indomaret). Peresmian dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang di pusatkan di Indomaret Jalan Magelang Km 8, Jumat (1/10/2021).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih dalam laporannya menjelaskan bahwa pemasaran produk UMKM tersebut merupakan tindaklanjut dari adanya Perda yang kemudian menjadi Perbup mengenai kewajiban toko berjejaring yang berdiri di wilayah Sleman.

“Ada dua kewajiban yang berlaku bagi toko berjejaring yang berada di wilayah Sleman, yaitu mengutamakan menyerap tenaga kerja lokal di wilayah Sleman dan kedua melakukan pembinaan, pendampingan dan pemasaran atau kerjasama dengan para pelaku usaha kecil di wilayah Sleman,” jelas Mae.

Baca juga   Satgas Covid-19 Kapanewon Depok Pantau Uji Coba PTMT

Mae Rusmi menyebut saat ini sebanyak 300 tenaga kerja telah mendapat kesempatan bekerja di Indomaret yang berada di wilayah Sleman. Selain itu juga telah dilakukan kurasi oleh Disperindag dan Indomaret untuk pemasaran produk UMKM yang ada di Sleman.

Sementara itu, Direktur Branch Manager Indomaret Yogyakarta, Suharsan menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan pihaknya dengan UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Sleman sebagai bentuk dukungan bagi UMKM.

“UMKM harapan kami bisa tetap bertahan di tengah pandemi. Kami membuka seluas-luasnya akses kami untuk para pelaku UMKM untuk bisa bergabung memasarkan produknya tentunya dengan memenuhi persyaratan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suharsan menuturkan terdapat 147 produk UMKM saat ini mulai dipasarkan di 132 gerai Indomaret yang tersebar di wilayah Sleman Barat dan Sleman Timur.

Baca juga   Kembali Digelar, Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 'Semangat dan Harapan'

Dalam peresmian tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo beserta jajarannya meninjau secara langsung pemasaran produk UMKM di Indomaret. Kustini juga berkesempatan melihat secara langsung display untuk produk UMKM di Indomaret.

Menurut Kustini, keberadaan produk UMKM Sleman di toko modern membuka peluang pengenalan dan pemasaran produk bagi masyarakat luas. Hal ini dinilai menjadi kesempatan yang baik bagi para pelaku UMKM Sleman dalam mengembangkan dan memperluas pemasaran produknya.

“Dengan adanya produk-produk UMKM yang dipasarkan hal ini tentu akan menambah variasi produk yang ditawarkan, tidak hanya menyediakan produk-produk pada umumnya, namun juga memiliki keunikan dengan tersedianya produk-produk UMKM khas Sleman,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

GPH Wijoyo Kusumo ngidung ngusir bencana. (Foto: Rakhmat Supriyono)

Peristiwa

Kenduren Tutup Suro Doa untuk Negeri
Webinar Nasional bertajuk 'Peran Milenial dalam Membangkitkan Ekonomi UMKM' yang Akumandiri dan BPR MSA. (Foto: tangkapan layar webinar)

Peristiwa

BPR MSA Gelar Webinar Nasional Peran Milenial Bangkitkan UMKM
Perwakilan Komnas Ham RI usai pertemuan dengan Bupati dan pejabat setempat menyampaikan bakal mengumpulkan fakta-fakta di lapangan dan akan membantu selesaikan konflik di Wadas. (Foto: BBWS DIY)

Peristiwa

Beragam Pelanggaran HAM Dilakukan Warga Penolak Proyek Nasional, Komnas HAM Akhirnya Turun Tangan
Ketua PAC PDIP Danurejan menyerahkan bantuan 3 ribu masker. (Foto: Istimewa

Peristiwa

Ajak Warga Taati Prokes, PAC PDIP Danurejan Bagikan 3 Ribu Masker
Sri Sultan saat Peresmian Kantor KPPU Wilayah VII. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Sri Sultan: KPPU Diharapkan Turut Bangun Struktur Ekonomi
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, saat meninjau pembangunan rumah tahan gempa untuk masyarakat komunitas pengrajin gula. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pemprov Jateng Bangun 28 Rumah Tahan Gempa untuk Komunitas Pengrajin Gula di Cilacap
Kapolres Magelang, AKBP Ronald Ardiyanto secara simbolis menyerahkan penghargaan kepada para nakes. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ratusan Nakes Terima Penghargaan dari Kapolres Magelang
Kegiatan jemput bola untuk warga penyandang disabilitas dan lansia tersebut nantinya akan dilakukan secara rutin dan berkala, bekerja sama dengan Disdukcapil Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Kalurahan Caturtunggal Jemput Bola Rekam KTP-el Difabel dan Lansia