Home / Peristiwa

Senin, 12 Juli 2021 - 10:55 WIB

RAPI 51 55 Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Mertoyudan

Relawan RAPI melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan Balai Desa Danurejo Mertoyudan Magelang.(Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Relawan RAPI melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan Balai Desa Danurejo Mertoyudan Magelang.(Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Penyemprotan cairan disinfektan digelar Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 51 55 Kecamatan Mertoyudan, di Desa Bondowoso dan Desa Danurejo, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Minggu (11/7/2021).

Ketua Lokal RAPI Mertoyudan, Iwan Hermawan, mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh unsur Babinkamtibmas dan Babinsa, serta unsur Satgas Covid-19 Pemdes masing-masing, ditambah 20 personil RAPI 51 55.

“Untuk wilayah Desa Danurejo Kecamatan Mertoyudan terdapat 23 titik penyemprotan, dan untuk Desa Bondowoso ada delapan titik penyemprotan.

Dengan prioritas lokasi penyemprotan adalah lingkungan rumah warga yang sedang melaksanakan isolasi mandiri, tempat ibadah, poskamling, serta ruang publik,” ucap Iwan.

Baca juga   Isolasi Terpusat Tetap Menjadi Prioritas Tangani Pasien Covid-19

Iwan mengatakan anggaran untuk melaksanakan kegiatan tersebut berasal dari swadaya.

“Anggaran dari swadaya masyarakat. Pada minggu lalu kami melaksanakan penyemprotan disinfektan di Pasar Desa Danurejo, dan pada minggu depan rencananya penyemprotan di wilayah Desa Banyurojo dan Banjarnegoro Kecamatan Mertoyudan,” paparnya.

Sekretaris Desa Danurejo, Andi Riwayanto mengatakan di wilayah Desa Danurejo, warga yang melakukan isolasi mandiri cukup banyak. Dalam kurun waktu Juni hingga Juli terdapat 55 warga isolasi mandiri di rumah.

Baca juga   Wawali Heroe Poerwadi Buka Rakerda Pewarna Indonesia Pengda DIY

“Dari 55 warga tersebut, sudah selesai melaksanakan isolasi mandiri 13 orang. Adapun warga yang meninggal dunia akibat Covid-19 dalam bulan Juni dan Juli ada 10 warga,” terang Andi.

Andi menambahkan, dalam kegiatan penyemprotan disinfektan ini juga dilaksanakan sosialisasi penegakan protokol kesehatan dan motivasi dorongan moril kepada warga yang melakukan isolasi mandiri.

“Harapannya, penyebaran Covid-19 dapat berkurang di desa kami, dan warga yang isolasi mandiri segera sembuh,” harapnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo sidak ke RSUD Dr M Ashari Pemalang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Stok Oksigen Aman, PCR Pemalang Siap Dioperasikan
Akses ke objek wisata Rowo Jombor ditutup. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Akses Jalan Masuk Objek Wisata Rawa Jombor Ditutup
Kandang ayam milik salah satu peternak ayam broiler atau ayam potong di Desa Pusporenggo tampak kosong, menurut pemilik peternakan Radityo Herlambang pengiriman bibit ayam sedikit terganggu adanya PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

PPKM Diperpanjang, Peternak Ayam Broiler Kesulitan Jual Hasil Panen
Bupati Boyolali M. Said Hidayat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Berhasil Menekan Kasus Covid-19, Gerakan Boyolali di Rumah Saja Diperpanjang
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto saat meninjau tempat isolasi terpusat Kabupaten Klaten di GOR Gelarsena. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Peristiwa

Airlangga : Masyarakat Wajib Dukung Isolasi Terpusat
Sejumlah ahli Geodesi dari ITB saat berkunjung ke rumah dinas Gubernur jawa Tengah, Ganjar Pranowo membahas penanganan persoalan rob dan banjir yang melanda pesisir Jateng. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Penanganan Rob dan Banjir Pesisir Jateng Sudah “On The Track”
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menyerahkan bantuan konsentrator oksigen kepada Pemkab Karanganyar dan Pemkab Sukoharjo. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Soloraya Harus Kompak Lawan Pandemi, Gibran Serahkan Bantuan Konsentrator Oksigen
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk lansia. Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng

Peristiwa

Sukoharjo Genjot Vaksinasi untuk Lansia