Home / Peristiwa

Jumat, 11 Februari 2022 - 19:01 WIB

Ratusan Anak Terdampak Covid-19 di Kabupaten Semarang Terima Bantuan Kemensos


Di Kabupaten Semarang, total anak yang diusulkan mendapat bantuan sebanyak 1.365 orang anak. Dan pada tahap pertama, bantuan diberikan kepada 630 orang anak. Sisanya, masih menunggu proses verifikasi dari pusat. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Di Kabupaten Semarang, total anak yang diusulkan mendapat bantuan sebanyak 1.365 orang anak. Dan pada tahap pertama, bantuan diberikan kepada 630 orang anak. Sisanya, masih menunggu proses verifikasi dari pusat. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Sebanyak 630 orang anak terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Semarang mendapat bantuan uang tunai dari Kementerian Sosial RI.

Pekerja sosial Kementerian Sosial RI Prisma Rizky Rahmasi menyampaikan, mereka yang mendapatkan bantuan adalah anak yatim atau piatu, yang salah satu atau kedua orang tuanya meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

“Bantuan diberikan langsung ke rekening bank orang tua yang masih ada ataupun wali anak,” terang Prisma saat ditemui di sela-sela pembagian buku tabungan dan kartu ATM kepada penerima, di ruang pertemuan Kantor Kecamatan Tengaran, Jumat (11/2/2022) siang.

Disampaikan, para penerima diusulkan oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) melalui aplikasi khusus Kemensos RI. Sedangkan kuota bantuan ini, sepenuhnya juga ditentukan oleh Kemensos RI.

Baca juga   Atasi Gagal Panen karena Cuaca, Petani Tembakau Sebaiknya Terapkan Metode Ini

Di Kabupaten Semarang, lanjutnya, total anak yang diusulkan mendapat bantuan sebanyak 1.365 orang anak. Dan pada tahap pertama, bantuan diberikan kepada 630 orang anak. Sisanya, masih menunggu proses verifikasi dari pusat.

Ditambahkan, setiap bulan, anak yang belum bersekolah mendapat bantuan Rp200 ribu. Jika sudah bersekolah mendapat Rp300 ribu per bulan. Anak-anak itu tersebar di 17 dari 19 kecamatan yang ada.

“Jumlah penerima terbanyak berasal dari Bawen. Sedangkan dua kecamatan yang belum mengusulkan yakni, Bancak dan Kaliwungu,” jelasnya.

Baca juga   Vaksinasi Massal di Kelurahan Bener, Babinsa Sambut Kedatangan Wawali

Kasi Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Semarang Widi Winarsih mengatakan, pihaknya akan terus mengintensifkan peran TKSK dalam mendata anak-anak terdampak Covid-19 tersebut.

“Dua kecamatan yang belum mengusulkan akan didorong untuk mendata lebih teliti. Kemungkinan masih ada anak-anak bernasib serupa yang belum tersentuh bantuan ini,” ujarnya.

Penerima bantuan Lasmini (44), mengaku senang dengan adanya bantuan uang tunai. Warga RT 9 RW 2 Desa Sugihan, Tengaran ini menjanda setelah suaminya meninggal dunia terpapar Covid-19.

“Selama ini bapaknya yang bekerja. Uang bantuan ini, untuk membiayai dua (orang) anak saya yang masih sekolah,” tuturnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Nugroho Joko Prastowo menyerahkan sisa 100 tabung oksigen secara simbolis kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta
Foto: Ist/Ditlantas Polri

Peristiwa

Polda Metro Jaya Resmi Terapkan Tilang ETLE Mobile, Pelanggaran Terbanyak Tak Pakai Helm hingga Main HP
(Foto: MC Prov NTB/Rabuang H)

Peristiwa

Wagub NTB Kunjungi Korban Banjir di Batu Layar
Bincang Suara Diponegoro “Ibu, Kesehatan dan Masa Depan” yang berlangsung di MG Setos Hotel, Selasa (18/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Perempuan Dituntut Selalu Multitasking, Atikoh: Paling Utama Menjadi Ibu
Polisi olah TKP mayat terbakar tanpa kepala di Pantai Marina Semarang. Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

Peristiwa

Polisi Pastikan Mayat Terbakar Tanpa Kepala PNS Semarang Saksi Korupsi
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Rabu (5/1/2022). (Foto: BPMI/Istimewa)

Peristiwa

Presiden Resmikan Bendungan Randugunting yang Pasok Air ke Tiga Kabupaten di Jateng
Polres Bantul menggelar konferensi pers terkait penangkapan 6 remaja yang akan melakukan perang sarung di lapangan Guyengan Bantul. (Foto: Dok.Polres Bantul)

Peristiwa

Polisi Gagalkan Tawuran Geng Pelajar di Bantul, 6 Remaja Berstatus Pelajar Diamankan
Bupati Jepara Dian Kristiandi pada kegiatan pembinaan mental ASN di lingkungan Pemkab Jepara, di SMP Negeri 1 Pecangaan, Selasa (15/2/2022). (Foto; MC Kab.Jepara)

Peristiwa

ASN Jepara Diminta Lebih Peka Terhadap Lingkungan Sekitar