Home / Peristiwa

Selasa, 10 Januari 2023 - 12:49 WIB

Puluhan Rumah Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar Rusak Akibat Gempa M7,5

Kerusakan rumah akibat gempabumi dengan magnitudo (M)7,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (10/1/2023). Foto: Istimewa/ BNPB

Kerusakan rumah akibat gempabumi dengan magnitudo (M)7,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (10/1/2023). Foto: Istimewa/ BNPB

NYATANYA.COM, Kepulauan Tanimbar – Gempa bumi dengan magnitudo (M)7,5 berdampak pada kerusakan sejumlah rumah warga di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada Selasa (10/1/2023) pukul 00.47 WIB atau 02.47 waktu setempat.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana terus memantau dan melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang terdampak gempa bumi.

“Data sementara hingga Selasa (10/1/2022), pukul 08.13 WIB, sebanyak 15 rumah warga Kepulauan Tanimbar mengalami kerusakan, dengan rincian 1 rumah rusak berat, 3 rusak sedang dan sisanya masih dilakukan penilaian tingkat kerusakan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan resminya.

Selain rumah, fasilitas pendidikan SMP Kristen Saumlaki dan SMA Negeri 1 Saumlaki, Tanimbar Selatan, mengalami kerusakan.

Sedangkan dampak korban, BPBD setempat menyebutkan 1 warganya luka-luka.

Baca juga   Kudus Salurkan 37.111 Paket Bantuan Beras PPKM

Berdasarkan informasi BPBD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, guncangan gempa dirasakan kuat oleh warga sekitar 3 hingga 5 detik. Terjadi kepanikan saat gempa berlangsung sehingga warga keluar rumah.

Pascagempa, BPBD Kabupaten Kepulauan Tanimbar melakukan koordinasi dengan aparat desa dan kecamatan.

Di samping itu, petugas mengimbau warganya untuk tetap waspada.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa M7,5 berada pada 136 km barat laut Kepulauan Tanimbar atau dulu bernama Maluku Tenggara Barat dengan kedalaman 130 km. Pusat gempa berada di laut dan tidak berpotensi tsunami.

Berselang sekitar 20 menit, gempa susulan terjadi dengan magnitudo (M)5,5, tepatnya pukul 01.10 WIB atau 03.10 waktu setempat. Pusat gempa berada di 197 km barat laut Kepulauan Tanimbar dengan kedalaman 128 km.

Dilihat dari intensitas kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, wilayah Saumlaki V MMI, Dobo dan Tiakur IV MMI, Sorong, Kaimana, Alor, Waingapu, Waijelu, dan Lembata III – IV MMI, Merauke, Nabire, Tanah Merah, Wamena, Bakunase, Kolhua, Rote, Sabu, Ende, Amarasi Selatan, da Kota Kupang II – III MMI, Ambon dan Piru, II MMI.

Baca juga   Penyaluran BST di Yogya Terus Dikebut, Realisasi 94 Persen

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga.

Sebelum kembali ke dalam rumah, warga diminta untuk memastikan kondisi struktur bangunan pascagempa.

Tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. Dampak korban jiwa dapat dipicu bukan karena fenomena gempa tetapi reruntuhan bangunannya.

Selain itu, warga diminta untuk tidak mudah terpancing oleh berita palsu atau hoaks yang biasanya tersebar melalui media sosial. Pastikan informasi terkini pascagempa dari BMKG, BNPB atau pun BPBD setempat.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto ilustrasi. Tim Kubur Cepat (TKC) saat melakukan tugas kemanusiaan. Meskipun kasus kematian akibat Covid-19 hingga saat ini mengalami penurunan. Relawan di tingkat Kelurahan dan Kemantren juga telah menyiagakan Tim Kubur Cepat (TKC). (Foto: Dok.Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Meski Kematian Turun, Satgas Wilayah Siaga Kenaikan Kasus Covid-19
Tim SAR masih melakukan upaya pencarian terhadap korban bernama Fakhrudin (40) yang tenggelam di Sungai Siak Kecil. Foto: Mediacenter Riau

Peristiwa

Empat Pekerja Tenggelam saat Melangsir Sawit di Bengkalis, Satu Hilang
Foto: InfoPublik/Agus Siswanto

Peristiwa

BNPT Mitigasi Virus Intoleransi Radikal Terorisme dengan Parade Budaya Nusantara
Mahasiswa praktik kena sindir dokter Tirta. Foto: Twitter/tirta_cipeng

Peristiwa

Viral Curhat Pasang Kateter ke Pasien Cakep, Begini Reaksi RSUD Wonosari dan Maaf Unisa Yogya
Gerakan “Kids Take Over” merupakan rangkaian peringatan Hari Anak se dunia yang jatuh pada 20 November. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

50 Anak Jateng “Rebut” Kursi Gubernur, Bupati dan Wali Kota
Keraton Yogyakarta menggelar peringatan berdirinya Kesultanan Yogyakarta yang biasa disebut dengan istilah Pengetan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-275 pada tanggal 2 dan 3 Januari 2022. (Foto: Dok.Keraton Jogja)

Peristiwa

Peringatan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-275 Membuka Agenda 2022
Foto: Humas Bakamla RI

Peristiwa

Stasiun Bakamla Kupang Evakuasi Yacht New Zealand Alami Kebocoran
Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan dalam konferensi pers yang diadakan Media Center Tanggap Darurat Bencana Gunung Semeru di Lumajang, Selasa (7/12/2021).(Foto: Amiri Yandi/InfoPublik)

Peristiwa

BMKG Rekomendasikan Evakuasi Korban Erupsi Semeru Dilakukan Pagi hingga Siang Hari