Home / Peristiwa

Kamis, 22 Juli 2021 - 12:39 WIB

Ratusan Penyandang Disabilitas Mental di Rembang Terima Vaksinasi

Ganjar Pranowo melihat pelaksanaan vaksin untuk penyandang disabilitas mental di Rembang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Ganjar Pranowo melihat pelaksanaan vaksin untuk penyandang disabilitas mental di Rembang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Rembang – Ratusan penyandang disabilitas mental di Panti Pangrukti Mulyo Rembang begitu ramah saat menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu (21/7/2021). Meski menyandang kelainan mental, namun banyak di antara mereka lancar saat diajak komunikasi.

Ganjar sengaja menengok penyandang disabilitas mental di tempat itu, bersamaan dengan vaksinasi yang dilakukan. Sebanyak 125 orang penghuni panti mendapat jatah vaksin dosis pertama.

“Namanya siapa pak? Ini ke sini mau diapakan?” tanya Ganjar.

“Nama saya Lasdi Habibi Pak, asal Cirebon. Ini mau disuntik, suntik apa ya tadi, oh vaksin pak,” jawab salah satu penghuni panti.

Ganjar kemudian menanyakan buat apa disuntik vaksin. Lasdi menjawab divaksin biar sehat dan tidak kena virus Corona.

“Biar sehat to pak, biar nggak kena Corona,” katanya disambut tepuk tangan Ganjar dan tamu lainnya.

Baca juga   1.126 UKM Yogya Terima Bantuan Produktif Usaha Mikro

Menurut keterangan petugas panti, Waluyo, total ada 125 orang penyandang disabilitas mental yang dirawat di tempat itu. Semuanya menjadi sasaran vaksinasi, meskipun ada beberapa yang tidak disuntik hari ini.

“Karena ada yang sedang sakit, ada juga yang darahnya tinggi,” jelasnya.

Tak hanya dari Jawa Tengah, para penghuni panti di tempat itu juga berasal dari beberapa daerah. Ada dari Jawa Barat, Jakarta, dan Jawa Timur. Ia juga mengatakan banyak di antara penghuni panti yang kesehatan mentalnya mulai memulih.

“Makanya saat diajak bicara Pak Gubernur, ada yang nyambung. Karena sudah lama di sini, dan kami kerja sama dengan RS Jiwa Surakarta untuk pemulihan,” ucapnya.

Baca juga   Bentuk Gercep, Hendi Ajak Remaja Ikut Tangani Covid-19

Gubernur Ganjar mendukung upaya vaksinasi bagi penyandang disabilitas mental di Rembang ini. Menurutnya, mereka juga salah satu kelompok masyarakat yang harus dilindungi.

“Kami senang karena mereka yang berkebutuhan khusus di sini, bisa mendapatkan akses vaksin. Kita harapkan mereka terlindungi. Maka seluruh kelompok elemen masyarakat sekarang bisa kita vaksin semuanya,” ucap gubernur.

Vaksinasi ini, lanjut dia, diharapkan bisa memproteksi mereka. Apapun kondisinya, mereka berhak untuk mendapatkan perlindungan.

“Dan kita mesti melindungi mereka. Kewajiban asasi mesti diberikan juga oleh kita, sehingga mereka bisa mendapatkan perlindungan. Kita tidak pernah tahu, apakah mereka akan tetap di sini atau nanti sembuh dan keluar. Kalau sudah divaksin, harapan kita mereka sudah terbentengi,” tegasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Heroe Poerwadi sosialisasi PPKM Mikro di Kelurahan Terban. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

PPKM Mikro dan Percepatan Vaksinasi Kendalikan Penyebaran Covid-19
Gibran Rakabuming menerima bantuan CSR dari PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah berupa 785 bibit tanaman. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Solo)

Peristiwa

Jasa Raharja Serahkan 785 Bibit Tanaman untuk Hijaukan Solo
Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun menyerahkan bantuan ponsel tersebut kepada anak-anak di Mako Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Salurkan Bantuan Ponsel untuk Anak Yatim Piatu Covid-19
Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri berhasil menyabet peringkat terbaik pertama Nasional dalam Anugerah Apresiasi Implementasi Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Desa. (Foto:Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

Desa Sendang Terbaik Nasional Keterbukaan Informasi Publik Desa
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melakukan pantauan vaksinasi bagi pekerja di Puskesmas Sidoharjo. (Foto: Diskominfo Kab Sragen)

Peristiwa

Dikebut! Capaian Vaksinasi di Sragen Terus Bertambah
Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada perwakilan warga Desa Polobogo, Getasan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Pemkab Semarang Salurkan 1.347 Ton Bantuan Beras PPKM
Donasi KORPRI Sleman untuk korban bencana alam NTT. Foto: nyatanya.com/Humas Sleman

News

Donasikan Rp 60 Juta, Korpri Sleman Bantu Korban Bencana Alam NTT
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menghadiri deklarasi Kampung Panca Tertib Kumendaman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kumendaman Kampung Panca Tertib ke-90 di Kota Yogya