Home / Peristiwa

Jumat, 17 September 2021 - 22:07 WIB

Raih Paritrana Award 2020, Pemda DIY Terus Komitmen Berikan Jaminan Ketenagakerjaan

Sri Sultan menerima penyerahan hadiah Paritrana Award Tahun 2020 berupa satu unit mobil dari BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sri Sultan menerima penyerahan hadiah Paritrana Award Tahun 2020 berupa satu unit mobil dari BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan akan terus mendorong implementasi Peraturan Gubernur tentang Optimalisasi Kepesertaan dan Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di DIY. Hal ini dalam rangka mendukung Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021.

Demikian yang disampaikan Sri Sultan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (17/9/2021), usai menerima penyerahan hadiah Paritrana Award Tahun 2020 berupa satu unit mobil. Hadiah ini diberikan atas prestasi Pemda DIY yang berhasil menjadi Terbaik I untuk kategori Pemerintah Provinsi pada Paritrana Award 2020.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah DIY, mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah melalui Paritrana Award Tahun 2020. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi yang baik antara pemerintah provinsi dan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja di wilayah DIY, termasuk di dalamnya pekerja non-ASN, dalam hal ini tenaga bantu (Naban) Pemda DIY, serta para pekerja rentan,” ujar Sri Sultan.

Baca juga   Hari Ini 1.383 Warga DIY Sembuh Covid-19, Meninggal 15 Orang

Gubernur DIY pun mengungkapkan, beragam upaya telah dilakukan oleh Pemda DIY dalam mewujudkan perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja. “Di antaranya melalui sinergitas antara Pemda DIY dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk regulasi mengenai Pelaksanaan Pengawasan dan Perlindungan Ketenagakerjaan di DIY,” terang Sri Sultan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo mengatakan, yang membuat DIY bisa memenangkan penghargaan ini tentu saja karena komitmen dari Gubernur DIY dengan program Sapta Upaya Paritrana atau Tujuh Upaya Paritrana.

“Paritrana itu sendiri dari Bahasa Sansekerta yang artinya perlindungan, sehingga program ini tujuan utamanya ialah memberikan program perlindungan kepada seluruh pekerja di wilayah DIY. Dan ini rasanya bisa menjadi dorongan bagi daerah lain supaya punya program yang sama,” paparnya.

Anggoro pun mengungkapkan, tujuan BPJS Ketenagakerjaan melalui Paritrana Award ini ialah ingin menjaga semua pihak untuk bersama-sama mendorong adanya jaminan tenaga kerja sesuai Inpres Nomor 2 Tahun 2021. Inpres ini mengamanatkan kepada seluruh lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk memastikan para pekerja di wilayahnya terlindungi dengan program-program yang dibuat oleh pemerintah daerah.

Baca juga   Belum Memungkinkan Terima Vaksin, PTM SD dan PAUD Harus Diwaspadai

Ketua Panitia Tingkat Pusat Paritrana Award 2020, Tb. Achmad Choesni pun mengatakan, hadiah dan penghargaan ini sangat kecil dibandingkan komitmen yang diperlihatkan oleh Gubernur DIY. Selain komitmen dari pemerintah daerah, inti dari penghargaan ini ialah hasil yang dicapai dari komitmen yang telah dijalankan.

“Kami bersyukur, kali ini bisa datang langsung, sehingga bisa diperlihatkan dan dibuktikan soal komitmen yang telah dilakukan oleh Pemda DIY, ternyata sangat banyak dalam perlindungan tenaga kerja di DIY. Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran yang menarik untuk kepala daerah lain,” imbuhnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSUD Bung Karno. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

25 Eks Napiter di Solo Jalani Vaksinasi
Gubernur DIY dan Wakil Gubernur melaksanakan syawalan secara virtual. Foto: nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Gubernur DIY Gelar Halal-bihalal Secara Virtual
Sosialisasi dan pelatihan aplikasi Si Asmara. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Si Asmara, Aplikasi Surat Menyurat Terobosan Dinkes Temanggung
Ganjar Pranowo melihat progres pembangunan SMAN Tawangmangu. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Progres Pembangunan Sudah 15 Persen, Ganjar Berharap SMAN Tawangmangu Jadi Center of Excellence
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam kunjungan kerjanya di Yogyakarta, Jumat (16/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Shelter Covid-19 Inisiatif UGM, Alternatif Kurangi Beban Rumah Sakit
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Hari Keempat PPKM Darurat, Walikota Yogya Sidak ke Pasar Kranggan
Logo Kota Magelang. (Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pemkot Magelang Buka Seleksi Enam Jabatan Pimpinan Tinggi
Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa meninjau screening donor plasma konvalesen. (Foto:Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Aksi Gotong Royong Skrining Donor Plasma Konvalesen