Home / Peristiwa

Kamis, 11 Agustus 2022 - 15:28 WIB

Puting Beliung Rusak Belasan Rumah Warga di Lereng Sindoro

Sejumlah rumah di Temanggung rusak akibat puting beliung. Foto: MC.Kab Temanggung

Sejumlah rumah di Temanggung rusak akibat puting beliung. Foto: MC.Kab Temanggung

NYATANYA.COM, Temanggung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, relawan, TNI dan Polri bersama warga bergotong royong untuk memperbaiki rumah warga yang rusak akibat puting beliung, Kamis (11/8/2022).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi mengatakan, BPBD bersama semua komponen memperbaiki rumah warga terdampak puting beliung yang terjadi Rabu (10/8/2022) petang.

Ia mengatakan, bencana puting beliung merusak setidaknya dua belas rumah di lereng Gunung Sindoro wilayah Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, termasuk diantaranya satu Kantor Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) Pringapus.

“Desa yang terdampak di Dusun Nglarangan, Desa Kataan dan Dusun Banaran, Desa Pringapus Kecamatan Ngadirejo. Kami menyalurkan bantuan logistik untuk pembenahan bangunan yang terdampak bencana puting beliung. Kami juga mengirim bantuan material bangunan,” jelasnya.

Baca juga   Kejar Target 100% Tervaksin, Pemkab Temanggung Bakal Sisir Warga

Ia mengatakan, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Angin dari timur dan disertai hujan dengan durasi sekitar 10 menit. Angin ini mengakibatkan beberapa rumah warga rusak pada bagian atap.

Kerusakan itu diantaranya terdapat genteng yang terbang terbawa angin kencang. Sejumlah genteng jatuh di tanah atau eternit rumah. Tidak terdapat korban jiwa pada peristiwa ini.

Adapun di Dusun Banaran, Desa Pringapus terdapat enam bangunan rusak pada atapnya. Diantaranya rumah Sukardi, Subani, Marjuki, Gunawan, Saptoko dan Kantor PKD.

“Total kerugian mencapai Rp18 juta,” katanya.

Sedangkan di Dusun Nglarangan Desa Kataan kerusakan bangunan di enam rumah. Yakni rumah milik Sukardi, Tuwaldi, Parman, Muslihin, Faturokhman Yazid dan Eni dengan total kerugian Rp20 juta.

Baca juga   Banjir Landa Kutai Timur, Ribuan Jiwa Mengungsi

Ia menyampaikan, tetangga dari korban puting beliung bergotongroyong untuk memperbaiki atap rumah. Sehingga sebagian atap rumah telah ada perbaikan.

“Rumah yang masih rusak, akan diperbaiki secara gotong royong pada Kamis,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Muh Amin mengatakan, responsibilitas dari BPDB diperlukan dalam penanganan bencana di daerah.

“BPBD harus responsif, menjadi tugas BPBD dalam penanganan kebencanaan,” katanya.

Ia mengapresiasi BPBD dalam respon cepat jika terjadi bencana. Apresiasi juga diberikan pada relawan, TNI dan Polri serta segenap elemen masyarakat yang tanggap dan langsung membantu dalam penangana bencana.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Satlantas Polres Blora Polda Jawa Tengah dibantu oleh Petugas Gabungan Fungsi Polres Blora menggelar razia knalpot brong, Sabtu (15/1/2022). (MC Kab. Blora/ Teguh)

Peristiwa

Polres Blora Gencar Razia Knalpot Brong, 144 Motor Disita
Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz memberikan langsung tali asih di Pendopo Pengabdian kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Rabu (22/12/2021). (Foto: MC Kota Magelang)

Peristiwa

Jelang Natal, 105 Jemaat Gereja Lansia di Magelang Terima Tali Asih
Tahapan studi banding pengurus Kampung Sawah Durimanis di Desa Wisata Brayut, Sleman. (Foto:Istimewa)

Peristiwa

PKM UMBY Dampingi Pengurus Kampung Sawah Durimanis Studi Banding
Kerja bakti bertajuk “Jumat Bersih” akan menjadi agenda rutin yang dilakukan Sahabat Ganjar Kabupaten Magelang. (Foto: Dokumentasi DPC Sahabat Ganjar)

Peristiwa

Sahabat Ganjar Magelang Rutin Gelar Jumat Bersih
Forum group discussion (FGD) Kelompok Terpumpum Penetapan Warisan Geologi Dieng yang digelar Bappeda Wonosobo di Pendopo Taman Syailendra, Senin (22/11/2021). (Foto: Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)

Peristiwa

Selangkah Lagi, Dieng Segera Ditetapkan sebagai Warisan Geologi
Kabar gembira untuk produk panel surya (Crystalline Silicon Photovoltaic Cells and Modules/CSPV) Indonesia. Produk ini kembali siap bersaing di Amerika Serikat (AS) karena terbebas dari pengenaan safeguard duty atau bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) dari Pemerintah AS. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

Diteken Presiden Joe Biden, Panel Surya Indonesia Bersaing di Amerika
Sosialisasi cukai tembakau yang dilakukan Pemkab Sleman kepada sejumlah komunitas. Kegiatan ini dilakukan untuk memberantas perdagangan rokok ilegal yang belakangan marak terjadi. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Sosialisasikan Cukai Tembakau Melalui Komunitas
Pemkot Yogyakarta canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan. (Foto: Humas pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan