Home / News

Rabu, 26 Juni 2024 - 13:33 WIB

Rangkaian Haji Usai, Rombongan Haji Mojokerto Laksanakan Ibadah Mandiri dan Berburu  Oleh-oleh

Rombongan haji kloter Mojokerto usai melaksanakan rangkaian  ibadah haji dan saat ini tengah malaksanaka ibdah mandiri.  (Foto: H Muhammad Sirojuddin S.Ag)

Rombongan haji kloter Mojokerto usai melaksanakan rangkaian ibadah haji dan saat ini tengah malaksanaka ibdah mandiri. (Foto: H Muhammad Sirojuddin S.Ag)

NYATANYA.COM, Makkah – Seluruh jamaah haji seluruh dunia telah usai melaksanakan rangkaian proses ibadah haji. Demikian pula halnya para jamaah haji kloter 65 asal Mojokerto. Proses dan rangkaian ibadah haji telah dilaksanakan dengan baik serta khusuk. Sementara, sembari menunggu jadwal kepulangan kembali  ke tanah air, para jamaah memanfaatkannya dengan melaksanakan ibadah mandiri.

Koresponden Nyatanya.Com yang juga sekaligus ketua rombongan haji kloter 65 SUB Mojokerto,  H Muhammad Sirojuddin S.Ag melaporkan langsung dari Arab Saudi menyampaikan, bahwasannya seluruh para jamaah asal Mojokerto saat ini dalam keadaan sehat, kendati suhu atau cuaca di Arab Saudi masih cukup panas.

Baca juga   Kasus Pemaksaan Hijab di SMAN 1 Banguntapan, MY Esti Wijayati: Pentingnya Memperkuat Moderasi Beragama di Institusi Pendidikan

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian ibadah haji telah dilaksanakan dengan baik, lancar dan khusuk. Para jamaah dalam kondisi sehat. Dn saat ini mayoritas jamaah tengah melaksanakan ibadah secara mandiri,” papar Muhammad, Rabu (26/6/2024) siang waktu Arab Saudi.

Sementara dijelaskannya pula, sebagaian jamaah juga ada yang memanfaatkan waktu dengan berburu oleh-oleh khas tanah suci Arab Saudi sebagai buah tangan saat tiba kembali di tanah air.

“Sebagian ada yang jalan-jalan berbelanja oleh-oleh,” sambungnya.

Disampaikan Muhammad, kondisi cuaca yang sangat menyengat sejak kedatangan di Tanah Suci Makkah hingga saat ini, memang diakuinya menjadi                                                                                 perhatian khusus seluruh PPIH. Namun demikian dirinya mersa bersyukur bahwa seluruh jamaah kloter Mojokerto dalam kondisi sehata.

Baca juga   Lantik 18 Kajati Baru, Jaksa Agung Minta Kedepankan Hati Nurani

“Dari seluruh jamaah rombongan Mojokerto, ada satu jamaah yang meninggal dunia atas nama H Mohammad Sochib asal Mangelo Tengah, Sooko, Mojokerto. Almarhum meninggaldi RS Awwad Bishri, Makkah dan sudah dimakamkan,” jelas Muhammad.

Dilanjutkannya, sesuai agenda dan jadwal pada tanggal 29 Juni mendatang rombongan kolter 65 bakal bergeser dari Makkah ke Madinah untuk selanjutnya menunggu jadwal kepulangan ke tanah.

“Insyallah, rombongan haji kloter 65 USB Mojokerto akan tiba kembali di tanah air pada 10 Juli 2024,” pungkasnya.  (Laporan langsung H Muhammad Sirojuddin S.Ag)

Share :

Baca Juga

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Sumadi sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo, Minggu 22 Mei 2022. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Gubernur DIY Lantik Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Serahkan BLT BBM bagi Peserta Program PKH di Maluku Tenggara
GKR Hemas menanam pohon nangka di area Hutan Tematik Wana Boga, Candi, Karangmojo, Gunungkidul. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Penuhi Bahan Baku Gudheg, DIY Siapkan 96 Hektar Hutan Nangka
Kemendikbudristek melalui Ditjen Diksi menerbitkan 27 Surat Keputusan (SK) Izin Pembukaan Program Studi Diploma Dua (D-2) Jalur Cepat atau D-2 Fast Track. Foto: Kemendikbudristek

News

Kemendikbudristek Terbitkan 27 Izin Pembukaan Prodi D-2 Jalur Cepat, Ini Daftarnya
Foto: Dok.AP II

News

Angkasa Pura II Catat Kebangkitan Lalu Lintas Penerbangan, Lima Sinyal Ini Jadi Ukuran
Seorang penyelam berpakaian Santa Claus memberi makan penyu di Sea World, Ancol, Jakarta. Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan/nym.

News

Foto: Perunjukan Santa Claus di Dalam Air
Roy Suryo. Foto: Antara

News

Roy Suryo Tersangka Kasus Meme Stupa Candi Borobudur, Tapi Belum Ditahan
Foto: BPMI Setpres

News

Dukung Kreativitas Citayam Fashion Week, Presiden: Jangan Tabrak Aturan