Home / Olga

Sabtu, 20 November 2021 - 10:10 WIB

Pusatkan Pembinaan Atlet, 10 Sentra Olahraga akan Dibangun di Indonesia

Pemerintah akan membentuk 10 sentra olahraga di seluruh Indonesia yang akan dikembangkan sebagai sentra pembinaan atlet. (Foto: Bagus/Biro Humas Kemenpora/InfoPublik)

Pemerintah akan membentuk 10 sentra olahraga di seluruh Indonesia yang akan dikembangkan sebagai sentra pembinaan atlet. (Foto: Bagus/Biro Humas Kemenpora/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menpora Zainudin Amali, mengungkapkan bahwa Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), pemerintah akan membentuk 10 sentra olahraga di seluruh Indonesia yang akan dikembangkan sebagai sentra pembinaan atlet, salah satunya provinsi Jawa Timur.

“Jadi dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 ini, di dalam lampirannya tentang BDON itu talenta, bibit, bakat akan diambil dari 10 sentra ini termasuk Jawa Timur. Oleh karena itu kami berkeliling di 10 tempat ini, dan salah satunya Jawa Timur,” kata Menpora Amali dalam siaran resminya di lansir Kemenpora, Jumat (19/11/2021)

Baca juga   Windy Cantika: Alhamdulillah Senang Banget, Tak Meyangka Bisa Sumbang Medali untuk Indonesia

Menpora Amali pun mengapresiasi kehadiran Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sosialisasi DBON tersebut. Dia berharap, Jawa Timur bisa segera mengimplementasikan rencana ini.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran ibu Gubenrur Jatim, Jatim bisa segera menyesuaikan dengan Perpers ini sehingga lebih terarah, fokus dan apa yabg akan dituju DBON ini bisa tercapai,” harapnya.

Lebih lanjut Menpora Amali mengungkapkan, bahwa Peraturan Presiden (Perpres) No 86 tahun 2021 tentang DBON menjadi panduan dalam pembinaan olahraga bagi stakeholder olahraga termasuk para kepala daerah.

Baca juga   Kapolri Keluarkan Izin Rekomendasi Liga 1 dan Liga 2

“Mulai sekarang berdasarkan proses itu pembinaan olahraganya sudah ada panduannya,” kata Menpora.

Menurutnya, dalam DBON sudah termuat target-target prestasi, dimana target utamanya adalah yakni prestasi di ajang Olimpiade dan Paralimpiade sebagai mukti event olahraga tertinggi di dunia. Semantara Asian Games dan SEA Games hanya menjadi sasaran antara saja.

“Tentu kalau skup daerah, targetnya adalah Pekan Olahraga Nasioanal (PON). Saya kira ini kita sosialisasikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan induk cabang olahraga yang ada di provinsi,” ujarnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Atlet lempar cakram Papua Laurens Siep berlatih jelang Peparnas XVI Papua di, Lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih (Uncen), Waena, Jayapura, Papua, Selasa (26/10/2021). Cabor atletik menjadi salah satu tumpuan perolehan medali bagi Papua pada Peparnas XVI. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati/wpa/aww)

Olga

Atletik dan Renang, Ladang Panen Medali Peparnas Papua 2021
Atlet lompat jauh putra Jimmy Y Suebu kontingen Papua melakukan lompatan pada final lompat jauh klasifikasi T13 Peparnas XVI Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (6/11/2021). (Foto:Infopublik/Amiriyandi)

Olga

Klasemen Sementara, Tuan Rumah Kuasai Perolehan Medali Hari Pertama Peparnas
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ikuti Tour de Borobudur. (Foto: Humas Jateng)

Olga

Pertama Gowes, Gibran Langsung “Tour de Borobudur”
Pengurus KONI DIY usai bertemu Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto:Humas Pemda DIY)

Olga

DIY Targetkan 11 Medali di PON XX 2021 Papua
Menpora RI Zainudin Amali mengungkapkan bahwa dirinya melakukan Rapat Kabinet Terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) di Istana Negara, Jumat (22/10/2021) siang.(Foto:Egan/kemenpora.go.id)

Olga

Presiden Minta Kasus WADA Diinvestigasi dan Hasilnya Diumumkan Secara Terbuka
Kapolri bersama Menpora Amali menegaskan jika ada pelanggaran prokes oleh suporter maka klub yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi. (Foto:Div Humas Mabes Polri)

Olga

Menpora dan Kapolri Pastikan Sanksi untuk Klub Jika Suporter Langgar Prokes
Atlet dan pelatih Kabupaten Sukoharjo yang akan berlaga di PON XX Papua serta Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) berpamitan dengan Bupati Etik Suryani. (Foto: Diskominfo Sukoharjo)

Olga

Bupati Janjikan Penghargaan bagi Atlet Sukoharjo Peraih Medali di PON Papua
Cabor Para-Atletik Kursi Roda 400 Meter Putri klas T53 yang digelar di Lukas Enembe Stadium, Jayapura. Atlet Jateng, Putri Ayu Julianingsih rain medali emas pada pertandingan ini. (Foto: InfoPublik)

Olga

Putri Ayu Raih Medali Emas Cabor Para-Atletik Kursi Roda