Home / Peristiwa

Jumat, 26 November 2021 - 10:42 WIB

Program “Dashat” Desa Branjang Pelopori Penanggulangan Stunting

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Semarang Peni Ngesti Nugraha meminta warga Desa Branjang, untuk terus merawat dan mengembangkan tanaman toga. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Semarang Peni Ngesti Nugraha meminta warga Desa Branjang, untuk terus merawat dan mengembangkan tanaman toga. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Pengelola kampung KB “Mbangun Sarira” Desa Branjang, Ungaran Barat meluncurkan program dapur sehat atasi stunting atau Dashat. Program itu sebagai upaya menangani kasus stunting pada anak usia di bawah tiga tahun.

Kepala Bidang PPKS Dinas P3AKB Kabupaten Semarang Siti Maghfiroh menyampaikan, melalui program Dashat, warga desa secara mandiri menyiapkan makanan bergizi bagi ibu hamil sampai anak dibawah usia tiga tahun. Bahan pangan yang digunakan, dipasok dari hasil lokal desa.

“Program Dashat di Desa Branjang merupakan yang pertama di Kabupaten Semarang. Kita persiapkan program ini dapat terlaksana di 63 kampung KB yang tersebar di 19 kecamatan,” terang Siti, di sela-sela peresmian program Dashat di Dusun Cemanggah Kidul, Branjang, Kamis (25/11/2021).

Baca juga   Setelah Menunggu 21 Tahun, Ratusan Petani P3TR Bakal Miliki Sertifikat Tanah

Ditambahkan, program Dashat menyasar calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita penderita stunting dari keluarga kurang mampu. Pemenuhan gizi dari bahan pangan lokal itu, dapat dikembangkan lewat taman tanaman obat keluarga (Toga).

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Semarang Peni Ngesti Nugraha meminta warga Desa Branjang, untuk terus merawat dan mengembangkan tanaman toga.

“Di sini, dapat ditanam berbagai macam tanaman yang berguna untuk kesehatan keluarga. Jadi terus kembangkan dan dirawat agar dapat diperoleh manfaatnya,” ujarnya.

Kades Branjang Suhardi menjelaskan, kasus stunting di Desa Branjang terus menurun dalam tiga tahun terakhir ini. Pada 2019 tercatat ada 34 kasus, dan setahun kemudian menjadi 28 kasus. Tahun ini, ditemukan 18 kasus stunting.

Baca juga   Serahkan BST, Ganjar: Gunakan Model Gotong Royong Insyaallah Semua Dapat

“Target kami, tahun depan bisa nihil kasus stunting,” tegasnya.

Disampaikan, pencapaian tersebut juga didukung penambahan dana penanganan dari APBDes. Pada 2020, dianggarkan Rp40,5 juta untuk memenuhi kebutuhan gizi warga sasaran. Sedangkan tahun ini, bertambah menjadi Rp43 juta dan pada 2022, direncanakan ditambah lagi.

“Pemdes Branjang juga berencana membuat Posyandu satelit, yang aktif melayani pemenuhan gizi ibu hamil dan bayi bawah tiga tahun (batita),” tandas Suhardi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan sejumlah 192 paket tersebut secara simbolis kepada anak yatim. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Baznas Jateng Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu di Sukoharjo
Seluruh pasar di Kabupaten Rembang akan buka kembali, tiap hari Jumat. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Seluruh Pasar di Rembang Mulai Buka, Tapi…
Pemkot Surakarta kembali dapat bantuan oksigen dari PT Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Kembali Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
(Ilustrasi/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Warga Karangdowo Segera Nikmati Air Bersih PDAM Tirta Merapi
Bantuan berupa motor roda tiga diserahkan langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani kepada perwakilan kelompok tani penerima bantuan di halaman kantor DPKPP Klaten, Selasa (26/10/2021). (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Serahkan Bantuan Motor Roda Tiga untuk 23 Klomtan
Mayjen TNI Suharyanto saat mengucap sumpah sebagai Kepala BNPB di Istana Negara, Rabu (17/11/2021). (Foto:BPMI)

Peristiwa

Kepala BNPB Mayjend Suharyanto: BNPB akan Respon Cepat Saat Terjadi Bencana
Ilustrasi kedatangan vaksin. Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin Pfizer yang merupakan onasi Amerika Serikat (AS) melalui COVAX Facility. (Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

Peristiwa

Tahap ke-127, Vaksin Pfizer Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Ganjar sengaja datang ke Papua untuk menyemangati atlet-atlet Jateng yang berlaga di sana. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Tiba di Bandara Sentani, Ganjar Disambut Maskot PON dan Putra-putri Papua