Home / Peristiwa

Jumat, 17 September 2021 - 22:07 WIB

Raih Paritrana Award 2020, Pemda DIY Terus Komitmen Berikan Jaminan Ketenagakerjaan

Sri Sultan menerima penyerahan hadiah Paritrana Award Tahun 2020 berupa satu unit mobil dari BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sri Sultan menerima penyerahan hadiah Paritrana Award Tahun 2020 berupa satu unit mobil dari BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan akan terus mendorong implementasi Peraturan Gubernur tentang Optimalisasi Kepesertaan dan Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di DIY. Hal ini dalam rangka mendukung Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021.

Demikian yang disampaikan Sri Sultan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (17/9/2021), usai menerima penyerahan hadiah Paritrana Award Tahun 2020 berupa satu unit mobil. Hadiah ini diberikan atas prestasi Pemda DIY yang berhasil menjadi Terbaik I untuk kategori Pemerintah Provinsi pada Paritrana Award 2020.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah DIY, mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah melalui Paritrana Award Tahun 2020. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi yang baik antara pemerintah provinsi dan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja di wilayah DIY, termasuk di dalamnya pekerja non-ASN, dalam hal ini tenaga bantu (Naban) Pemda DIY, serta para pekerja rentan,” ujar Sri Sultan.

Baca juga   BPPTKG Perluas Radius Bahaya Erupsi Merapi Hingga 7 Kilometer

Gubernur DIY pun mengungkapkan, beragam upaya telah dilakukan oleh Pemda DIY dalam mewujudkan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja. “Di antaranya melalui sinergitas antara Pemda DIY dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk regulasi mengenai Pelaksanaan Pengawasan dan Perlindungan Ketenagakerjaan di DIY,” terang Sri Sultan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo mengatakan, yang membuat DIY bisa memenangkan penghargaan ini tentu saja karena komitmen dari Gubernur DIY dengan program Sapta Upaya Paritrana atau Tujuh Upaya Paritrana.

“Paritrana itu sendiri dari Bahasa Sansekerta yang artinya perlindungan, sehingga program ini tujuan utamanya ialah memberikan program perlindungan kepada seluruh pekerja di wilayah DIY. Dan ini rasanya bisa menjadi dorongan bagi daerah lain supaya punya program yang sama,” paparnya.

Anggoro pun mengungkapkan, tujuan BPJS Ketenagakerjaan melalui Paritrana Award ini ialah ingin menjaga semua pihak untuk bersama-sama mendorong adanya jaminan tenaga kerja sesuai Inpres Nomor 2 Tahun 2021. Inpres ini mengamanatkan kepada seluruh lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk memastikan para pekerja di wilayahnya terlindungi dengan program-program yang dibuat oleh pemerintah daerah.

Baca juga   Jika Diizinkan Manggung, Pekerja Seni Grobogan Siap Jalankan Prokes Ketat

Ketua Panitia Tingkat Pusat Paritrana Award 2020, Tb. Achmad Choesni pun mengatakan, hadiah dan penghargaan ini sangat kecil dibandingkan komitmen yang diperlihatkan oleh Gubernur DIY. Selain komitmen dari pemerintah daerah, inti dari penghargaan ini ialah hasil yang dicapai dari komitmen yang telah dijalankan.

“Kami bersyukur, kali ini bisa datang langsung, sehingga bisa diperlihatkan dan dibuktikan soal komitmen yang telah dilakukan oleh Pemda DIY, ternyata sangat banyak dalam perlindungan tenaga kerja di DIY. Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran yang menarik untuk kepala daerah lain,” imbuhnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Ganjar Pranowo Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK
Kehadiran mahasiswa ISI Surakarta ke KWT Ngudi Makmur diterima langsung oleh Margareta Pety Aryani S.Ag selaku ketua Kelompok Wanita Tani, yang sekaligus mengantar rombongan melihat dari dekat kebun sayur mayur, demplot zona pembibitan, dan demplot zona pembesaran. (Foto: Dok.ISI Surakarta)

Peristiwa

Kunjungi KWT Ngudi Makmur, Belasan Mahasiswa Desain ISI Surakarta Siapkan Progam Pelatihan
Travel dialog museum diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Rabu (23/3/2022) di Hotel Batiqa Kota Cirebon. (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Masyarakat Cirebon Antusias Ikuti Travel Dialog Museum Sleman
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melepas Tagana dan TKSK yang bertugas membagikan souvenir kemerdekaan kepada para Perintis Kemerdekaan dan Janda Perintis Kemerdekaan, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (13/8/2022). Foto: MC Diskominfo Prov Jatim

Peristiwa

Pemprov Jatim Bagikan Souvenir Kemerdekaan kepada Ratusan Perintis dan Janda Kemerdekaan
Penghimpunan zakat aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah (Baznas) Jateng sepanjang 2021 tembus Rp57 miliar. Selain untuk pengentasan kemiskinan, hasil zakat juga digunakan untuk rehab pondok pesantren, masjid, madrasah, serta beasiswa. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Tembus Rp57 Miliar, Zakat ASN Pemprov Jateng untuk Entaskan Kemiskinan
Pemkot Bengkulu menutup sementara tempat hiburan Karaoke Ayu Ting Ting di Kelurahan Penurunan setelah tamu dan pemandu lagu (PL) meninggal dunia di lokasi tersebut. Foto: Ist/Antara

Peristiwa

Pemkot Bengkulu Tutup Karaoke Ayu Ting Ting, Pasca Dua Tamu Meninggal
Dalam sepekan, RCTD Cawas bisa enam sampai tujuh kali melakukan operasi tangkap tawon atau OTT. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Hati-hati Lur, Musim Hujan Tawon Vespa Merebak
Penandatanganan kerjasama Dekranasda Jateng dengan Bank Jateng yang mendukung pengadaan ruang pamer tersendiri di Yogyakarta Internasional Airport. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Angkat Produk UKM Kriya, Dekranasda Jateng Buka Ruang Pamer di YIA