Home / News

Rabu, 6 April 2022 - 13:46 WIB

Ramadan hingga Idulfitri, Stok Pangan di Jateng Aman

Foto: Diskominfo Jateng

Foto: Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan kondisi stok pangan di Jateng aman. Bahkan untuk komoditas beras, jagung dan kedelai mengalami surplus.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jawa Tengah, Dyah Lukisari mengatakan, sejumlah komoditas strategis dipastikan berkecukupan. Selain beras, jagung dan kedelai, telur ayam pun surplus.

“Dishanpan sesuai dengan tugasnya melakukan kebijakan di bidang pangan dari tiga aspek yakni ketersediaan, keterjangkauan, dan keamanan pangan,” ujar Dyah, saat dikonfirmasi Rabu (6/4/2022).

Dyah menyebut, komoditas beras di Jawa Tengah diperkirakan surplus hingga 1,2 juta ton, pada April ini. Hal serupa dialami oleh komoditas jagung yang surplus 2,9 juta ton, dan kedelai surplus 651 ribu ton.

Sementara itu, bawang merah surplus 66 ribu ton, cabai surplus 43 ribu ton, telur ayam surplus 21 ribu ton, dan gula pasir surplus 38 ribu ton.

Baca juga   Kasus Corona Terus Melonjak, Klaten Siapkan Isolasi Terpusat di Tiap Kecamatan

“Surplus tersebut diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan penduduk Jawa Tengah hingga Hari Raya Idul Fitri nanti,” ungkapnya,

Meski demikan, Dyah menyebut ada beberapa komoditas yang menjadi perhatian Dishanpan. Di antaranya bawang putih, daging sapi, dan daging ayam.

Ketiga komoditas tersebut pada April diperkirakan akan defisit stok. Namun, Dyah menekankan agar masyarakat tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

“Ketiga komoditas yang posisinya defisit, akan dipenuhi dari daerah lain di Indonesia. Khusus bawang putih karena produksi dalam negeri tidak mencukupi, ketersediaanya akan dipenuhi dari produk impor yang merupakan kewenangan pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional,” jelasnya.

Baca juga   Keberagaman Budaya Indonesia Warnai Peringatan Sumpah Pemuda di Jateng

Dyah membeberkan, harga beberapa komoditas strategis memang sudah mengalami kenaikan. Namun, hal itu menurutnya wajar, karena adanya peningkatan permintaan.

Beberapa komoditas yang sudah mengalami kenaikan harga pada awal Ramadan yakni daging sapi, daging ayam, cabai merah, dan gula pasir. Sementara, pada komoditas lain, harganya terpantau stabil. Seperti, beras premium di Jawa Tengah rata-rata masih dijual dengan harga Rp11.500 per kilogram dan bawang merah Rp28.550 per kilogram.

“Komoditas beras dan bawang merah masih stabil harganya di bulan April. Kami harap masyarakat tetap tenang dan tidak melakukan panic buying terhadap berbagai komoditas pangan tersebut. Karena Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjamin ketersediaan berbagai komoditas tersebut,” tutupnya.

(Pd/Ul/N1)

Share :

Baca Juga

Vaksinasi Covid-19 anak di Kabupaten Batang sampai saat ini belum dapat terlaksana, karena harus menunggu vaksinasi untuk kalangan dewasa, baik masyarakat umum maupun Lanjut usia (Lansia) mencapai target yang diharapkan. (Foto: MC Batang)

News

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Batang Belum Bisa Dilakukan, Ini Alasannya
Petugas dinas pariwisata memeriksa suhu peziarah di gerbang masuk Kawasan Wisata Makam Presiden Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (21/9/2021). Pemkot Blitar mulai mengujicoba pembukaan kawasan wisata tersebut dengan penerapan prokes ketat seperti pemeriksaan sertifikat vaksin Covid-19 kepada para pengunjung atau peziarah, hingga pembatasan jumlah peziarah sebanyak 25 orang di dalam kawasan wisata, seiring menurunnya level PPKM di daerah itu menjadi level 2. (ANTARA FOTO/Irfan Anshori/wsj)

News

Kasus Covid-19 Turun Hingga 99 Persen, Menko Marves: Makin Terkendali
Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Ditjen IKP Kominfo

News

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Ciri-ciri Investasi Bodong yang Perlu Kamu Tau
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Minta Jajarannya Ambil Langkah Cepat Tangani Cacar Monyet
Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres)

News

Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran Asal Sudah Vaksin Lengkap
Dirjen Hubdat, Budi Setiyadi. (Foto: Kemenhub)

News

Operator Kapal Diimbau Waspadai Erupsi Gunung Anak Krakatau
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Covid-19 DIY Hari Ini: Tambah 198 Kasus Positif, Sembuh 648, Meninggal 15 Pasien
Polda DIY menggelar upacara Serah Terima Jabatan terhadap lima Pejabat Utama di lingkungan Polda DIY, Senin 11 Juli 2022. Foto: @poldajogja

News

Polda DIY Ganti 4 Pejabat Utama dan 1 Kapolres, Berikut Nama-nama dan Posisinya