Home / Peristiwa

Selasa, 10 Januari 2023 - 12:49 WIB

Puluhan Rumah Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar Rusak Akibat Gempa M7,5

Kerusakan rumah akibat gempabumi dengan magnitudo (M)7,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (10/1/2023). Foto: Istimewa/ BNPB

Kerusakan rumah akibat gempabumi dengan magnitudo (M)7,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (10/1/2023). Foto: Istimewa/ BNPB

NYATANYA.COM, Kepulauan Tanimbar – Gempa bumi dengan magnitudo (M)7,5 berdampak pada kerusakan sejumlah rumah warga di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada Selasa (10/1/2023) pukul 00.47 WIB atau 02.47 waktu setempat.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana terus memantau dan melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang terdampak gempa bumi.

“Data sementara hingga Selasa (10/1/2022), pukul 08.13 WIB, sebanyak 15 rumah warga Kepulauan Tanimbar mengalami kerusakan, dengan rincian 1 rumah rusak berat, 3 rusak sedang dan sisanya masih dilakukan penilaian tingkat kerusakan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan resminya.

Selain rumah, fasilitas pendidikan SMP Kristen Saumlaki dan SMA Negeri 1 Saumlaki, Tanimbar Selatan, mengalami kerusakan.

Sedangkan dampak korban, BPBD setempat menyebutkan 1 warganya luka-luka.

Baca juga   Antisipasi Kerusakan Jalan Akibat Longsor dan Banjir, Ini yang Dilakukan Pemprov Jateng

Berdasarkan informasi BPBD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, guncangan gempa dirasakan kuat oleh warga sekitar 3 hingga 5 detik. Terjadi kepanikan saat gempa berlangsung sehingga warga keluar rumah.

Pascagempa, BPBD Kabupaten Kepulauan Tanimbar melakukan koordinasi dengan aparat desa dan kecamatan.

Di samping itu, petugas mengimbau warganya untuk tetap waspada.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa M7,5 berada pada 136 km barat laut Kepulauan Tanimbar atau dulu bernama Maluku Tenggara Barat dengan kedalaman 130 km. Pusat gempa berada di laut dan tidak berpotensi tsunami.

Berselang sekitar 20 menit, gempa susulan terjadi dengan magnitudo (M)5,5, tepatnya pukul 01.10 WIB atau 03.10 waktu setempat. Pusat gempa berada di 197 km barat laut Kepulauan Tanimbar dengan kedalaman 128 km.

Dilihat dari intensitas kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, wilayah Saumlaki V MMI, Dobo dan Tiakur IV MMI, Sorong, Kaimana, Alor, Waingapu, Waijelu, dan Lembata III – IV MMI, Merauke, Nabire, Tanah Merah, Wamena, Bakunase, Kolhua, Rote, Sabu, Ende, Amarasi Selatan, da Kota Kupang II – III MMI, Ambon dan Piru, II MMI.

Baca juga   Waspada Lur! Gelombang Tinggi Masih Mengancam Wilayah Pantai Selatan Yogyakarta

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga.

Sebelum kembali ke dalam rumah, warga diminta untuk memastikan kondisi struktur bangunan pascagempa.

Tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. Dampak korban jiwa dapat dipicu bukan karena fenomena gempa tetapi reruntuhan bangunannya.

Selain itu, warga diminta untuk tidak mudah terpancing oleh berita palsu atau hoaks yang biasanya tersebar melalui media sosial. Pastikan informasi terkini pascagempa dari BMKG, BNPB atau pun BPBD setempat.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam konferensi pers secara virtual, Senin (14/3/2022). (Foto: Tangkapan Layar Video BNPB)

Peristiwa

Pascagempa Nias Selatan, Kepala BNPB: Waspada Harus, Tapi Jangan Panik
Kalurahan COndongcatur kini memiliki mobil ambulans sendiri. Proses serah terima dari pihak penyedia kepada Pj Lurah Condongcatur, Sugiyanto dilakukan di Kantor Kalurahan Condongcatur, Selasa (26/10/2021). (Foto:MC Kab Sleman)

Peristiwa

Tanggap Keadaan Darurat, Condongcatur Sediakan Ambulans Kalurahan
Ganjar Pranowo nampak santai menikmati bekal makan siang yang sudah disiapkan istrinya dari rumah. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Tak Mampir di Warung, Ganjar Pilih Makan Bekal di Parkiran
Kerusakan akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Foto: ANTARA/Novrian Arbi

Peristiwa

Pemkab Cianjur Siapkan Anggaran Sewa Rumah untuk Korban Gempa, Per KK Dapat Segini
Pemkot Yogyakarta perpanjang pentupan pasar tradisional selama PPKM Level 4.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Perpanjang Penutupan Pasar Tradisional
Bupati Magelang, Zaenal Arifin. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Magelang)

Peristiwa

Doa Bersama ‘PrayFromHome’ Juga Mengumandang dari Magelang
Masyarakat dari FAUIB melakukan audensi di Kemenag DIY terkait haji. FOTO: nyatanya.com/Prastyawan

Peristiwa

Soal Pembatalan Haji, Masyarakat dari Forum Aliansi Umat Islam Bersatu Audensi ke Kemenag DIY
Kabag Penum Divhumas Polri, Kombes Pol Dr. Nurul Azizah, S.I.K., M.Si. Foto: Humas Polri/Tribratanews

Peristiwa

Polri Tetapkan 1 Tersangka WNA Kasus Binary Option Infinity Plus, Dijerat Pasal Berlapis