Home / Buku

Kamis, 10 November 2022 - 13:34 WIB

PSJB Paramarta Siapkan Antologi Geguritan “Pisungsung Kagem Biyung”

Bambang Nugroho Ketua PSJB Paramarta menyerahkan buku kepada Hj. Emi Masruroh, S.Pd. Foto: Ist

Bambang Nugroho Ketua PSJB Paramarta menyerahkan buku kepada Hj. Emi Masruroh, S.Pd. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Bantul – Menulis itu mencerdaskan sehingga perlu adanya tindak lanjut kerjasama dengan para penulis agar aktivitas menulis menjadi kegiatan yang positif khususnya bagi para ibu.

Demikian hal diungkap Bunda Literasi Kabupaten Bantul Hj. Emi Masruroh S.Pd, saat menerima audiensi Pengurus dan Anggota Paguyuban Sastrawan Jawa Bantul (PSIB) Paramarta, di Rumah Dinas Bupati Bantul, Trirenggo, Bantul, Rabu (9/11/2022) sore.

“Kegiatan menulis merupakan bagian dari gerakan literasi untuk mencerdaskan masyarakat,” ucap Emi.

Lebih lanjut menurut Emi, pihaknya sangat antusias dan terinspirasi bahkan termotivasi untuk lebih menggiatkan literasi di Kabupaten Bantul.

Tentunya menggandeng kerjasama dengan berbagai pihak termasuk para penulis dan pengarang sastra Jawa. Sastra Jawa dalam pandangan Emi banyak memuat ini terkait dengan nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Baca juga   Citrus Studio Gelar Pameran Keramik "Soil Distortion" di Djawata Gallery

“Kami merasa terinspirasi dan termotivasi juga untuk lebih menggiatkan literasi di Bantul, terlebih sastra Jawa yang memiliki nilai-nilai luhur budaya penting bagi penanaman karakter generasi muda,” tuturnya.

Sementara itu Ketua PSJB Paramarta, Bambang Nugroho menjelaskan, kegiatan audiensi kepada Bunda Literasi Kabupaten Bantul dilaksanakan terkait dengan peringatan Ulang Tahun PSJB Paramarta ke-5.

Selain itu silaturahmi ini dimaksudkan juga untuk mengenalkan kegiatan dan program PSJB Paramarta.

“Ini kegiatan silaturahmi dan juga mengenalkan berbagai kegiatan selama lima tahun ini kepada Bunda Literasi Bantul,” tutur Bambang.

Baca juga   Bangun Nasionalisme Bahasa dan Budaya, BRIN Luncurkan Dua Buku

Salah satu program tahunan PSJB Paramarta diantaranya menerbitkan antologi sastra budaya. Untuk tahun 2022 ini begitu menurut Bambang, PSJB Paramarta akan menerbitkan antologi geguritan bersama dengan tema “Pisungsung Kagem Biyung”.

“Ini kita kaitkan dengan peringatan Hari Ibu Desember mendatang, antologi ini bisa diikuti oleh masyarakat umum khususnya warga Bantul,” pungkas Bambang.

Pada kesempatan itu diserahkan sejumlah buku Sastra Jawa baik terbitan PSJB Paramarta maupun terbitan karya pribadi anggota kepada Bunda Literasi Bantul Hj. Emi Masruroh S.Pd., diantaranya buku antologi geguritan, cerkak dan novel berbahasa Jawa.

(N3)

Share :

Baca Juga

Paguyuban Sastra Budaya Jawa (Pasbuja) Kawi Merapi Kabupaten Sleman menggelar pelatihan (gladhen) penulisan Esai, Cerita Cekak (Cerkak), dan Geguritan. (Foto: MC Kab Sleman)

Buku

Lestarikan Budaya Jawa, Pasbuja Kawi Merapi Gelar Gladhen Penulisan Geguritan
Buku Diplomasi Indonesia di Era Global yang ditulis Desy Nur Aini Fajri bersama mahasiswanya. (Ilustrasi/Foto: dokumentasi Graha Ilmu)

Buku

Meski Pandemi, KBRI Beijing Terus Lakukan Diplomasi
Perpustakaan Kota Yogyakarta kembali membuka layanan membaca di tempat, dengan kuota terbatas. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Perpustakaan Kota Yogya Kembali Buka Layanan Baca di Tempat
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi berkenan meresmikan Tugu Literasi di SMP Negeri 6 Yogyakarta, Senin (17/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogya Bangun Tugu Literasi
Paguyuban Jala Sottra meluncurkan buku Keris Peninggalan Keraton Sumenep, Senin (31/10/2022). Foto: MC Kab.Sumenep

Buku

Buku “Mengenal Keris Pusaka Peninggalan Keraton Sumenep Abad 18-19 Masehi” Diluncurkan
Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri (Kabiro KLN) KLHK, Dida Migfar Ridha. (Foto: Biro Humas KLHK)

Buku

KLHK: Artikel David Gaveau Soal Deforestasi Berisi Laporan Palsu
DPK Kota Yogya raih penghargaan Perpustakaan dan Stand Pameran Terbaik TPBIS 2022. Foto: Humas Pemkot Yogya

Buku

DPK Kota Yogya Raih Penghargaan Perpustakaan dan Stand Pameran Terbaik TPBIS 2022
Pemerintah Kota Yogya melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) meluncurkan perpustakaan digital dengan nama e-library YK. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Buku

Tingkatkan Pelayanan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya Luncurkan E-library YK