Home / Peristiwa

Jumat, 14 Januari 2022 - 22:13 WIB

Puncak Perayaan Natal, Ganjar Ingatkan Masyarakat Pentingnya Guyub

Bertemakan “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”, perayaan Natal dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, Ketua PGIW Jawa Tengah Pendeta Heru Purwanta, dan wanita inspirasi Indonesia Anne Avantie. (Foto: Diskominfo Jateng)

Bertemakan “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”, perayaan Natal dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, Ketua PGIW Jawa Tengah Pendeta Heru Purwanta, dan wanita inspirasi Indonesia Anne Avantie. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Provinsi Jawa Tengah melalui virtual, Jumat (14/1/2022) malam, berlangsung meriah.

Bertemakan “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”, acara itu dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, Ketua PGIW Jawa Tengah Pendeta Heru Purwanta, dan wanita inspirasi Indonesia Anne Avantie.

Dalam kesempatan tersebut masyarakat umum dapat mengikuti ibadah dan perayaan syukur Natal dan Tahun Baru, melalui teleconference Zoom atau Live Streaming di kanal Youtube Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan civitas Hospitalia Kristiani RSDM.

Kegiatan virtual itu juga diisi dengan paduan suara Voca Erudita UNS, dan SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang.

Gubernur Ganjar mengatakan, ada hal menarik pada kegiatan perayaan Natal kali ini, seperti aksi sosial kepada masyarakat yang dilakukan panitia.

“Inilah yang sebenarnya membuat kita bisa sangat guyub, bisa sangat rukun. Adalah kepedulian-kepedulian kita tunjukkan sebagai tindakan kemanusiaan,” kata Ganjar, yang juga hadir melalui virtual.

Baca juga   Ganjar Hebohkan Panggung Ketoprak Sumpah Amukti Palapa dan Dinobatkan sebagai Anak Adat Suku Asmat

Selain itu, Ganjar menilai kegiatan kepedulian terhadap sesama yang dilakukan mampu memberikan semangat, dan spirit tersendiri. Apalagi dalam dua tahun terakhir ini, kondisi pandemi masih menerpa, yang juga mempengaruhi perayaan Natal tahun ini.

Ketua panitia Cahyono Hadi mengatakan, pada perayaan Natal kali ini berupaya mewujudkan kebahagiaan dengan berbagi melalui aksi sosial. (Foto: Diskominfo Jateng)

“Dua tahun ini kita merasakan suasana yang tidak enak. Tidak enak semuanya. Saya kira kalau bapak ibu beribadah di gereja sekarang mesti daftar dulu ya,” sambungnya.

Menurut gubernur, protokol kesehatan yang diterapkan di gereja yang bagus itu bisa menjadi contoh. Prosedurnya yang tertata, dan terukur, disiplin, membuat ibadah Natal bisa terlaksana dengan baik.

Di dua tahun ini, tambah Ganjar, banyak hal tidak bisa dilakukan secara nyaman. Berbelanja tidak nyaman, bertindak bebas juga berpotensi disanksi petugas Satpol PP, hingga kegiatan nongkrong juga dibubarkan, pembatasan kegiatan dagang, dan lainnya.

“Hasilnya hari ini kita merasakan Indonesia dalam kondisi baik, Jawa Tengah dalam kondisi baik,” ucapnya.

Baca juga   Komplotan Pencuri Spesialis Rokok Lintas Provinsi Digulung Polres Bantul

Kendati begitu, Gubernur mengingatkan agar masyarakat waspada dengan penularan Covid, terutama varian Omicron, yang sudah ditemukan kasusnya di Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Oleh karena itu, orang nomor satu Jateng ini mengingatkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi, termasuk pada lanjut usia (lansia) dan anak-anak.

Ganjar juga sempat menyapa salah satu yang hadir yang ternyata masih terbaring sakit, Sri Haryanti. Dia mendoakan Sri Haryanti lekas sehat dan memanfaatkan waktunya untuk beristirahat.

“Saya doakan sehat, semangat terus, saya pingin lihat lambaian tangan ibu Sri Haryanti, bisa (sambil melambaikan tangan). Ibu Sri Haryanti, mudah-mudahan sehat, semangat terus,” ucapnya.

Ketua panitia Cahyono Hadi mengatakan, pada perayaan Natal kali ini berupaya mewujudkan kebahagiaan dengan berbagi melalui aksi sosial.

Sejumlah rangkaian telah dilakukan sejak Desember 2021 hingga Januari 2022. Seperti, aksi sosial ke pimpinan umat Kristen, guru di Solo, Semarang dan Kendal, guru TK di Surakarta, donor darah, dan lainnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Penandatanganan kerjasama Dekranasda Jateng dengan Bank Jateng yang mendukung pengadaan ruang pamer tersendiri di Yogyakarta Internasional Airport. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Angkat Produk UKM Kriya, Dekranasda Jateng Buka Ruang Pamer di YIA
(Foto: Twiter @BPPTKG)

Peristiwa

Gunung Merapi Alami 120 Kali Gempa Guguran, 27 Kali Guguran Lava
Wakil WalikotaSurakarta, Teguh Prakosa saat meninjau vaksinasi mobile di Kecamatan Serengan. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Gencarkan Bus Vaksinasi di Tiap Kelurahan
Foto: Ist/TBNews

Peristiwa

Ibu Rumah Tangga Pemilik Arisan Bodong di Cianjur Diciduk Polisi
Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Jawa Timur, Muhammad As'adul Anam. Foto: selalu.id

Peristiwa

Izin Dicabut, Kemenag Jatim Imbau Santri Shiddiqiyyah Jombang Pindah Pondok Lain
Ilustrasi: Ist

Peristiwa

Rombongan Siswa Lab School Unesa Surabaya Kecelakaan di Bali, Begini Kronologinya
Petugas Satpol PP Kabupaten Magelang memasang segel penutupan di Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat di jalan Raya Magelang - Yogyakarta, Mungkid, Sabtu (19//2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Maaf Lur, Bakso Balungan Pak Granat Mungkid Ditutup Gegara Tak Bayar Pajak
Foto: Diskominfo Klaten

Peristiwa

Dzikir dan Sholawat Malam Yaa Qowiyyu Dibanjiri Ribuan Masyarakat