Home / Peristiwa

Rabu, 9 Februari 2022 - 15:20 WIB

PWI Berharap Gelombang Digitalisasi Bisa Memperkuat Industri Pers Nasional

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Kendari – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berharap, gelombang digitalisasi global bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memperkuat industri nasional, khususnya industri digital dan pers nasional.

Gelombang digitalisasi itu, telah menerpa seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia yang memiliki potensi pasar sangat besar dengan didominasi generasi muda.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari, mengatakan potensi tersebut ibarat tambang emas yang diperebutkan oleh perusahaan raksasa digital global, sebagai sasaran berbagai produk mereka, sehingga tak bisa dibiarkan begitu saja.

“Tdak semestinya kita membiarkan diri menjadi objek-objek eksploitasi para raksasa digital global, jangan sampai kita besar hanya sebagai pasar produk-produk teknologi informasi,” ujar Ketua PWI Pusat dalam sambutannya di puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang digelar secara hibrid (luring dan daring) dari kawasan Masjid Al-Alam Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Utara (Sultra) pada Rabu (9/2/2022).

Baca juga   Peringati HPN 2022, Wisma PWI Dapat Kejutan dari Diskominfo Batang

Puncak peringatan HPN 2022 turut dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republi Indonesia (DPR-RI) Puan Maharani secara daring, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Bambang Soesatyo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, Sembilan Gubernur (Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua dan Papua Barat), dan sejumlah pejabat daerah yang hadir secara langsung.

Atal berpendapat pemerintah dan para pemangku kepentingan harus berkolaborasi untuk membangun kedaulatan digital nasional dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki secara optimal.

“Kita harus menempatkan diri secara baik dalam pertandingan digitalisasi global untuk kepentingan nasional,” imbuhnya.

Ketua PWI juga menekankan pentingnya regulasi hak penerbit (publisher rights) dalam rangka membangun kedaulatan digital dan keberlanjutan industri media nasional.

Baca juga   20 Tokoh dan Destinasi Wisata Boyong Penghargaan Anugerah Pariwisata PWI Jateng 2022, Ini Daftarnya

Pemerintah, diharapkan bisa berkolaborasi dalam merilis regulasi mengenai hak penerbit yang susunan atau draft rancangannya telah diserahkan pada Oktober 2021 lalu.

“Memang draft-nya belum sempurna, namun sekarang bola di tangan pemerintah, mohon Bapak Presiden Joko Widodo berkenan menginstruksikan kementerian yang terkait untuk memprosesnya,” katanya.

Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh, menambahkan gempuran digital global yang menyebabkan terjadiknya digital feudalism (feodalisme digital), adalah salah satu persoalan yang dihadapi insan pers nasional.

Untuk mengantisipasinya, katanya, Indonesia membutuhkan regulasi mengenai hak penerbit yang saat ini masih digodok oleh pemerintah.

“Kami ucapkan terima kasih atas dorongan dari presiden untuk segera membentuk payung yang bisa memayungi kawan-kawan dari feodalisme digital itu bisa segera terealisir,” pungkasnya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Satpol PP Kota Yogyakarta melakukan pemeriksaan acak terkait dokumen kesehatan untuk protokol kesehatan untuk mencegah sebaran Covid-19 di salah satu tempat khusus parkir wisata. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Perketat PPKM Mikro, Jam 8 Malam Resto dan Kafe Harus Tutup
Tetenger Markas Gerilya Sub-Wehrkreise (SWK) 101/WK III sektor I di Kampung Kadipaten Wetan. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Renovasi Tetenger Markas Gerilya SWK 101 Perkuat Yogya Kota Perjuangan
Satuan Samapta (Sat Samapta) Polres Blora Polda Jawa Tengah menggelar latihan bongkar pasang senjata api laras panjang. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Asah Kemampuan, Polres Blora Gelar Latihan Bongkar Pasang Senjata
Pengukuhkan pengurus Forum Komunikasi UMKM Kapanewon Mlati di Pendopo Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Rabu (9/2/2022). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Forkom UMKM Mlati Dikukuhkan, Diharap Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku Usaha
Alumni 86 SMPN Cicurug dan perwakilan anak yatim dan guru pendidik berfoto bersama usai acara. (Foto: Dokumentasi 86)

Peristiwa

Angkatan 86 SMPN Cicurug Sukabumi Berbagi untuk Guru dan Anak Yatim
Awan panas guguran Gunung Merapi, Kamis (10/3/2022) pukul 7.33 WIB. (Foto: BPPTKG)

Peristiwa

Gunung Merapi 12 Kali Muntahkan Awan Panas, Ratusan Warga Sempat Mengungsi
Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Dari Paket Obat, Oksigen dan Infus Gratis Dibagikan kepada Warga Isoman
Patroli terpadu menyisir peredaran rokok ilegal di Pasar Wadaslintang Wonosobo. Foto: Dikominfo Kab.Wonosobo

Peristiwa

Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Tim Gabungan Sisir Pasar Wadaslintang