Home / News

Minggu, 5 Desember 2021 - 08:16 WIB

PVMBG Jelaskan Kronologis Erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021), diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB. (Foto: Dokumentasi/MC Diskominfo Prov Jatim)

Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021), diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB. (Foto: Dokumentasi/MC Diskominfo Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Lumajang – Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021), diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB.

Koordinator Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kristianto, mengungkapkan kronologi meletusnya Gunung Semeru yang diawali mengeluarkan laharan pada pukul 13.30 WIB sebelum mengalami erupsi.

Guguran awan panas itu sempat tak terlihat karena tertutup oleh kabut. Baru kemudian pada pukul 14.50 WIB, laharan mengalami peningkatan setelah terlihat dari seismograf.

Baca juga   PTUN Tolak Gugatan Warga Wadas, Pemprov Jateng Rangkul Semua Masyarakat

“Awan panasnya sendiri ini kejadiannya tidak bisa kelihatan awalnya karena tertutup kabut. Kemudian, diperkirakan dari seismograf jadi amplitudonya mulai meningkat sekitar pukul 14.50 WIB,” katanya.

Selain berupa awan panas, erupsi Semeru ini diawali dengan kejadian laharan dan tercatat di seismogram Amplitudo maksimum 25 mm.

Baca juga   2.541 Rumah Terendam Banjir di Sekadau KalBar, Satu Warga Meninggal Dunia

Kristianto menyebut Gunung Semeru memang kerap mengalami erupsi atau letusan. Namun letusan kali ini mengarah ke Besuk Kobokan Desa Supit Utang Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

PVMBG terus memantau aktivitas Gunung Semeru melalui pos pengamatan. Ada dua cara secara visual dan dan menggunakan alat-alat monitoring yang di tempatkan di beberapa tempat.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Danang Maharsa menyerahkan bantuan sosial berupa kursi roda kepada Suranti, warga Kujonsari, Tundan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, yang mengalami Stroke. (Foto: Humas Sleman)

News

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa Serahkan Kursi Roda untuk Suranti
Sebagai upaya meningkatkan nilai dan kualitas produknya makin sesuai dengan standar internasional dan ramah lingkungan, PT Kilang Pertamina Indonesia akan memproduksi bahan bakar minyak (BBM) dan produk petrokimia berstandar Euro V. (Foto: PT Pertamina)

News

Pertamina Akan Produksi BBM dan Produk Petrokimia Berstandar Euro V
BPBD Kabupaten Kudus bersama pihak terkait bergotong royong membenahi atap rumah warga di Kecaatan Undaan yang terdampak angin kencang, Jumat (22/10). (Foto:BPBD Kabupaten Kudus)

News

180 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Kabupaten Kudus
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan ke RSUD Wonogiri. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Kunker ke Wonogiri, Ganjar Pranowo Diwaduli Beban Pasien Luar Provinsi
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Gempa Bumi Pacitan M 4,8 Juga Dirasakan Warga Yogyakarta
Buntut dari protes bupati/wali kota di Jateng, Ganjar Pranowo mengecek langsung data vaksinani ke lapangan. (Foto: Humas Jateng)

News

Sejumlah Bupati/Wali Kota di Jateng Protes Ketersediaan Vaksin
Presiden Joko Widodo resmikan Bandara Ngloram, Blora, Jumat (17/12/2021). (Foto: Istimewa/BPMI)

News

Resmikan Bandara Ngloram, Presiden Jokowi: Percepat Aktivitas Ekonomi di Jateng
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di SDN 3 Nglinduk, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (5/1/2022). (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Tinjau Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Grobogan