Home / News

Kamis, 15 Juli 2021 - 21:35 WIB

Purworejo Terbaik Terapkan PPKM Darurat se-Jateng

(nyatanya.com)

(nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Purworejo – Upaya Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dinilai terbaik se-Jawa Tengah. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi evaluasi PPKM Darurat Jawa-Bali secara virtual yang dipimpin oleh Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves​) RI Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (14/7/2021).

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, menyampaikan pencapaian itu karena usaha keras pemerintah kabupaten dan elemen masyarakat, dalam mendukung kebijakan PPKM Darurat.

“Capaian itu karena kami melakukan tindakan dalam upaya mendukung kebijakan PPKM Darurat ini,” ujarnya, yang juga ikut dalam evaluasi secara virtual tersebut.

Ia menjelaskan, ada beberapa tindakan yang menjadi kunci keberhasilan dalam penerapan upaya PPKM Darurat. Di antaranya, menggandeng elemen dari tingkat bawah, mulai RT, RW, Pemdes, dan dasa wisma untuk turut berperan aktif.

Baca juga   Agar Perjalanan Kamu Nyaman Sekaligus Aman, Jangan Coba-coba Lewat Tanjakan Cinomati

Penanganan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dilakukan hingga tingkat paling bawah. Termasuk deteksi dan antisipasi dini, dengan berkoordinasi secara berjenjang antara camat dan stakeholder terkait.

“Tidak kalah pentingnya adalah program Jogo Tonggo, tetap dilaksanakan di level RT dan RW,” ungkapnya.

Lebih dari itu, rumah sakit milik pemerintah daerah juga telah dialokasikan khusus untuk penanganan Covid-19. Keseriusan tersebut berdampak terhadap minimnya angka kematian, dan meningkatnya angka kesembuhan.

Dari data, case fatality rate (CFR) atau angka kematian​ di Kabupaten Purworejo, dibanding kabupaten/ kota lain di Jawa Tengah juga cukup rendah, yakni hanya 3,65 persen. Sementara, recovery rate atau tingkat kesembuhan juga cukup baik yakni 83,31 persen.

Baca juga   Motoran ke Karanganyar, Ganjar Sambangi Desa Wisata Kemuning yang Berkembang Pesat

Untuk mengurangi mobilitas dan aktivitas warga, pemkab juga melakukan pemadaman penerangan jalan umum (PJU) selama 24 jam. Hal ini juga telah sesuai dengan Instruksi Menko Marves pada rapat koordinasi evaluasi PPKM Darurat Jawa-Bali sebelumnya.

“Saat ini yang masih menjadi kendala adalah ketersedian oksigen. Kami minta bantuan dari pusat agar masalah ini dapat segera teratasi,” tandas Wabup. (*)

Share :

Baca Juga

Sejumlah pekerja mengerjakan perbaikan drainase diseputar Sirkuit Pertamina Mandalika. (Foto: Taofiq Rauf/InfoPublik)

News

Jelang MotoGP, Sirkuit Pertamina Mandalika Terus Berbenah
Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Satu Kahkonen. Foto: Istimewa

News

Meski Pertumbuhan Ekonomi Tinggi, Indonesia Perlu Mewaspadai Situasi Global
Wapres Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin melaksanakan Salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta pada Senin (2/5/2022). Foto: BPMI Setwapres

News

Wapres Ma’ruf Amin Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Positif Covid-19 di DIY Tambah 850 Kasus, Sembuh 390 Orang
Pasca erupsi Gunung Semeru, dilaporkan sekitar 41 warga yang terluka (luka bakar) telah dibawa ke Puskesmas Penanggal. Untuk warga yang luka bakarnya parah dirujuk ke Rumah Sakit Umum dokter Haryoto, RS Bhayangkara dan RS Pasirian. (Foto: MC Kab Lumajang)

News

Lumpur Setinggi Lutut Hambat Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Bupati Klaten Sri Mulyani memberikan sosialisasi di kawasan penyumbang terbanyak kasus PMK di Klaten. (Foto: Kominfo-Klt)

News

Sebanyak 6 Ekor Sapi Terjangkit PMK, Bupati Klaten: Perlu Pengawasan Ketat pada Hewan Ternak
Foto ilustrasi. Calon penumpang pesawat melakukan lapor diri sebelum keberangkatannya di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (21/9/2021). (ANTARA FOTO/Fauzan/aww)

News

Covid-19 Mengganas, Pemerintah Kembali Lakukan Pembatasan Masuk ke Indonesia
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam rangka kunjungan kerja, pada Kamis (13/1/2022). (Foto: BPMI SETPRES)

News

Presiden Tinjau Lokasi Penyelenggaraan MotoGP 2020 di NTB