Home / Wisata

Kamis, 1 Juli 2021 - 23:01 WIB

PT TWC Akan Kelola TMII Menjadi Indonesia Opera

Acara Penandatanganan KSP TMII. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Acara Penandatanganan KSP TMII. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

NYATANYA.COM, Jakarta – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) diberi mandat untuk mengelola Taman Mini Indonesia Indah untuk jangka waktu selama 25 tahun. Penandatanganan dilakukan PT TWC bersama Kementerian Sekretariat Negara dalam hal Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) Taman Mini Indonesia Indah, dilakukan di Jakarta, Kamis (1/7/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama dan Direktur Utama PT TWC Edy Setijono, disaksikan langsung oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoarmodjo, dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoarmodjo, menerangkan bahwa PT TWC sebagai heritage destination management akan mentransformasi Taman Mini menjadi ‘Indonesia Opera’ yang mengangkat keberagaman budaya Indonesia, dengan menampilkan sisi yang lebih kekinian, relevan dan inspiratif. KerjaSama Pemanfaatan ini diharapkan bisa membawa sumbangsih yang lebih baik terhadap negara.

Baca juga   Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

“KSP yang dilakukan mengandung unsur kewajiban PNBP berupa kontribusi tetap dan kontribusi berdasarkan proporsi bagi hasil yang besarnya sudah disepakati antara kedua pihak. Dikelolanya TMII di bawah TWC dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada negara,” terang Kartika Wirjoarmodjo saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Kemensetneg berharap di bawah pengelolaan TWC, TMII akan berubah lebih baik serta bisa menjadi cerminan keindahan serta keanekaragaman budaya di Indonesia. Indonesia pada TMII harus menjadi ultimate showcase of Indonesia.

“Semangat kita adalah bagaimana membuat taman ini indah. Saya menyebutnya The Ultimate Showcase of Indonesia. Tamman ‘ultimate’nya Indonesia indah. Bagaimana kita bisa mengembalikan kebhinekaan, keindahan budaya dan alamnya. Tentu dengan disesuaikan perkembangan terbaru,” ungkap Mensesneg Pratikno dalam sambutannya.

Baca juga   Komunitas VW Cabrio Jelajah Wisata “Ayo Wayahe Dolan Nglobo”

Sementara itu, Dirut PT TWC Edy Setijono berharap agar keberadaan Taman Mini bisa menjadi representasi keragaman dan kekayaan potensi bangsa Indonesia yang juga memikat para insan global untuk berkunjung ke Indonesia.

“Keberadaan Taman Mini diperlukan untuk melestarikan budaya dan nilai asli Indonesia serta membangun karakter bangsa dengan semangat persatuan dengan keberagaman. Melalui kerjasama pemanfaatan TMII, diharapkan tercipta sebuah landmark Indonesia yang juga mengoptimalisasi wisatawan global nantinya,” tutup Edy Setijono sebagaimana diwartakan media TWC. (*)

Share :

Baca Juga

Selama pandemi pengunjung di GLZoo, hanya dibawah 50 orang. Dengan jumlah ini tentu cukup berat bagi GLZoo. (Foto: Dokumentasi GLZoo)

Wisata

Maaf Lur, Mulai Senin 27 September 2021 Gembira Loka Zoo Tutup
Menunya dari dulu sampai sekarang tak berubah. Ini salah satu yang membuat khas di warung makan 'Nasi Merah Pari Gogo' Semanu. (Foto: Agoes Jumianto)

Wisata

Nasi Merah Pari Gogo, Warung Makan Legendaris Langganan Pejabat
(Foto: Taman Pintar Yogyakarta)

Wisata

Asyikkk, Taman Pintar Yogya Siap Dibuka Lur
Ketjeh Resto, destinasi wisata baru di Klaten yang mengusung isu peduli sungai. (Foto: Diskominfo Klaten)

Wisata

Ketjeh Resto, Wisata Kuliner Anyar yang Lagi Viral di Klaten
Pertemuan PT TWC dengan dengan para mitra usaha TMII di Balai Panjang Museum Indonesia, TMII. (Foto:media_twc)

Wisata

PT TWC Ajak Mitra Usaha TMII Terapkan GCG
Obyek wisata tirta Umbul Ponggok masih menjadi daya tarik wisatawan. Sejak simulasi pembukaan wisata mulai digelar pada 3 September 2021, pengunjung harus bersabar menunggu antrean untuk bisa masuk ke lokasi. (Foto: umbulponggok.co.id)

Wisata

Dibatasi 25%, Pengunjung Umbul Ponggok Harus Rela Antre
Edukasi membuat donat dari susu kambing dalam simulasi pembukaan wisata edukasi di Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Wisata Edukasi Lereng Menoreh Gelar Simulasi Pembukaan Kembali
Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Dengan pengembangan Bandara Dewandaru Ganjar berharap paket wisata segera dibuka.(Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Ganjar Minta Wisata Karimunjawa Diujicobakan Terbatas