Home / News

Kamis, 29 September 2022 - 14:16 WIB

Proses Hukum Tempati Rumah Tanpa Hak, Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa 

Rumah di Perum Buana Asri Vilage, Pendowoharjo, Sleman milik ahli waris korban yang ditempati terdakwa. (Foto: Zainuri Arifin)

Rumah di Perum Buana Asri Vilage, Pendowoharjo, Sleman milik ahli waris korban yang ditempati terdakwa. (Foto: Zainuri Arifin)

NYATANYA.COM, Sleman – Hakim Pengadilan Negeri (PN)  Sleman menolak  eksepsi terdakwa Roden Hengkeng Naung anak dari Arnold Tonggembio beserta  penasihat hukumnya dalam putusan sela yang dibacakan pada hari Kamis (29/9/2022) di Ruang 5 PN Sleman. Selain itu, Majelis juga memerintahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk melanjutkan pemeriksaan terhadap pokok perkara.

 “Dengan ini mengadili, menyatakan menolak atas eksepsi terdakwa dan Penasehat Hukum terdakwa dalam kasus (perkara) tindak pelanggaran pasal 176 KUHP ini,” ujar Ketua Majelis Hakim.

Hakim menyatakan nota keberatan yang diajukan terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya tersebut dinilai telah masuk pokok perkara dan harus dibuktikan dalam sidang selanjutnya.

“Eksepsi kami tolak, karena sudah masuk pada pokok materi dan harus dibuktikan pada sidang selanjutnya,” ujar Hakim Ketua.

Baca juga   Hari Ini Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 222

Selain itu, Hakim juga menyatakan, dakwaan yang disusun oleh JPU (Jaksa Penuntut Umum) sudah cermat, jelas dan lengkap sesuai waktunya serta telah memenuhi syarat bahwa perbuatan terdakwa berhubungan dengan KUH Pidana. Setelah majelis menyatakan menolak eksepsi, JPU Nisa Osalia Manah, SH meminta agar sidang ditunda hingga dua pekan mendatang, yaitu Kamis (13/9/2022) mendatang untuk penyiapan saksi. Karena dengan putusan sela tersebut, sidang akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.

Sementara, Kuasa Hukum korban Agung Nugroho, SH. M.Sc usai mendengarkan pembacaan putusan sela memberikan apresiasi positif kepada Majelis Hakim yang telah bekerja secara profesional selaku penegak hukum dengan menolak seluruh eksepsi keberatan yang diajukan oleh terdakwa maupun penasehat hukumnyanya.

Baca juga   Presiden Lantik Abdullah Azwar Anas Menjadi Menteri PANRB

“ Kami berharap proses persidangan terus berjalan dengan independen tanpa ada intervensi dari pihak manapun agar kepastian hukum itu dapat diterima oleh klien kami sebagai korban yang mengalami dugaan tindakan pidana yang dilakukan oleh terdakwa,” jelas Agung SH.

Proses sidang pelanggaran hukum yang menyeret terdakwa Roden Hengkeng Naung anak dari Arnold Ton Ggembio bermula ketika terdakwa diminta untuk meninggalkan sekaligus mengosongkan rumah yang ditempatinya, yang merupakan rumah waris milik saksi korban Jootje M Sondakh, Jeanne Sondakh serta Rachel Vallery Sondakh yang berlokasi di Perum Buana Asri Village B-4, Pendowoharjo, Sleman. Namun demikian terdakwa menolak dan tak mengindahkannya.  (N2)

Share :

Baca Juga

(MC Diskominfo Prov Jatim)

News

Jatim Pertahankan Provinsi Terbanyak PPKM Level 1 se-Jawa Bali
Pemkot Yogyakarta terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 hingga di tingkat kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Vaksinasi Covid-19 Tingkat Kampung Digencarkan Pemkot Yogya
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, mengeluarkan guguran lava 110 kali selama sepekan terakhir. (Foto: ANTARA)

News

Gunung Merapi Gugurkan Awan Panas Sebanyak 110 Kali
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan kunjungi shalter Bener Tegalrejo Yogya. (Foto: dokumentasi Kodim Yogya)

News

Menteri Bidang Kemaritiman Imbau Warga Positif Covid Isolasi di Shalter
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memastikan tidak akan menilang pengendara yang memakai sandal jepit serta celana pendek saat berkendara. Foto: Ist

News

Pengendara Motor Pakai Sandal Jepit akan Ditilang, Begini Penjelasan Kakorlantas
Foto: Tim Komunikasi dan Media G20

News

Diplomasi Mangrove ala Jokowi di KTT G20
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan, dia menghormati masyarakat Desa Wadas yang masih menolak bekerja sama dalam proses pengadaan tanah quarry (galian) untuk proyek Bendungan Bener. (Foto: Humas Jateng)

News

Soal Pembangunan Bendungan Bener, Ganjar Hormati Warga yang Masih Tolak dan Siap Dialog dengan Komnas HAM
Menkominfo Johnny Gerard Plate. (Foto: InfoPublik)

News

Menkominfo: Perayaan Libur Nataru Tetap Dilarang, Ini Penjelasannya