Home / Peristiwa

Selasa, 2 November 2021 - 11:20 WIB

Puluhan Perusahaan Ikuti Job Fair 2021 Kota Yogya

Bursa kerja/Job Fair secara virtual adalah salah satu bentuk usaha nyata dari Pemkot Yogya untuk membantu pengguna tenaga kerja dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Bursa kerja/Job Fair secara virtual adalah salah satu bentuk usaha nyata dari Pemkot Yogya untuk membantu pengguna tenaga kerja dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menggelar Job Fair Virtual Tahun 2021 ‘Siap Kerja di Era 4.0, kegiatan ini berlangsung pada tanggal 1-15 November 2021. Puluhan perusahaan nasional dan multinasional membuka lowongan pekerjaan bagi seluruh warga Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang mengatakan, tahun ini merupakan tahun yang berbeda dari biasanya. Antara permintaan dan penawaran bisa berinteraksi langsung lewat media tersebut, hal ini merupakan hal yang baru dan tentunya berbeda .

Nantinya para pencari kerja bisa mendaftar atau melamar pekerjaan mulai tanggal 1-15 November 2021 melalui online. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang, Senin (2/11/2021).

“Harapannya kegiatan ini menjadi salah satu percepatan pertemuan antara pencari menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi covid 19, maka kegiatan Job Fair pada Tahun Anggaran 2021 ini dilaksanakan secara virtual. Melalui kegiatan Job Fair secara virtual ini, diharapkan para pengguna tenaga kerja dapat terbantu untuk memperoleh calon tenaga kerja secara online yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan sekaligus meringankan biaya pengeluaran,” ujarnya.

Baca juga   110 Rumah Warga Mamuju Tengah Terendam Banjir, Lahan Pertanian Terdampak

Proses pendaftaran sendiri melalui akun jss.jogjakota.go.id atau dengan membuka aplikasi Jogja Smart Service di Playstore. Cara mendaftar dengan membuka jobfair.jogjakota.go.id, peserta diwajibkan mengisi data peserta Job Fair.

Dari kegiatan pendataan pengangguran Kota Yogyakarta TA 2021 yang baru saja diselesaikan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, jumlah pengangguran di Kota Yogyakarta mencapai 5.966 orang.

Dari data tersebut sesungguhnya merupakan modal pembangunan yang cukup besar untuk ditempatkan di berbagai sektor. Dalam menghadapi kondisi dan permasalahan tersebut maka diperlukan usaha yang konkrit untuk mempercepat penanggulangan pengangguran.

Bursa kerja/Job Fair secara virtual adalah salah satu bentuk usaha nyata dari Pemkot Yogya untuk membantu pengguna tenaga kerja dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan, juga menyampaikan informasi adanya Kegiatan Non Formal diantaranya mengenalkan program dan hasil Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM).

Maryustion berharap, nantinya para pencari kerja dan pengguna kerja serta pelaku usaha atau wirausaha dapat memanfaatkan kesempatan tersebut secara baik dan para pencari kerja dapat semakin mudah mendapatkan informasi lowongan kerja dan perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan kriteria yang diharapkan secara online.

Baca juga   Dukung Pengembangan Proyek Strategis, BRIN Gandeng LPDP Wujudkan Kualitas SDM Bidang Nuklir

Bursa kerja/Job Fair ini diisi oleh berbagai perusahaan penyedia lowongan kerja sejumlah 33 perusahaan.

“Bagi pencari kerja dapat memperoleh informasi lowongan kerja dari pengguna tenaga kerja/perusahaan secara langsung,” jelasnya.

Maryustion berharap, dengan adanya Job Fair yang dilakukan pemerintah ini dapat membantu para pencari kerja untuk segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan bidang mereka.

“Harapan kita bersama Job Fair 2021 mampu memberi manfaat bagi pencari kerja dan pengguna kerja, ini bagian dari bentuk empati Pemkot Yogya dalam pelayanan publik dari sektor bidang ketenagakerjaan. Agenda ini memberi manfaat dan tentunya interaksi ataupun seleksi yang berbasis virtual memberi makna kesempatan kesepakatan kerja dalam waktu yang tidak lakukan lama bisa bergabung sesuai dengan kapasitas, kompetensi dan keterampilan. Kami berusaha memberikan layanan yang terbaik buat masyarakat,” jelasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: Ist

Peristiwa

Mobil Goyang di Halaman Masjid Alun-alun Wonosari, Digerebek Warga Dua Sejoli Sedang Begituan
Korban dan para saksi melaksanakan rekontruksi kasus penganiayaan disertai pengeroyokan. Foto: Ist

Peristiwa

Kasus Penganiayaan Basilius Agung, Korban Kaget Ibu Kandungnya Ditetapkan Tersangka
Komplotan pencuri spesialis rokok digelandang petugas. Foto: Polres Bantul

Peristiwa

Komplotan Pencuri Spesialis Rokok Lintas Provinsi Digulung Polres Bantul
Kirab Budaya dalam rangka hari jadi yang ke-77 Kalurahan Tlogoadi Kapanewon Mlati Kabupaten Sleman digelar secara meriah pada Minggu (23/7/2023) sore. (Foto: MC Kab.Sleman)

Peristiwa

Ogoh-Ogoh Ikut Meriahkan Kirab Budaya Hari Jadi ke-77 Kalurahan Tlogoadi Mlati Sleman
Para tersangka curanmor dan kasus narkoba dihadirkan dalam jumpa pers Polres Gayo Lues. Foto: Humas/Tribratanews

Peristiwa

Polisi Gayo Lues Musnahkan 304 Kg Ganja, dan Amankan Sindikat Curanmor
Pemerintah Kota Surakarta, PMI Surakarta dan Rotary Club Solo Area mengadakan skrining donor plasma untuk para penyintas. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Solo Lakukan Screening Donor Sukarela Plasma Konvalesen
Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menangkap ES, pengelola tempat pembuangan sampah (TPS) ilegal seluas 3,6 Hektare (ha) di Kampung Buwek, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Biro Humas KLHK)

Peristiwa

Terancam Denda Rp15 Miliar, Bos TPS Ilegal di Bekasi Diciduk Tim KLHK
Kepala Satpol PP Kabupaten Demak Muh Ridhodhin melalui Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kabupaten Demak, Aryo Soebajoe mengatakan, sebanyak 2.252 batang rokok polosan atau tidak bercukai disita dalam operasi kali ini. (Foto: Kominfo/ist)

Peristiwa

Satpol PP Sita 2.252 Batang Rokok Polosan dalam Operasi di Demak