Home / Wisata

Rabu, 6 Oktober 2021 - 13:19 WIB

Ratusan DTW Dibuka, Pemprov Jateng Bangkitkan Wisata Aman

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin saat mengikuti simulasi ujicoba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jumat (17/9/2021). (Foto:Instagram @media_twc)

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin saat mengikuti simulasi ujicoba pembukaan destinasi Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jumat (17/9/2021). (Foto:Instagram @media_twc)

NYATANYA.COM, Semarang – Ratusan daya tarik wisata (DTW) di Jawa Tengah sudah mulai dibuka terbatas. Hal itu sudah melalui pendampingan dan uji coba Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Seksi Pengembangan Daya Tarik Wisata (DTW) Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Riyadi Kurniawan mengatakan, sejauh ini sudah ada 337 DTW yang sudah buka secara terbatas. Dan, ada 84 DTW yang sedang melaksanakan uji coba atau simulasi.

“Kalau total DTW yang ada dalam daftar kami itu ada 690 (DTW). Jadi sudah ada 48 persen dibuka terbatas dan 12 persen simulasi,” ujarnya, Rabu (6/10/2021) dikutip dari portal resmi Pemprov Jateng.

Baca juga   Foto: Penjual Kembang Boreh

Menurut Riyadi, pihaknya terus melakukan pendampingan terhadap DTW di Jawa Tengah agar mampu bangkit. Sebab, selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), DTW tutup.

“Sesuai Inmendagri Nomor 43 Tahun 2021 dan Ingub Jawa Tengah Nomor 14 Tahun 2021, tentang PPKM, kami melakukan penyesuaian untuk pemulihan wisata di Jateng,” tambahnya.

Riyadi juga menambahkan, untuk saat ini telah dilakukan uji coba QR PeduliLindungi pada delapan DTW.

Baca juga   Hotel Meruorah Komodo Siap Dukung G20 dan Asean Summit 2023

“Untuk delapan DTW ini dengan kriteria sudah memiliki sertifikat CHSE, di luar ruangan atau outdoor, berada pada PPKM level 3 untuk uji coba tahap 2, dan PPKM level 2 pada uji coba tahap 1,” ungkapnya.

Dikatakan, pembukaan DTW harus memenuhi persyaratan. Di antaranya sudah melakukan simulasi, mendapat izin Satgas Covid-19 wilayah, dan kebijakan kabupaten/ kota mengizinkan operasional terbatas.

“Semua ini dilakukan agar wisata bisa bangkit, dan aman dari penyebaran virus,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Salah satu destinasi wisata menarik di Kabupaten Klaten. Disbudporapar Klaten terus mengintensifkan penataan kawasan pariwisata di Kota Bersinar. Hal ini sehubungan pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Klaten menjadi single destination tourism. (Foto: Diskominfo Klaten)

Wisata

Disbudporapar Klaten Matangkan Single Destination Tourism
Kegiatan Ruwat Rawat Borobudur oleh komunitas budaya Brayat Panangkaran Borobudur Kabupaten Magelang. Foto: humas/beritamagelang

Wisata

Sambut Bulan Suro, Kirab Budaya Akan Digelar Menuju Candi Borobudur
Di kawasan bukit Situmbu Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal ini wahana eduwisata bernama Taman Syailendra akan dibangun Pemkab Batang. (Foto: MC Batang)

Wisata

Batang Bangun Taman Syailendra Sebagai Wahana Eduwisata Sejarah
Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Wisata

Desa Wisata Nglanggeran Raih Best Tourism Village 2021 dari UNWTO
Pak Wardiman biasa menjajakan dagangannya di Jalan Ipda Tut Harsono, atau lebih tepatnya di timur Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Menikmati Kupat Tahu Racikkan Pak Wardiman yang Khas Yogya, Seporsi Cuma Rp8 Ribu
Setelah melalui evaluasi terhadap keamanan Wahana Ngopi In The Sky Teras Kaca, Pantai Nguluran, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang, Gunungkidul, Pemda DIY memutuskan penghentian alat operasional wahana tersebut. (Foto: tangkapan layar YouTube Update Disini)

Wisata

Pemda DIY Hentikan Mobile Crane Wahana Ngopi In The Sky Teras Kaca, Ini Alasannya
Ganjar Pranowo saat menjajal offroad di Gunung Slamet. Foto: Humas Jateng

Wisata

Jajal Offroad Lereng Gunung Slamet, Ganjar Pranowo Rasakan Sensasi Ini
Grafis: nyatanya.com

Wisata

Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar