Home / Peristiwa

Selasa, 7 September 2021 - 16:09 WIB

Pulihkan Ekonomi, Pemkot Yogya Fasilitasi Pameran Bersama Produk IKM

Pameran bersama para pelaku IKM lurik, ecoprint, sibori dan jumputan di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Pameran bersama para pelaku IKM lurik, ecoprint, sibori dan jumputan di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemkot Yogyakarta melakukan upaya pemulihan ekonomi para pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) di masa pandemi. Salah satunya dengan memfasilitasi pameran bersama para pelaku IKM lurik, ecoprint, sibori dan jumputan di Kota Yogyakarta.

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) perangkat daerah Pemkot Yogyakarta juga diminta untuk membeli produk kain IKM Kota Yogyakarta untuk membantu menggeliatkan para produsen.

“Secara umum kegiatan ini dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Untuk menggeliatkan IKM lagi biar mereka ada kegiatan dan ekonomi produktif tetap berjalan,” kata Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto, saat membuka pameran bersama IKM lurik, ecoprint, sibori dan jumputan di Grha Pandawa Balai Kota Yogyakarta, Selasa (7/9/2021).

Pameran yang diikuti sekitar 25 IKM produsen lurik, ecoprint, sibori dan jumputan itu diadakan mulai 7 sampai 10 September 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pameran menampilkan berbagai produk kain lurik, ecoprint, sibori, jumputan hingga dalam bentuk fesyen kemeja, rok, tas dan aksesoris lainnya. Kegiatan itu juga mengawali rencana pelibatan para pelaku IKM di Kota Yogyakarta untuk mempromosikan produk dalam car free day di Jalan Sudirman.

Baca juga   Maaf Lur, Mulai Senin 27 September 2021 Gembira Loka Zoo Tutup

“Kondisi pasar belum menggeliat. Tapi kondisi pelaku usaha IKM haru tetap semangat. Kami coba tampilkan secara langsung selama empat hari ini,” ujarnya.

Dalam pameran itu para ASN dari perangkat daerah Pemkot Yogyakarta diminta membeli produk kain para pelaku usaha IKM. Dia menuturkan rencana kepala perangkat daerah dan pengurus Dharma Wanita Pemkot Yogyakarta juga diminta berpartisipasi dalam peragaan busana dengan produk kain yang telah dibeli dari para usaha IKM di Kota Yogyakarta pada 19 September saat car free day di Jalan Jenderal Sudirman. Namun kegiatan itu akan menyesuaikan dengan kebijakan aturan PPKM.

“Ini bagian dari pemulihan dan menggeliatkan IKM karena terdampak pandemi. Upaya Pemkot Yogya dimulai dari ASN dulu untuk membeli dan menggunakan produk. Apalagi ASN pada hari Kamis pakai seragam batik Ceplok Segoro Amarto serta Jumat tanggal genap pakai kain lurik dan Jumat ganjil kain sibori, jumputan atau ecoprint,” jelas Tri Karyadi.

Baca juga   Gunung Merapi Luncurkan Tiga Kali Awan Panas ke Arah Barat Daya, Status Masih Siaga

Menurutnya para pelaku usaha IKM harus memiliki produk yang berkualitas, menarik dan berdaya saing. Mengingat konsumen akan mencari dan memilih produk yang memiliki ketiga unsur tersebut. Oleh sebab itu pihaknya juga akan melakukan edukasi dan menata agar para ASN tidak membeli produk di satu tempat saja agar geliat ekonomi merata.

Salah satu pelaku IKM ecoprint yang mengikuti pameran Devi mengapresiasi fasilitasi kegiatan pameran secara langsung itu. Selama pandemi dan kebijakan PPKM, dia banyak mengandalkan pemasaran secara online.

Namun kondisi pasar saat ini berbeda seperti sebelum pandemi. Meski demikian dia tetap berusaha melakukan inovasi berbagai produk ecoprint untuk memenuhi selera pasar.

“Ini baru pertama kali pameran langsung. Selama PPKM kebanyakan online. Yang penting harus inovasi dibikin macam-macam produksinya karena selera orang bermacam-macam. Tidak hanya ecoprint di kain, tapi bisa di kanvas, kulit dan kertas. Tapi permintaan kebanyakan masih kain ecoprint karena bisa dibikin baju atau tas,” ucap Devi warga Nitikan Umbulharjo. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten menyerahkan bantuan operasional Pos Aju. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Bupati Pastikan Pos Aju Siap Beroperasi
Hasil dokumentasi visual dari pesawat nirawak/drone pada titik longsoran di hulu Talamau yang terbawa arus sungai ke hilir menuju rumah penduduk. (Foto: BPBD Kabupaten Limapuluh Kota)

Peristiwa

BMKG: Video Lumpur Bergerak Pascagempabumi Pasaman Bukan Likuifaksi
Alumni 1990 SMA Negeri I (SMANSA) Wonogiri, Jawa Tengah mengadakan acara reuni, Rabu (4/5/2022). Foto: Ist

Peristiwa

Vakum 2 Tahun, Alumni 1990 SMAN I Wonogiri Adakan Reuni
Bupati Kendal Dico M Ganinduto memukul gong menandai pencanangan Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo sebagai pelopor desa rukun harmoni, Senin (13/12/2021). (Foto: Diskominfo Kendal)

Peristiwa

Desa Kalirejo Dicanangkan Jadi Pelopor Desa Rukun Harmoni
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menetapkan status siaga untuk Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan DIY, karena aktivitas erupsi gunung api itu terhitung tinggi. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Aktivitas Erupsi Tinggi, Badan Geologi Pertahankan Status Siaga Merapi
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti melantik Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Walikota Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkot Yogya
Sri Sultan saat meresmikan Balai Budaya Panggungharjo, Bantul pada Senin 20 September 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Dibiayai Danais, Balai Budaya Panggungharjo Diresmikan Sri Sultan
Untuk mewujudkan madrasah yang ramah anak, Madrasah Aliyah Negeri (MAN 4) Sleman menggelar Workshop Menuju Madrasah Ramah Anak di Aula MAN 4 Sleman, Rabu (12/1/2022). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Mewujudkan Madrasah Ramah Anak untuk Pendidikan yang Lebih Baik