Home / Peristiwa

Senin, 6 Juni 2022 - 17:51 WIB

Puluhan Rumah di Kendal Rusak Diterjang Angin Kencang

Kondisi rumah warga yang tertimpa pohon tumbang di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Foto: BPBD Kab.Kendal

Kondisi rumah warga yang tertimpa pohon tumbang di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Foto: BPBD Kab.Kendal

NYATANYA.COM, Kendal – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 26 rumah rusak ringan disebabkan hujan disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (5/6/2022).

“Hasil pemantauan di lokasi angin kencang menyebabkan pohon tumbang, menutup akses jalan dan menimpa rumah warga di beberapa titik di Kecamatan Kendal,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan resminya, Senin (6/6/2022).

Tim kaji cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal melaporkan 5 titik lokasi terdampak angin kencang yakni di Kecamatan Kendal, yakni Kelurahan Karangsari, Patukangan, Kebondalem, Pakauman dan Pegulon.

Kondisi rumah warga yang tertimpa pohon tumbang di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Foto: BPBD Kab.Kendal

Selain rumah warga yang terdampak, petugas juga melaporkan satu rumah makan rusak berat, satu rumah makan rusak ringan dan dua unit kendaraan roda empat rusak sedang.

Baca juga   Pengurus Pastoral Gereja Katolik Kota Yogya Ikuti Vaksinasi

“Pantauan terakhir, pohon tumbang yang menutup akses jalan dan menimpa rumah telah dilakukan pemotongan dan pembersihan oleh petugas, kondisi jalan telah kembali normal dan dapat dilalui,” imbuh Muhari.

Sementara beberapa rumah dengan kerusakan ringan pada bagian atap rumah di Kelurahan Karangsari telah dilakukan perbaikan oleh warga secara mandiri.

Petugas gabungan juga terus melakukan pendataan dan evakuasi pohon tumbang di beberapa titik lokasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman websitenya menulis peringatan dini untuk cuaca wilayah Jawa Tengah. Adapun peringatan dini tersebut berisi peringatan untuk waspada akan adanya potensi hujan sedang dan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di wilayah pegunungan, sebagian Pantai Utara, dan Pesisir Selatan pada siang, sore atau awal malam hari.

BPBD Provinsi Jawa Tengah telah meneruskan informasi peringatan dini potensi hujan tersebut kepada BPBD Kabupaten dan Kota untuk diteruskan kepada pihak terkait serta masyarakat untuk waspada ancaman bencana hidrometeorologi.

Baca juga   Pantau Aktivitas Merapi, Tiga Desa di Kemalang Klaten Rutinkan Ronda Malam

“BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga tetap siaga dan waspada terhadap potensi cuaca ekstrem,” tandas Muhari.

Angin kencang merupakan peristiwa hidrometeorologis yang meningkat intensitasnya pada masa peralihan musim, umumnya terjadi di peralihan musim panas ke musim penghujan.

Jika terjadi cuaca ekstrem, warga diimbau tetap tenang dan tidak keluar rumah apabila tidak darurat, tidak berlindung di bawah pohon, bangunan semi permanen, dan baliho.

Warga juga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan menghadapi angin kencang seperti memastikan kekuatan struktur atap rumah.

Selain itu, warga dapat memangkas ranting-ranting pohon yang berada di sekitar rumah dan sekitar akses jalan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Banjir bandang hantam 26 desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis (14/7/2022). Foto: BPBD Kabupaten Pati

Peristiwa

Petaka “Tsunami Kecil” Hantam 26 Desa di Kabupaten Pati
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac kepada pedagang di Pasar Tradisional Sunggingan, Boyolal, Kamis (22/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Vaksinasi di Boyolali Mulai Sasar Pedagang Pasar
Shelter Menden yang terletak di Kecamatan Kebonarum, Klaten siap menapung pengungsi jika kondisi darurat bencana Merapi benar-benar terjadi. (Foto: Dinas Kominfo Klaten)

Peristiwa

Shelter Menden Klaten Siapkan 60 Bilik Pengungsi Merapi
Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Femmy Eka Kartika Putri. (Foto: Kemenko PMK)

Peristiwa

Pelaku Kekerasan Seksual pada Anak Harus Dihukum Berat
Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada perwakilan warga Desa Polobogo, Getasan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Pemkab Semarang Salurkan 1.347 Ton Bantuan Beras PPKM
Ilustrasi kedatangan vaksin di tanah air. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

Tahap 202, Vaksin AstraZeneca Donasi Jerman dan Swedia Segera Tiba
Akibat jebolnya tanggul karena rob di Kawasan Lami Citra Tanjung Emas Semarang itu banyak aktivitas terhenti. Foto: Tangkapan layar Instagram @infokejadiansemarang.news

Peristiwa

Tanggul Laut Tanjung Mas Semarang Jebol, Ratusan Warga Mengungsi, Buruh Pabrik Dipulangkan
Perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan sarung tangan tampak lengang karena karyawan diliburkan pada setiap Jumat, Sabtu dan Minggu. Foto: Ist

Peristiwa

Korban PHK PT Woneel Midlas Leathers Berharap Diberi Pesangon yang Sesuai