Home / Peristiwa

Kamis, 19 Agustus 2021 - 07:31 WIB

Proyek Geothermal Dieng Bisa Jadi Wisata Energi

Ganjar Pranowo saat mengunjungi proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di sekitar kawah Sikidang, Dieng. (Foto:Humas Jateng)

Ganjar Pranowo saat mengunjungi proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di sekitar kawah Sikidang, Dieng. (Foto:Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Banjarnegara – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pengembangan proyek geothermal di kawasan Dieng, untuk mewujudkan kemandirian energi. Selain untuk suplai energi masyarakat industri, dan pariwisata, proyek geothermal di sekitar kawasan Kawah Sikidang Dieng itu bisa dijadikan wisata energi panas bumi.

“Administrasinya ini sebenarnya Wonosobo, dan sebelah sana itu Banjarnegara. Ini adalah plant baru dengan kapasitas 12 MW. Tidak terlalu besar, tapi yang menarik ini sudah mulai aktif dan sudah bisa suplai listrik,” kata Ganjar, saat meninjau proyek geothermal PT Geo Dipa Energi di sekitar kawah Sikidang, Dieng, Rabu (18/8/2021).

Gubernur Ganjar menjelaskan, energi panas bumi di Jawa Tengah cukup banyak. Geothermal Dieng merupakan salah satu yang pertama dari PT Geo Dipa Energi.

Baca juga   Kepada Ganjar, Pelajar Papua Ini Ungkapkan “Aku Tresna Karo Kowe”

“Sebenarnya pengembangan di wilayah Gunung Slamet dan Gunung Lawu itu juga ada potensi besar. Kalau kita bicara energi alternatif dan energi yang bisa terbarukan, maka ini energi yang bagus,” ujar gubernur.

Pengembangan proyek geothermal tersebut, lanjut Ganjar, bisa lebih dirapikan lagi. Khususnya penggunaan teknologi yang lebih efisien, sehingga memiliki manfaat yang bagus. Proyek geothermal di kawasan Dieng pun terus dikembangkan. Dalam waktu dekat PT Geo Dipa Energi akan menambah 12 sumur gas di daerah Karang Tengah, Banjarnegara.

“Mudah-mudahan suplainya bisa lebih banyak. Kalau bisa lebih banyak, nanti tidak hanya suplai energi untuk masyarakat dan industri, tetapi juga pariwisata di sekitar Dieng,” bebernya.

Baca juga   Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng

Ganjar menambahkan, selain memenuhi kebutuhan energi terbarukan, proyek geothermal itu juga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata energi.

“Sebenarnya ini bisa juga jadi destinasi wisata. Wisata energi yang bersumber dari panas bumi. Jadi nanti banyak anak akan bisa belajar, bisa melihat. Melalui kekayaan luar biasa ini kita bisa buat mandiri energi,” katanya.

General Manager PT Geo Dipa Energi Unit Dieng, Puguh Wintoro, menambahkan potensi energi yang bisa dihasilkan oleh panas bumi Dieng mencapai 400 MW. Namun saat ini PT Geo Dipa Energi baru bisa menghasilkan 70 MW.

“Dieng ini potensinya 400 MW, sekarang yang existing baru 70 MW. Next akan kita kerjakan untuk menambah 60 MW lagi,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo saat berbincang dengan pengurus Indonesiapersada.id. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Indonesiapersada.id Dinahkodai Ganjar, Radio TV Daerah Siap “Rebranding”
Heroe Poerwadi memimpin jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gelar Prosesi Jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Kodim 0710/Pekalongan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Serbuan Vaksinasi TNI di Pekalongan, Hari Ini Sasar 1.000 Orang
Pemkab Temanggung kejar target vaksinasi. Sampai kini baru terealisasi 15% dari target vaksinasi sebanyak 554.126 orang. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Dikebut! Vaksinasi di Temanggung Baru 15% dari Target 554.126 orang
LazisNU MWC Secang membagikan daging kurban menggunakan besek. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Unik dan Go Green, Daging Kurban Dibagikan dengan Besek
Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati menyerahkan bantuan bagi sejumlah warga korban kebakaran. (Foto:Prokompim Blora/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pemkab Blora Berikan Bantuan pada Korban Kebakaran
Salah satu pusaka yang dibersihkan adalah Pusaka Hangya Murni yang berwujudkan tombak. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Setahun Sekali, Jamasan Pusaka Pemkab Bantul dan Pusaka Kapanewon
Baznas Klaten memberikan bantuan sosial Rp8 juta kepada janda Mbah Rubiyem. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Sempat Viral, Mbah Rubiyem Sumringah Dapat Bansos dari Baznas