Home / Peristiwa

Jumat, 30 Juli 2021 - 09:35 WIB

Purworejo Kembangkan Produksi Garam Mengandung NaCl Tinggi

Garap produksi Purworejo memiliki kandungan NaCl di atas 50 persen. (Foto: Diskominfo Jateng)

Garap produksi Purworejo memiliki kandungan NaCl di atas 50 persen. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Purworejo – Kabupaten Purworejo berpotensi menghasilkan garam dengan kandungan natrium klorida (NaCl) sebesar 97,49 persen. Pasalnya, garam di pesisir pantai selatan (pansela) Jawa tersebut dibuat dengan tunnel system.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, saat berdialog dengan petani anggota Kelompok Usaha Garam Rakyat (Kugar) Pendowo Limo, di pantai Desa Patutrejo Kecamatan Grabag, Selasa (26/7/2021).

Menurut Wasit, selain kandungan NaCl yang relatif tinggi, garam hasil produksi tunnel system berwarna putih bersih. Kandungan tersebut merupakan hasil analisis laboratorium PT Sucofindo Semarang pada awal Mei 2021.

Dengan kandungan NaCl di atas 50 persen, maka garam hasil produksi Kugar Pendowo Limo layak dikategorikan sebagai garam industri.

Baca juga   Mulai Hari ini, Keraton Yogyakarta Tutup Hingga 2 Juli 2021

“Sistem pembuatan garam ini adalah secara organik tidak menggunakan bahan kimia tambahan apapun, serta ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Sehingga, produk yang dihasilkan adalah garam organik,” jelasnya.

Dijelaskan, penggaraman dengan tunnel system merupakan metode baru, yaitu model tertutup dengan lahan terasering. Penerapan model tertutup membuat produksi garam bisa dilakukan sepanjang tahun, walaupun musim hujan.

Meski berada dalam ruang yang tertutup plastik, suhu udara dijaga supaya tetap tinggi agar proses kristalisasi dapat terjadi. Lahan pembuatan garam dibuat berpetak-petak secara bertingkat, agar air dapat mengalir kapan saja dengan gaya gravitasi.

Baca juga   Expo Pentas Budaya dan UMKM Desa Mento Temanggung, Tingkatkan Perekonomian Warga

Lebih lanjut, sampai pertengahan tahun 2021, produksi garam terus meningkat dari 2,2 ton pada Januari, menjadi 3,1 ton pada Mei.

“Pemasaran dilakukan dalam bentuk curah dan kemasan 200 gram, 1.000 gram, 5.000 gram, maupun 25 kg. Produk garam ini digunakan untuk keperluan pupuk tanaman, suplemen pakan ternak, ikan dan udang, pengobatan, dan sebagainya,” kata Wasit.

Sementara itu, Bupati Purworejo, RH Agus Bastian, menyampaikan, Kabupaten Purworejo memiliki garis pantai sepanjang 22 kilometer. Potensi alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan garam sebagai lapangan usaha baru.(*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten, Sri Mulyani dengan mencanangkan vaksinasi booster Kabupaten Klaten sekaligus acara peresmian gedung Puskesmas Jambu Kulon, Ceper, Sabtu (29/1/2022). (Foto: Kominfo Klaten)

Peristiwa

Vaksinasi Booster di Klaten Dimulai, Bupati Berharap Ada Sinergitas Melawan Covid-19
Ilustrasi pemungutan suara. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa bakti 2021/2022 di SMK Bhumi Phala Parakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menerapkan pemungutan suara secara elektronik atau e-voting, Selasa (7/12/2021). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ajar Berdemokrasi, Pemilihan Ketua OSIS di Sekolah Ini Pakai e-Voting
Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta, sejumlah kelurahan mulai mengaktifkan kembali shelter di wilayah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kelurahan Aktifkan Shelter Wilayah
Foto: ANTARA

Peristiwa

Dinaikkan Status Waspada, Gunung Ruang Alami 50 Kali Gempa Vulkanik
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramati, dalam jumpa pers di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Jumat (10/12/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Diluncurkan Hari Ini, Calendar of Event Jogja 2022
Para tersangka saat dihadirkan dalam konferensi pers. Foto: Humas Polda Lampung/Tribratanews

Peristiwa

Palsukan Data Hingga Terbitnya 6 Surat Hak Milik Palsu Atas Obyek Tanah Seluas 10 Hektar, Polda Lampung Amankan 5 Pelaku
Para kader PDI Perjuangan Kota Surabaya mengenang 26 tahun tragedi kerusuhan 27 Juli 1996. Foto: ist/selalu.id

Peristiwa

Peringati Tragedi Kudatuli, PDIP Surabaya Gelar Ziarah ke Makam Pejuang Partai
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng Sakina Rosellasari Kurun. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Sebelum Pulang Kampung, Ratusan Pekerja Migran Asal Jateng Jalani Karantina