Home / Peristiwa

Sabtu, 4 September 2021 - 07:29 WIB

Ratusan Santri Kota Pekalongan Giliran Vaksinasi

Para santri dan pengurus pondok pesantren (ponpes) di Kota Pekalongan menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

Para santri dan pengurus pondok pesantren (ponpes) di Kota Pekalongan menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Sebanyak 449 orang santri dan pengurus pondok pesantren (ponpes) di Kota Pekalongan menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama, dengan merek Astrazaneca.

Vaksinasi massal diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan, Kamis (2/9/2021).

Wakil Wali Kota (Wawali) Pekalongan, Salahudin, menyebutkan, ratusan santri dan pengurus ponpes peserta vaksinasi tersebut berasal dari sembilan ponpes, antara lain Ponpes Al-Quran Raudlotul Huffadh Al Malikiyah Banyurip, Ponpes Modern Al-Quran Buaran, Ponpes Al-Quran Buaran, Ponpes Aal Falah Banyurip, Tahfidzul Qur’an Anwarul Mubarok Medono, Ponpes Ribatul Mura’allimin Landungsari, dan sebagainya.

Wawali Salahudin berharap, peserta vaksin yang sudah menerima suntikan vaksin bisa mengajak sanak saudara maupun teman-temannya untuk menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah.

Baca juga   Kodim 0705/Magelang dan PWI Tingkatkan Sinergi Komunikasi

“Alhamdulillah mereka sudah memahami betul keperluan untuk divaksin, walaupun mereka secara penerapan protokol kesehatan sudah cukup bagus untuk mencegah penularan Covid-19 seperti mengenakan wajib masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan persiapan ikhtiar dhohir dan batinnya. Vaksin sebagai wujud ikhtiar tambahan untuk dalam menjaga herd immunity terhadap paparan Covid-19,” tegas Salahudin.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Maksum, menerangkan, kegiatan vaksinasi diselenggarakan secara massal se-Jawa Tengah melalui Gerakan Pesantren Jateng Serentak Vaksin. Maksum berharap, sesuai instruksi Kementerian Agama, ke depan, seluruh santri dan pengasuh ponpes bisa mendapatkan vaksinasi.

Baca juga   1.300 Anak di Salatiga Ikuti Vaksinasi GPIB

“Sesuai instruksi Pak Menteri Agama seluruh santri dan pengasuh ponpes bisa tervaksin semua secara bertahap demi kebaikan dan keselamatan bagi semua. Di samping prokes 5M, kami juga selalu menambah ikhtiar melalui doa. Kami berharap semua pihak dapat mendukung program vaksinasi ini,” papar Maksum.

Salah seorang santri peserta kegiatan vaksinasi, Ahmad Ridho Syakirin, mengaku lega bisa mendapatkan suntikan vaksin, meski, awalnya ia mengaku takut divaksin.

“Rasanya tidak sakit ternyata hanya seperti digigit semut. Awalnya memang saaya sempat takut, kira-kira bakal sakit atau tidak. Tetapi, ternyata tidak sakit. Harapannya dengan sudah divaksin, kita semua bisa selalu sehat dan tidak tertular virus Covid-19,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Acara audiensi diakhiri dengan penyerahan buku panduan pelaksanaan Sekolah Penggerak dari LPMP DIY dan BP PAUD pada Walikota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Dukung Inovasi Sekolah Penggerak
Sunanto pemilik warung kopi bersama para pelajar yang memanfaatkan fasilitas wifi untuk mengikuti pembelajaran sekolah yang dilakukan secara daring. (Foto: Diskominfo Kab Boyolali)

Peristiwa

Pandemi, Warung Kopi Ini Jadi Tempat Sekolah Daring
Bupati Klaten, Sri Mulyani bersama Forkopimda dan sejumlah kepala OPD melakukan pengecekan ke GOR Gelarsena. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

GOR Gelarsena Klaten Siapkan 101 Bilik untuk OTG Laki-Laki
Kudus Bermunajat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kudus Bermunajat, Bupati Ingatkan Semua Pihak Tak Kendor
Ganjar Pranowo. (nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Sepakat, Polisi Periksa Kades Grobogan yang Dangdutan
Menjalani isolasi terpusat, lebih terkontrol pasien daripada isoman di rumah. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Pengin Cepat Sembuh, Dwi Astuti Akui Nyaman di Isolasi Terpusat
Perpustakaan Kota Yogya yang berada di Jalan Suroto Kotabaru tutup selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

PPKM Darurat Layanan Perpustakaan Kota Yogya Tutup
Vaksinasi yang diselenggarakan IKASUKA Magelang bekerja sama dengan Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ikatan Keluarga Alumni UIN Suka Gelar Vaksinasi