Home / Peristiwa

Selasa, 12 Oktober 2021 - 07:01 WIB

Puluhan Perajin Batik Temanggung Ikuti Uji Kompetensi

Sebanyak 40 orang perajin batik se-Kabupaten Temanggung mengikuti uji kompetensi batik, khususnya batik cap. (Foto: MC Temanggung)

Sebanyak 40 orang perajin batik se-Kabupaten Temanggung mengikuti uji kompetensi batik, khususnya batik cap. (Foto: MC Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Sebanyak 40 orang perajin batik se-Kabupaten Temanggung mengikuti uji kompetensi batik, khususnya batik cap.

Uji kompetensi digelar Lembaga Sertifikasi Profesi Batik (LSPB) di sentra Batik Rayikenes, Desa Gandulan, Kecamatan Kaloran, Minggu (10/10/2021).

Rahayu Sulistyowati, penanggung jawab sertifikasi kompetensi SDM batik dari Lembaga Sertifikasi Profesi Batik mengatakan, kegiatan digelar untuk meningkatkan mutu SDM bagi para pelaku batik. Selain itu, juga legitimasi atas keterampilan dalam usaha batik.

“Diharapkan adanya suatu pengakuan yang tidak hanya dari Temanggung, tetapi secara nasional maupun internasional, karena sifatnya sertifikat ini berlaku internasional,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam uji kompetensi ini ada tiga hal yang dinilai, yaitu tentang pengetahuan, skill, dan juga attitude. Ketiga hal tersebut akan dinilai oleh para asesor melaui tes lisan dan juga observasi untuk bisa menentukan kompeten atau belum kompeten para pembatik.

Baca juga   Masuk Rekor MURI, Dharma Pertiwi Gelar Membatik Serentak Sedunia

“Kalau ketiga hal tersebut memenuhi standar, akan direkomendasi kompeten dengan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ),” imbuhnya.

Rahayu menuturkan, batik sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia adalah kekayaan yang patut dijaga, terutama tidak sekadar produk batik, namun juga SDM batik.

Lembaga Sertifikasi Profesi Batik hadir di Indonesia dengan tujuan untuk memastikan dan memelihara kompetensi SDM batik melalui sertifikasi kompetensi.

Baca juga   67 KPM di Kota Magelang Terima BST Rp2 Juta

“Tahun ini kita sudah melakukan sertifikasi sebanyak 625 orang se-Indonesia, namun karena pandemi masih banyak yang belum bisa kita lakukan,” katanya.

Peserta sertifikasi kompetensi SDM Batik warga Kranggan, Temanggung, Erina menyambut gembira dengan penyelenggaraan sertifikasi ini, karena tidak semua orang bisa memberikan ilmunya tanpa mereka memiliki dasar yang kompeten.

Untuk bisa mengajar atau memberikan pelatihan harus mempunyai sertifikat mengajar, tidak hanya batik, tetapi di semua bidang harus bersertifikasi.

“Hal itu menandakan sesorang sudah kompeten, dinyatakan siap serta memiliki kemampuan untuk memberikan pelatihan atau membuat produk,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas jalan di Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penyekatan PPKM Darurat Turunkan Mobilitas Lalin 57 Persen
Ribuan telur rebus siap dibagikan kepada nakes dan relawan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ribuan Telur Rebus Dibagikan untuk Nakes dan Relawan Covid-19 Temanggung
Ketua PAC PDIP Danurejan menyerahkan bantuan 3 ribu masker. (Foto: Istimewa

Peristiwa

Ajak Warga Taati Prokes, PAC PDIP Danurejan Bagikan 3 Ribu Masker
Pemerintah Kabupaten Wonogiri menerima bantuan 100 buah konsentrator oksigen dari Pemerintah Kota Surakarta. (Foto:Kominfo Wonogiri)

Peristiwa

Wonogiri Terima 100 Konsentrator Oksigen dari Pemkot Surakarta
Panen raya kedelai diselenggarakan di lahan seluas 25 hektare yang dikelola oleh Kelompok Tani Sri Kartika Tani. (Foto: Diskominfo Banyumas)

Peristiwa

Buka Peluang Pasar, Petani Banyumas Panen Raya Kedelai
Keberhasilan memborong enam penghargan sekaligus dalam Top Business Awards ini, merupakan hasil kerja keras dan kerjasama dari seluruh pihak yang ada di jajaran Pemkab Bantul. (Foto: Dok Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Bantul Borong 6 Penghargaan di TOP BUMD Awards 2021
Ilustrasi Pemprov terus dorong siswa di Jateng lakukan vaksin. Gubernur Ganjar Pranowo dalam sebuah kesempatan meninjau pelaksanaan vaksin untuk anak sekolah. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Pemprov Jateng Dorong Siswa Jalani Vaksinasi
Anggota Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Kemantren Tegalrejo, Suryani gencar membagikan masker kepada warga. (Foto: dokumentasi pribadi)

Peristiwa

Aksi Duta Perubahan Perilaku, Gencar Kampanyekan Pakai Masker