Home / News

Jumat, 10 Juni 2022 - 12:21 WIB

Putra Gubernur Jabar Sudah Ditemukan, Begini Penjelasan KBRI Bern

Ridwan Kamil dan Emmeril Kahn Mumtadz. Foto: Ist

Ridwan Kamil dan Emmeril Kahn Mumtadz. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Jakarta – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern di Swiss menyatakan putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (22), telah ditemukan dalam kondisi meninggal.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar (Dubes) RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (9/6/2022).

Dubes Muliaman menuturkan, kepolisian Bern telah bertemu di KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad diduga Eril, pada Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB di Bendungan Engehalde di Bern.

“Sesuai produser yang berlaku, tim forensik kepolisan langsung melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah benar Eril,” kata Dubes Muliaman.

Baca juga   Otoritas Swiss Bantu Pemulangan Jenazah Putra Sulung Gubernur Jabar

Menurut Dubes Muliaman, pada Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah Eril.

“Hal ini sudah disampaikan secara resmi oleh kepolisan Bern lewat media rilis mereka pada pukul 13.45 siang waktu Swiss,” ungkapnya.

Dubes Muliaman menegaskan, sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian langsing menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke Pengadilan Kanton Bern atau pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian ke keluarga.

Baca juga   Pemerintah Siapkan Minyak Goreng Kemasan Rp14.000 per Liter

“Sekitar dua jam yang lalu, pengadilan telah memberikan kewenangan kepada keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad Eril,” urainya.

Dubes Muliaman memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam.

“KBRI akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga Eril tiba di Indonesia. Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media agar seluruh proses persiapan kepulangan Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

(EB/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Waspadai Corona Varian Delta, Dinkes Imbau Warga Kenakan Dobel Masker
Foto: Istimewa

News

Digelar di Yogya, Seminar Internasional Awali ETWG Presidensi G20 Indonesia 2022
Foto: Pertamina

News

Pengamat Ekonomi: Kenaikan Harga Pertamax Tak Picu Inflasi, Karena Hal Ini
Foto: ANTARA

News

Sebanyak 40 Parpol Mendaftar sebagai Calon Peserta Pemilu 2024, Tiga Parpol Ini Tak Mendaftar
Puan Maharani. Foto: Biro Humas DPR RI

News

Ketua DPR RI Dorong Pemerintah Bentuk Satgas Cegah Kekerasan Seksual
Penerapan QR Code di pasar tradisional bukan untuk membuat pedagang dan masyarakat resah, akan tetapi kebijakan ini sebagai konsekuensi untuk kepentingan yang lebih besar. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pasar Tradisional di Yogya Siap Terapkan QR Code PeduliLindungi
Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 Minggu (17/10/2021) secara virtual. (Foto: BPMI SekPres)

News

Buka UDG XIV, Presiden Jokowi Apresiasi Peserta yang Tampilkan Keberagaman Budaya Nusantara
Deputi Perlindungan Khusus Anak, Nahar. Foto: Humas KemenPPPA

News

KemenPPPA Dorong Polisi Bongkar Kasus Adopsi Ilegal “Ayah Sejuta Anak” di Bogor