Home / Peristiwa

Minggu, 29 Agustus 2021 - 10:28 WIB

Puan Maharani Bantu Alsintan Petani Sukoharjo

Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM secara simbolis menyerahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM secara simbolis menyerahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

NYATANYA.COM, Sukoharjo – Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM secara simbolis menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Ketua DPR RI, Puan Maharani kepada kelompok tani, Jumat (27/8/2021).

Bupati mengatakan, dalam rangka pencapaian target produksi tanaman pangan untuk mendukung ketahanan pangan di Sukoharjo, perlu adanya percepatan tanam dan penanganan panen.

Kondisi yang terjadi dilapangan saat ini masih mengalami kendala keterbatasan tenaga kerja di bidang pertanian. Untuk itu, penggunaan alsintan merupakan solusi yang tepat untuk peningkatan produksi tanaman pangan.

Baca juga   Baznas Jateng Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu di Sukoharjo

“Penggunaan alsintan sangat esensial dalam mewujudkan kedaulatan pangan, peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan nilai tambah dan daya saing usaha pertanian, serta peningkatan penyediaan bahan baku industri pengolahan hasil pertanian yang menjadi misi utama pembangunan pertanian yang modern,” papar Bupati.

Menurut Bupati, selama ini Kabupaten Sukoharjo merupakan penyangga pangan di Jawa Tengah sehingga kontribusi produksi pangan di Kabupaten Sukoharjo diharapkan mampu untuk mencukupi kebutuhan pangan wilayah lain di luar Kabupaten Sukoharjo.

“Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada Ibu Puan Maharani yang telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada petani di Kabupaten Sukoharjo melalui bantuan alat mesin pertanian untuk mendukung keberhasilan dan peningkatan produksi pertanian di Sukoharjo,” ujarnya.

Baca juga   Dorong Pertumbuhan UMKM, Shopee Buka Kantor di Solo Technopark

Alsintan dari Puan Maharani sendiri sebanyak 42 unit yang terdiri dari traktor roda dua 20 unit, pompa air 10 unit, cultivator lima unit, dan rice transplanter tujuh unit. Bupati berharap bantuan tersebut dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan yang tidak kalah pentingnya untuk dirawat, dipelihara dan dikembangkan. (*)

Share :

Baca Juga

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat launching Program 'Kita Jaga Usaha' yang diinisiasi Baznas. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

‘Kita Jaga Usaha’, Stimulus Bagi UMKM dari Baznas
Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto (kanan) menyerahkan hadiah kepada seorang anak pengungsi yang turut serta dalam program trauma healing di Gor Sanaman Mantikei, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (21/11/2021). (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin)

Peristiwa

Pastikan Penanganan Berjalan Baik, Kepala BNPB Kunjungi Posko Pengungsi Banjir Kalteng
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pelaksanaan vaksinasi pada anak. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak
Bantaran Sungai Tekik di Kampung Ngaglik Kelurahan Giwangan Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta tampil lebih tertata, bersih dan indah.Jalan di tepi sungai semakin mudah diakses dengan paving block dan pagar besi berderet serta lampu penerangan jalan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Bantaran Sungai Tekik di Kampung Ngaglik Kini Tampil Cantik
Para alumni SMKK Negeri Surakarta 1979/1980 saat menggelar acara reuni pada Sabtu (27/11/2021) di Terrace Java Kitchen, Solo. (Foto: Dok Alumni SMKK)

Peristiwa

Reuni Alumni SMKK Negeri Surakarta 1979/1980 Marak dalam Balutan Merah
(Foto: MC Kab. Lumajang)

Peristiwa

Doa Bersama Peringatan 100 Hari Erupsi Gunung Semeru di Lumajang
Mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, Presidensi G20 Indonesia 2022 secara resmi mulai bergulir sejak 1 Desember 2021 hingga 12 bulan ke depan. (Foto: Amiri Yandi/infopublik.id/Kominfo)

Peristiwa

Presidensi G20 Indonesia, Perkuat Kiprah Pemuda dalam Pemulihan Global
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023. Dalam pengukuhan tersebut Ki Priyo Dwiarso menjadi ketua, dan Fahmi Prihantoro menjadi Wakil Ketua. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Walikota Lantik Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023