Home / News

Rabu, 9 Februari 2022 - 13:17 WIB

Puncak HPN 2022, Ketua PWI Pusat: Arus Jurnalisme Clickbait Harus Dikendalikan

Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, menyatakan arus jurnalisme itu, harus dikendalikan untuk meningkatkan kualitas pemberitaan pers nasional. Hal ini disampaikannya pada puncak peringatan HPN 2022 di Kendari, Rabu (9/2/2022). (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, menyatakan arus jurnalisme itu, harus dikendalikan untuk meningkatkan kualitas pemberitaan pers nasional. Hal ini disampaikannya pada puncak peringatan HPN 2022 di Kendari, Rabu (9/2/2022). (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Kendari – Arus jurnalisme clickbait semakin marak dalam beberapa tahun terakhir, terutama di berbagai media online, untuk menjaring pembaca banyak dalam waktu singkat. Namun, hal itu penting dikendalikan agar pers makin sehat dan bersih.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari, menyatakan arus jurnalisme itu, harus dikendalikan untuk meningkatkan kualitas pemberitaan pers nasional.

“Pers harus mengendalikan arus jurnalisme clickbait yang semakin jelas khususnya pada jalur jurnalisme online,” ujar Ketua PWI Pusat dalam sambutannya di puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang digelar secara hybrid atau luring dan daring dari kawasan Masjid Al-Alam Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Utara (Sultra) pada Rabu (9/2/2022).

Puncak peringatan HPN 2022, turut dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indoensia (DPR-RI) Puan Maharani secara daring.

Baca juga   Peringati HPN, Wartawan Temanggung Berbagi dengan Anak Yatim

Sementara Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republkik Indoensia (MPR-RI) Bambang Soesatyo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, Sembilan Gubernur (sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua dan Papua Barat), dan sejumlah pejabat daerah yang hadir secara langsung.

Menurut Atal, jurnalisme clickbait memiliki kaitan erat dengan tren pemberitaan yang bias, provokatif dan bombastis.

Tren tersebut dinilai harus dihindari oleh segenap insan pers, baik media cetak maupun elektronik, termasuk media online.

“Segenap insan pers harus terus memperbaiki kualitas pemberitaan dengan sedapat mungkin menghindari tren pemberitaan yang bias, provokatif dan bombastis,” katanya.

Baca juga   Sebanyak 1.336.200 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia

Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh menambahkan Pers merupakan pilar keempat demokrasi, selain eksekutif, legislatif dan yudikatif, sehingga harus menjadi satu kesatuan untuk membangun bangsa Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk mewujudkan kesatuan tersebut, Pers, yang diwakili PWI melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan berbagai instansi, seperti Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI) , Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“(PWI menandatangani) MoU dengan Kapolri, MoU dengan Panglima TNI, MoU dengan Kementerian PPA dan BNPT. (ini wujud) sebagai bagian insan pers harus melebur jadi satu sebagai bagian dari NKRI,” katanya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Wagub Jateng Taj Yasin saat menerimakan penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 dari Mendagri RI Tito Karnavian. Foto: Humas Jateng

News

IGA Award 2022 Kategori Provinsi Terinovatif untuk Provinsi yang Dipimpin Ganjar
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Sumadi sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo, Minggu 22 Mei 2022. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Gubernur DIY Lantik Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo
Operasi pasar minyak goreng curah yang diadakan di kompleks Balai Kota Yogyakarta pada Kamis (7/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Pemkot Yogya Gencarkan Operasi Pasar Minyak Goreng Curah
Foto: Kanal Youtube Kemenko Polhukam

News

Heboh Masuk di Situs Lelang New York, Pemerintah Batalkan MoU Pemanfaatan Pulau Widi
(MC Kalsel)

News

Dirilis, Logo Resmi MTQ Nasional XXIX Tahun 2022
Ilustrasi Tugu Yogyakarta. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Percepat Vaksinasi, Sri Sultan Minta Jatah Vaksin Ditambah
Foto: Istimewa

News

Wujudkan Antikorupsi, KPK Bentuk Direktorat Khusus
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Magelang Terus Berkurang