Home / Wisata

Kamis, 23 September 2021 - 12:53 WIB

Purworejo Kembangkan Desa Wisata Inklusi

Wakil Bupati Yuli Hastutiberharap para pengelola desa wisata di Purworejo didorong untuk menerapkan program inklusi, dengan cara menyediakan fasilitas yang ramah bagi warga penyandang disabilitas. (Foto: Diskominfo Purworejo)

Wakil Bupati Yuli Hastutiberharap para pengelola desa wisata di Purworejo didorong untuk menerapkan program inklusi, dengan cara menyediakan fasilitas yang ramah bagi warga penyandang disabilitas. (Foto: Diskominfo Purworejo)

NYATANYA.COM, Purworejo – Para pengelola desa wisata di Purworejo didorong untuk menerapkan program inklusi, dengan cara menyediakan fasilitas yang ramah bagi warga penyandang disabilitas. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlindungan terhadap warga difabel sebagai kelompok rentan dan marginal.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, di Ruang Bagelen Setda Purworejo, beberapa hari lalu. Menurutnya, pengembangan desa wisata harus dilakukan secara berkelanjutan.

“Harapannya desa wisata dapat terus mengembangkan potensinya. Tidak hanya desa wisata, tetapi mungkin menjadi desa budaya karena cakupannya akan lebih luas lagi,” ujarnya.

Baca juga   Tingkatkan Kinerja, Damkar Purworejo Tambah Armada

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, menyatakan siap untuk mendukung pengembangan desa wisata yang menerapkan program inklusi. Pihaknya juga telah menyediakan fasilitas khusus bagi warga berkebutuhan khusus di beberapa tempat fasilitas umum.

Agung mencontohkan, di Alun-alun Purworejo dan Gedung Wanita telah tersedia jalur khusus bagi penyandang disabilitas. Namun, beberapa destinasi wisata memang belum bisa dijangkau dengan fasilitas tersebut karena terletak di wilayah pegunungan dengan kontur relatif ekstrim.

“Di Goa Seplawan, kita berencana menyediakan fasilitas ekskalator. Hal ini sudah kita gandeng kementerian karena biaya tinggi, sehingga nantinya penyandang disabilitas bisa masuk ke dalam goa Seplawan,” ungkap Agung.

Baca juga   Pelaku Wisata Magelang Ikuti Pelatihan Kelola Destinasi dan Homestay

Sementara itu, Project Manager Desa Inklusi di Purworejo, Husnul, menerangkan, pariwisata inklusi mempunyai nilai tambah karena dapat menyediakan pelayanan dan akses bagi semua kelompok marginal, termasuk penyandang disabilitas.

“Kami berupaya untuk mendorong agar penyadang disabilitas dapat terlibat dan dapat menikmati juga wisata alam yang disuguhkan. Akhir tahun ini menjadi momentum yang baik karena bertepatan dengan hari disabilitas internasional,” kata Husnul. (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menerima secara simbolis bantuan posko Gumaton dari Pertamina. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Dukung Pariwisata Yogya, Pertamina Serahkan Posko Gumaton
Seluruh obwis di Kabupaten Klaten sudah mulai dibuka kembali pada Sabtu, 9 Oktober 2021. (Foto:MC Kab Klaten)

Wisata

Piknik Lurr, Semua Obwis di Klaten Sudah Dibuka Kembali
Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Tinalah Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. (Foto: MC Kab.Kulon Progo)

Wisata

Desa Tinalah Kulon Progo Masuk 50 Besar Desa Wisata Kemenparekraf
Tradisi Saparan warga Desa Borobudur ini dilaksanakan setiap setahun sekali di bulan Safar penanggalan Jawa, yang tahun ini digelar selama tiga hari sejak Jumat (24/9/2021) hingga Sabtu (26/9/2021). (Foto: Diskominfo Magelang)

Wisata

Terapkan Prokes, Kirab Saparan Borobudur Digelar dengan Naik Andong
Keberadaan kereta api khusus bandara ini bisa mendongkrak pariwisata di DIY. Dengan kemudahan aksesbilitas bagi wisatawan diharapkan kunjungan wisata di DIY mengalami peningkatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Kereta Bandara Beroperasi Dongkrak Pariwisata Yogya
Acara penghargaan Joglosemar Tourism Awards 2021/2022. Foto: nyatanya.com/IG media_twc

Wisata

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Raih Joglosemar Tourism Awards 2021/2022
Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat jadi layanan baru bagi wisatawan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Apa Itu Taman Pintar Virtual Guide dan 360 Derajat yang Baru Diluncurkan?
Vaksin Wisata kali ini bukan saja ditujukan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) tetapi juga keluarga dan lingkungannya. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

93% Pelaku Parekraf DIY Telah Divaksin, 3 Obwis Ini Sudah Dibuka