Home / Plus

Kamis, 3 Februari 2022 - 11:26 WIB

Ratusan Pelaku UMKM se-Solo Raya Ikuti Pelatihan Digital Marketing

Sebanyak 105 UMKM se-Solo Raya mengikuti pelatihan digital entrepreneurship, yang digelar oleh Pemerintah Kota Surakarta menggandeng Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Sebanyak 105 UMKM se-Solo Raya mengikuti pelatihan digital entrepreneurship, yang digelar oleh Pemerintah Kota Surakarta menggandeng Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Sebanyak 105 UMKM se-Solo Raya mengikuti pelatihan digital entrepreneurship, yang digelar oleh Pemerintah Kota Surakarta menggandeng Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Yogyakarta, di Hotel Harris Kota Surakarta.

Kegiatan yang berlangsung mulai 2 hingga 3 Februari 2022 tersebut untuk melatih pelaku UMKM, agar mampu bersaing dalam digital marketing/online marketing, serta pengelolaan keuangan.

Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa saat membacakan sambutan Wali kota Surakarta mengatakan, pelaku UMKM harus tetap bertahan dan beradaptasi dalam pandemi Covid-19 dengan menggunakan teknologi, untuk membantu mengembangkan usahanya.

“Penjualan secara on line laris sekali. Dan kesempatan kali ini yang digelar Kementerian Kominfo untuk melatih UMKM belajar digital marketing, sesuai dengan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali kota Kurakarta, untuk meningkatkan UMKM Kota Surakarta (agar terus) bertahan, bahkan semakin meningkat ke kelas menengah ke atas,” ujar Teguh.

Baca juga   Jokowi Perintahkan Produk UMKM Dimasukkan e-Katalog, Ganjar: Jateng Sudah dari Tahun Lalu

Di sisi lain, penggunaan teknologi juga penting agar UMKM Kota Surakarta mampu bersaing, sehingga turut mem_branding_ Kota Solo yang tidak hanya dikenal sebagai kota budaya, dan wisata, namun juga sebagai kota perdagangan digital, kuliner dan smart city.

Perwakilan BPSDMP Kemenkominfo Yogyakarta, Suwarto menjelaskan pentingnya pelatihan tersebut bagi UMKM dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh, untuk meningkatkan pendapatan usahanya, mengelola keuangan dan akses dana, dengan memanfaatkan teknologi.

“Kemenkominfo membantu up skilling atau re skilling pelaku usaha atau yang merintis usaha, menyiapkan pengusaha tangguh yang memanfaatkan teknologi digital, dan membantu meminimalisir pengangguran terbuka di masyarakat,” terang Suwarto.

Baca juga   Aplikasi PeduliLindungi Raih Penghargaan IBF 2022

Suwarto juga berharap output kegiatan tersebut mampu dimanfaatkan peserta dalam merencanakan, mengelola keuangan dan mendistribusikan informasi mengenai produk usaha mereka.

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan pembekalan oleh Dinas Kominfo dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta. Instruktur yang dihadirkan berasal dari Universitas Gadjah Mada dan BRI Surakarta dengan 13 jam pelajaran selama dua hari.

Kemudian materi pelatihan berupa Dasar Pengelolaan Keuangan, Aplikasi Pengelolaan Keuangan Digital, Dasar Digital Marketing, Akses permodalan dan Digipreneur Naik Kelas dan Go Global.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Talkshow#1 bertajuk "Kolaborasi Kampus dan Industri Kreatif, Mau Dibawa Kemana?" pada Sabtu (18/12/2021) mewarnai agenda dibukanya Hetero Space Solo. (Foto: Dok DKV ISI Surakarta)

Plus

Hetero Space Gairahkan Insan Kreatif, Undang Dosen DKV ISI Surakarta sebagai Narasumber Diskusi
Indra Prawita Alam saat membagikan rahasia bisnisnya. Foto: Ist

Plus

Viral Pebisnis Asal Wonosobo Blak-blakan Bagikan Ilmu Bisnis, Ini Link-nya Lur
Dirjen Aptika Kominfo Semuel A Pangerapan. Foto: Livestream YouTube

Plus

Sampai Batas Akhir Perpanjangan, Ratusan Sistem Elektronik Belum Didaftarkan ke Kominfo
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Temanggung mengikuti pelatihan shibori dan pewarnaan kain menggunakan pewarna alam. (Foto: MC.TMG)

Plus

Tingkatkan Keterampilan, Dharma Wanita Persatuan Temanggung Ikuti Pelatihan Shibori
Kopda Jito. (Foto:istimewa)

Plus

Seleksi Pertama Gagal, Test kedua Lulus Jadi Tentara Usai Terapi di Banyu Urip
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono beserta rombongan saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kodim 0707/Wonosobo menyempatkan waktu untuk meninjau lokasi wisata yang ada di Wonosobo khususnya Dieng. Foto: Pendim 0707

Militer

Danrem 072/Pamungkas Explore Dieng
Sebanyak 30 siswa SMA Negeri 2 Temanggung disiapkan menjadi agen perubahan antiperundungan. (Foto:Diskominfo Jateng)

Plus

SMAN 2 Temanggung Siapkan Agen Anti Bullying
Foto: Istimewa

Plus

Posnya Seni Godod Gelar Bursa Akik, Tak Boleh Pilih Harga Cuma Dibandrol Segini Lur