Home / Peristiwa

Sabtu, 27 November 2021 - 11:16 WIB

Proyek Tol Semarang-Demak Seksi II Ditarget Selesai 28 Oktober 2022

Pembangunan tol Semarang-Demak seksi II dari Sayung sampai Demak sepanjang 16,31 km itu ditargetkan selesai bertepatan pada perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022 mendatang. (Foto: Humas Jateng)

Pembangunan tol Semarang-Demak seksi II dari Sayung sampai Demak sepanjang 16,31 km itu ditargetkan selesai bertepatan pada perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022 mendatang. (Foto: Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Demak – Pembangunan tol Semarang-Demak seksi II terus dikebut. Ditargetkan, proyek pembangunan jalan tol dari Sayung sampai Demak sepanjang 16,31 km itu akan selesai bertepatan pada perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Komisaris Utama PT Pembangunan Perumahan (PP), Andi Gani Nena Wea kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Jumat (26/11/2021). Ganjar sengaja datang ke lokasi proyek di Desa Loireng Kecamatan Sayung, Demak, untuk mengecek progres pembangunan proyek itu.

Proyek tol Semarang-Demak diketahui memiliki dua seksi pekerjaan. Seksi pertama yakni ruas Kaligawe sampai Sayung dengan panjang 10,39 km. Proyek seksi pertama ini baru mulai digarap.

Sementara seksi II ruas Sayung-Demak yang dicek Ganjar hari ini, proyek sudah dikerjakan lebih awal dan capaian progres sampai saat ini sudah 58 persen. Secara keseluruhan, Tol Semarang-Demak ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

Baca juga   Hari Pertama Sekolah, Tiara Dapat Hadiah Laptop dari Ganjar Pranowo
Ganjar sengaja datang ke lokasi proyek tol di Desa Loireng Kecamatan Sayung, Demak, untuk mengecek progres pembangunan proyek tol Semarang-Demak seksi II. (Foto: Humas Jateng)

“Kita targetkan seksi dua selesai 28 Oktober 2022 pak, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Ini akan mempercepat dua bulan dari target awal yang rencananya selesai pada Desember 2022,” kata Andi.

Kepada Ganjar, Andi mengatakan, pada paket kedua ini total nilai proyek sebesar Rp5,7 triliun. Tingkat pengerjaan cukup sulit, karena jalur melintasi rawa-rawa.

“Kami gunakan teknik terbaru agar kualitas tol terjamin dan aman digunakan ke depannya. Jadi tidak hanya 10-20 tahun, tapi bisa digunakan dalam waktu cukup panjang,” jelasnya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi kecepatan pengerjaan proyek itu. Menurutnya, jalan tol Semarang-Demak merupakan ikhtiar untuk menyelesaikan permasalahan cukup lama di sekitar Demak dan Semarang.

“Ini ikhtiar kita bersama yang sudah lama sekali, untuk mengatasi kemacetan di Kaligawe. Dengan adanya jalan tol Semarang-Demak ini, kemacetan di Kaligawe dan sekitarnya akan teratasi. Transportasi punya pilihan jalur yang lebih lancar melalui tol ini,” katanya.

Baca juga   Pemkot Yogya Terima Donasi Konsentrator Oksigen dari Goto

Selain itu, tol Semarang-Demak juga bisa menjadi cara mengatasi persoalan rob di kawasan pesisir itu. Dengan adanya tol, persoalan rob yang kerap melanda beberapa daerah di sekitar Sayung bisa tertangani.

“Meskipun belum semuanya, tapi ikhtiar inilah yang bisa membantu menyelesaikan persoalan itu,” jelasnya.

Ganjar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya proyek itu. Ucapan terima kasih ia sampaikan secara khusus pada masyarakat Demak dan Semarang.

“Saya ucapkan terima kasih pada masyarakat yang telah berkorban demikian banyak dari hartanya, diberikan ke Negara, kemudian bisa dimanfaatkan untuk masyarakat lainnya,” pungkasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Satpol PP Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan acak terkait dokumen kesehatan untuk protokol kesehatan untuk mencegah sebaran Covid-19 di salah satu tempat khusus parkir wisata. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Perketat PPKM Mikro, Jam 8 Malam Resto dan Kafe Harus Tutup
Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat kunjungannya di perairan Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Foto:MC Prov Gorontalo)

Peristiwa

Hiu Paus Botubarani Diberi Nama Sandiaga Salahudin Uno
Bupati Dyah Hayuning Pratiwi secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021. (Foto: Humas Purbalingga)

Peristiwa

Ribuan Bidang Tanah di Desa Banjaran Tersertifikasi
Kota Yogyakarta meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 dengan kategori kota terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Yogyakarta Raih Penghargaan Kota Terinovatif IGA 2021
Pembuatan bus untuk memenuhi kebutuhan trayek Semarang-Grobogan dikebut. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Oktober 2021 Trans Jateng Rute Semarang – Grobogan Mengaspal
Pemkab Temanggung genjot vaksinasi bagi kaum pekerja. (Foto:Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Bareng TNI-Polri, Pemkab Temanggung Genjot Vaksinasi Pekerja
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Semarang Peni Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan sembako kepada penyandang disabilitas. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Ratusan Penyandang Disabilitas Terima Sembako Gotong Royong Covid-19
Gubernur Ganjar Pranowo menanam pohon cemara laut di Pantai Tirang Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bersama Pramuka, Ganjar Tanam Ribuan Pohon di Pantai Tirang