Home / Peristiwa

Selasa, 7 Desember 2021 - 10:46 WIB

Pulihkan Daerah Terdampak Semeru, PLN Terjunkan 124 Personel

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menerjunkan 124 personel untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak letusan Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang. (Foto: ANTARA)

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menerjunkan 124 personel untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak letusan Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang. (Foto: ANTARA)

NYATANYA.COM, Lumajang – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menerjunkan 124 personel untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak letusan Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, melalui koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Hal tersebut disampailan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto, melalui keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

Menurut Adi, personel itu juga untuk memastikan daerah atau zona yang aman, zona bahaya serta zona yang bisa dilewati petugas PLN dalam upaya pengecekan instalasi dan penormalan.

“Kami membagi 124 personel ini ke dalam dua tim, yaitu tim siaga sebanyak 53 personel dan tim pelaksana pekerjaan 71 personel. Tim terus berupaya untuk segera memulihkan listrik dengan tetap mengutamakan keselamatan warga,” kata Adi.

Baca juga   14 Keluarga KPM PKH Kapanewon Depok Naik Level Sejahtera

Sebelumnya, PLN juga telah mengumpulkan genset portable berkapasitas 2,2 sampai 4 Kilo Watt (KW) sebanyak delapan unit, kapasitas 23 KW sebanyak satu unit dari Unit Layanan Pelanggan.

“Ini langkah penanganan kami, kami langsung melakukan langkah pengamanan untuk memastikan zona aman. Kemudian kami menyediakan genset di posko untuk tetap ada aliran komunikasi dan penerangan bagi warga,” ujarnya.

Dalam usaha pemulihan kelistrikan pascabencana, kata Adi, PLN menghadapi tantangan cukup berat, mulai dari beberapa lokasi kembali mengalami hujan abu vulkanik, sehingga petugas PLN tidak diizinkan untuk masuk.

Dia menegaskan pihaknya akan mengambil langkah alternatif untuk desa terdampak yang masih terputus, dengan melakukan pembangunan jaringan listrik baru. Rencananya saat ini, tim PLN akan menyalakan 69 trafo dari total 79 trafo yang masih padam.

Baca juga   Cerita Mencekam Pemain Persebaya, Menunggu 2 Jam Keluar dari Stadion Kanjuruhan dengan Mobil Baracuda

“Kami upayakan maksimal untuk penarikan jaringan baru dari daerah Dampit, Kabupaten Malang. Dan hari ini ditargetkan 69 trafo menyala,” kata Adi.

Sementara 10 trafo lainnya belum bisa dipulihkan karena lokasinya berada di aliran lava akibat letusan Gunung Semeru sehingga tim PLN tidak diizinkan untuk mengakses lokasi tersebut.

“Untuk penormalan 10 trafo ini masih menunggu informasi dari pihak berwenang dan kondisi aman,” katanya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Danang Maharsa menyampaikan sambutan dan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman. Foto: Ist

Peristiwa

Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman Periode 2022-2025 Dilantik
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej. (Foto: Kemenkumham)

Peristiwa

Eksekusi Terpidana Mati Mary Jane Masih Menunggu Putusan Hukum di Filipina
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming, meninjau pelaksanaan Vaksinasi dosis 2 di Balai Muhammadiyah Kota Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Tinjau Vaksinasi Balai Muhammadiyah Surakarta
Government Affairs and Public Policy Google Indonesia, Danny Ardianto. (Foto: FMB9/InfoPublik)

Peristiwa

Google Indonesia Siap Patuhi Aturan Pajak Hasil Kesepakatan KTT G20
Acara penandatanganan MoU produksi film animasi 2D 'Kunci Galaksi' antara SMK Bhumi Phala Parakan, Kabupaten Temanggung dengan Serawak TV Malaysia, di SMK Bhumi Phala Parakan, Selasa (8/2/2022). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Produksi Film Animasi ‘Kunci Galaksi’, SMK Bhumi Phala Parakan Teken MoU dengan Serawak TV Malaysia
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Peristiwa

PWI Berharap Gelombang Digitalisasi Bisa Memperkuat Industri Pers Nasional
Ramuan herbal Banyu Urip menjadi terobosan baru sembuhkan buta warna. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Gemparkan Dunia Pengobatan, Klinik Banyu Urip Sembuhkan Buta Warna dan Bantu Penderitanya Genggam Dunia
Foto: Dok.KPPU

Peristiwa

KPPU Jatuhkan Denda Rp1 Miliar ke PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk, Ini Masalahnya