Home / Olga

Minggu, 10 Oktober 2021 - 00:32 WIB

Raih 7 Medali Emas, Jatim Juara Umum Panahan PON XX

Kontingen Jawa Timur keluar sebagai juara umum cabor panahan di PPON XX 2021 dengan 7 medali emad dan 2 perak.(Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Kontingen Jawa Timur keluar sebagai juara umum cabor panahan di PPON XX 2021 dengan 7 medali emad dan 2 perak.(Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

NYATANYA.COM, Jayapura – Kontingen Jawa Timur keluar sebagai juara umum cabang olahraga (cabor) panahan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua, setelah menambah tiga medali emas yang didapat dari nomor nasional.

Laga final berlangsung di arena panahan, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (9/10/2021). Dua atlet Jatim saling berebut emas di nomor nasional perorangan yakni Bunga Arbela dan Ayu Mareta Dyasari.

Bunga berhak atas medali emas setelah mengalahkan rekannya dengan skor 6-0. Ayu Mareta pun harus puas dengan medali perak.

Sedangkan medali perunggu didapat Nashwa Wibowo dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Nashwa mengalahkan rekan sedaerah, Syafa Aliefsya Ramadhan dengan skor 6-0.

Di nomor nasional beregu putri, Bunga Arbela kembali mendapatkan emas bersama Wika Asnunik dan Ayu Mareta. Mereka membungkam wakil DIY yang perkuat Fauzia Putri Pertiwi, Nashwa Wibowo, dan Syafa Aliefsya Ramadhan.

Baca juga   Ammar Hudzaifah Sumbang Medali Emas untuk Jawa Tengah

Skor akhirnya 6-2. Medali perunggu nomor ini diraih DKI Jakarta usai mengalahkan Bali dengan skor 6-2. Sedang di nomor nasional campuran, Bunga Arbela dan Ardian Indra Dewantara turut menyumbangkan medali emas.

Di partai final, keduanya unggul atas Nashwa Wibowo dan Lisnawanto Putra asal DIY dengan skor 6-2. Sedangkan medali perunggu didapat tim DKI Jakarta usai mengalahkan Kalimantan Timur dengan skor 6-0. Sebenarnya, tim panahan Jatim berpeluang menambah satu medali emas dari nomor nasional.

Namun, Ardian yang turun di nomor nasional perorangan putra harus puas dengan medali perak. Ia kalah dari wakil DKI Zaki Malique Lyadin dengan skor 7-3. Meski satu emas dari nomor nasional lepas, tim panahan Jatim tetap menjadi juara umum.

Baca juga   DIY Targetkan 11 Medali di PON XX 2021 Papua

Pelatih panahan Jatim Lilies Handayani mengaku puas dengan capain timnya. Gelar ini merupakan yang kesepuluh kalinya. Semuanya berkat kerja keras atlet dan official. “Di nomor nasional, targetnya 2 emas. Tapi dapat 3 (emas). Bunga dapat 3 emas,” kata Lilies.

Sebelumnya, tim panahan Jatim sudah mendapatkan 4 medali emas di PON XX 2021 Papua. Yakni dari nomor recurve perorangan putri, recurve beregu putri, recurve campuran, dan compound beregu putri.

Capaian tim panahan Jawa Timur meraih juara umum tersebut merupakan kesepuluh kalinya sepanjang perhelatan multieven olahraga nasional. Tim panahan Jawa Timur mengumpulkan 7 medali emas dan 2 perak. (*)

Share :

Baca Juga

Pasangan ganda putri, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah mencatat sejarah di pesta Paralimpiade dengan medali emas pertama untuk Indonesia melalui cabang para bulutangkis. (Foto:dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Sejarah! Leani Ratri/Khalimatus Raih Medali Emas Pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020
Chico Aura Dwi Wardoyo. Foto: pbsi.id

Olga

Pebulutangkis Asal Papua Chico Aura Juara Tunggal Putra Malaysia Masters 2022
Leani Ratri Oktila menjadi penerima bonus paling besar dari pemerintah Indonesia. (Foto: Dokumentasi NPC Indonesia)

Olga

Bonus Rp13,5 Miliar dari Pemerintah untuk Leani Ratri Oktila
Foto: Penrem072/PMK

Olga

Danrem 072 Cup – Open Golf Tournamen 2022, Hole In One Diraih Pegolf Cilacap
Mobil listrik Garuda EV-22 UNY menyabet tiga penghargaan pada Kejuaraan Formula Electric Student Championship (FESC) Indonesia International Motor Show (IIMS). Foto: Istimewa

Olga

Garuda EV-22 Sabet Tiga Penghargaan di Formula Electric Student Championship IIMS 2022
Dua pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Pol Espargaro. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Satgas Covid-19)

Olga

Marc Marquez dan Pol Espargaro: Ayo Pakai Masker dan Vaksinasi Covid-19
Atlet binaraga Papua Oto Gidion Wantik memegang medali emas binaraga kelas 65 kilogram PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021). Oto Gidion Wantik meraih medali emas, medali perak diraih atlet binaraga DIY Bambang Sujatmoko dan medali perunggu diraih atlet binaraga Jawa Timur Kariyono. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH/tom)

Olga

Tuan Rumah PON Papua Mengukir Sejarah
Foto: Inaspoc

Olga

Belum Terkalahkan, Timnas Sepak Bola CP Indonesia Pastikan Masuk Final