Home / News

Kamis, 29 September 2022 - 14:16 WIB

Proses Hukum Tempati Rumah Tanpa Hak, Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa 

Rumah di Perum Buana Asri Vilage, Pendowoharjo, Sleman milik ahli waris korban yang ditempati terdakwa. (Foto: Zainuri Arifin)

Rumah di Perum Buana Asri Vilage, Pendowoharjo, Sleman milik ahli waris korban yang ditempati terdakwa. (Foto: Zainuri Arifin)

NYATANYA.COM, Sleman – Hakim Pengadilan Negeri (PN)  Sleman menolak  eksepsi terdakwa Roden Hengkeng Naung anak dari Arnold Tonggembio beserta  penasihat hukumnya dalam putusan sela yang dibacakan pada hari Kamis (29/9/2022) di Ruang 5 PN Sleman. Selain itu, Majelis juga memerintahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk melanjutkan pemeriksaan terhadap pokok perkara.

 “Dengan ini mengadili, menyatakan menolak atas eksepsi terdakwa dan Penasehat Hukum terdakwa dalam kasus (perkara) tindak pelanggaran pasal 176 KUHP ini,” ujar Ketua Majelis Hakim.

Hakim menyatakan nota keberatan yang diajukan terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya tersebut dinilai telah masuk pokok perkara dan harus dibuktikan dalam sidang selanjutnya.

“Eksepsi kami tolak, karena sudah masuk pada pokok materi dan harus dibuktikan pada sidang selanjutnya,” ujar Hakim Ketua.

Baca juga   Pemkab Temanggung Fasilitasi Laptop dan Printer di Setiap Panwascam

Selain itu, Hakim juga menyatakan, dakwaan yang disusun oleh JPU (Jaksa Penuntut Umum) sudah cermat, jelas dan lengkap sesuai waktunya serta telah memenuhi syarat bahwa perbuatan terdakwa berhubungan dengan KUH Pidana. Setelah majelis menyatakan menolak eksepsi, JPU Nisa Osalia Manah, SH meminta agar sidang ditunda hingga dua pekan mendatang, yaitu Kamis (13/9/2022) mendatang untuk penyiapan saksi. Karena dengan putusan sela tersebut, sidang akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.

Sementara, Kuasa Hukum korban Agung Nugroho, SH. M.Sc usai mendengarkan pembacaan putusan sela memberikan apresiasi positif kepada Majelis Hakim yang telah bekerja secara profesional selaku penegak hukum dengan menolak seluruh eksepsi keberatan yang diajukan oleh terdakwa maupun penasehat hukumnyanya.

Baca juga   Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Ngaglik, Andika Pandu Ajak Warga Menjaga Persatuan dan Kesatuan

“ Kami berharap proses persidangan terus berjalan dengan independen tanpa ada intervensi dari pihak manapun agar kepastian hukum itu dapat diterima oleh klien kami sebagai korban yang mengalami dugaan tindakan pidana yang dilakukan oleh terdakwa,” jelas Agung SH.

Proses sidang pelanggaran hukum yang menyeret terdakwa Roden Hengkeng Naung anak dari Arnold Ton Ggembio bermula ketika terdakwa diminta untuk meninggalkan sekaligus mengosongkan rumah yang ditempatinya, yang merupakan rumah waris milik saksi korban Jootje M Sondakh, Jeanne Sondakh serta Rachel Vallery Sondakh yang berlokasi di Perum Buana Asri Village B-4, Pendowoharjo, Sleman. Namun demikian terdakwa menolak dan tak mengindahkannya.  (N2)

Share :

Baca Juga

Menlu Retno. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

News

Menlu Retno: Presiden Sampaikan Tiga Agenda di KTT G20
Ilustrasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mempercepat pembangunan infrastruktur pengendali banjir Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, untuk mendukung DPSP Borobudur. (Foto: Dok.Kementerian PUPR)

News

Ini Dua Langkah Jitu Pemerintah Atasi Banjir di Bandara YIA
Vaksinasi yang digelar alumni AKPOL angkatan 1995 eks yon Patriatama di halaman parkir Unit Teater dan Pentas Ramayana Prambanan. (Foto: media_twc)

News

Vaksinasi Pelajar dan Pelaku Wisata di Prambanan Targetkan 3.000 Dosis
Ilustrasi. Foto: Ist

News

Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar, Densus 88 Geledah Rumah di Sukoharjo
PDIP Kota Yogyakarta bergerak dirikan dapur umum bantu warga isoman. (Foto:Dokumentasi DPC PDIP Kota Yogyakarta)

News

Jelang HUT RI, PDIP Kota Yogya Dirikan 5 Dapur Umum Bantu Warga Isoman

News

Dukung Prioritas Gubernur DIY 2022-2027, Dr.R. Stevanus: Perda Jogja Smart Province di Butuhkan DIY
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berkegiatan di Magelang, Senin (27/6/2022). Foto: Humas Jateng

News

Jateng Targetkan 75 Ribu Vaksin PMK Disuntikkan dalam Minggu Ini
Foto: Tangkapan Layar BPMI Setpres 

News

Presiden Jokowi Mengapresiasi Kontribusi Muhammadiyah dan Aisyiyah