Home / Peristiwa

Minggu, 15 Agustus 2021 - 22:05 WIB

Realisasi Investasi Jateng Semester I Capai Rp25,3 Triliun

Kepala DPMPTSP Jateng, Ratna Kawuri. (Foto:Diskominfo Jateng)

Kepala DPMPTSP Jateng, Ratna Kawuri. (Foto:Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah mencatat realisasi pada semester I/2021 mencapai  Rp25, 3 triliun. Hal itu menunjukkan tren positif kendati pandemi masih belum usai.

Kepala DPMPTSP Jateng Ratna Kawuri mengatakan, capaian investasi sebagaimana dirilis Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada triwulan II tahun 2021, capaian dari realisasi investasi di Jawa Tengah sebesar Rp13,02 triliun.

Itu terdiri dari penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp5,26 triliun, dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sekitar Rp7,76 triliun. Ini yang terkait dengan triwulan II.

“Apabila secara total semester I di 2021, capaian investasi di Jawa Tengah ini Rp 25,3 triliun,” kata Ratna di Semarang, Sabtu (14/8/2021).

Menurutnya, kalau dibandingkan dengan year on year (yoy) tahun 2020 secara total di semester ini memang mengalami penurunan. Tapi kalau dilihat pada perkembangannya dari triwulan I, hingga triwulan II,  ini terjadi peningkatan. Atau, jika dibandingkan antara triwulan II tahun 2020 dengan triwulan II tahun 2021 ini juga terjadi peningkatan.

Baca juga   Dapat bantuan Kursi Roda, Joso ‘Mbrebes Mili’ Ucapkan Terima Kasih

Pihaknya mencatat pula untuk bidang usaha yang memberikan kontribusi besar, yaitu dari PMA di bidang usaha energi, meliputi listrik, air, dan gas. Tren berikutnya, adalah bidang usaha alas kaki.

“Karena kebanyakan kan di Jawa Tengah ini memang potensial sekali untuk industri manufaktur yang terkait dengan produksi alas kaki,” terangnya.

Adapun jika dari sektor PMDN, kontribusi terbesar adalah dari industri mineral nonlogam. Bidang usaha yang berkontribusi besar itu berasal dari sejumlah daerah di Jateng.

Baca juga   Sudah Negatif, Semua Pasien Covid-19 Asal Kudus Dipulangkan

Pemprov mencatat daerah itu masih didominasi oleh daerah pantura, seperti Kabupaten Jepara, Kota Semarang, Kabupaten Kendal. Untuk PMDN Kabupaten Grobogan dan Cilacap.

Menurut Ratna, dominasi daerah pantura itu tak lepas dari infrastruktur di wilayah pesisir pantai utara yang telah representatif. Seperti halnya adanya pelabuhan, dan juga jalan tol di wilayah pantura. Hal itu juga tak lepas dari pembangunan yang dicanangkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin Maimoen.

“Prinsipnya adalah peningkatan investasi yang berkualitas yang inklusif. Artinya istilah beliau itu no one left behind. Kemudian arahnya ke daerah barat, daerah selatan. Maka pembangunan arahnya banyak ditingkatkan di daerah-daerah pantai selatan,” tuturnya. (*)

Share :

Baca Juga

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, saat meninjau vaksinasi di XT Square. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Kejar Target ‘Yogya Merdeka Vaksin’, Pemkot Gencarkan Vaksinasi
Pola penanganan jenazah Covid-19 tidak boleh dilakukan sembrono. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Jangan Sembrono! Jenazah Covid-19 itu Masih Infeksius
Walikota Surakarta meninjau pelaksanaan vaksinasi di Mall Solo Paragon. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Stok Melimpah, Surakarta Ngebut Vaksinasi
Direktur PT Ndayu Alam Asri Sragen, Untung Wibowo Sukowati menyerahkan unit mobil bantuan operasional Satgas Covid-19 kepada Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Pemkab Sragen Terima Bantuan Mobil Operasional Satgas Covid-19
DIY mendapat penghargaan Anugerah Tangguh Presisi dalam Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-75. (Foto:nyatanya.com/HUmas Pemda DIY)

Peristiwa

Efektif Tangani Covid-19, DIY Raih Anugerah Tangguh Presisi
Saksi beberkan fakta sesungguhnya di muka persidangan gugatan terhadap Gubernur Ganjar Pranowo. (Foto: dokumentasi tim kuasa hukum LBH Nyi Ageng Serang)

Peristiwa

Seputar Gugatan GEMPADEWA Terhadap Gubernur Ganjar Pranowo, Keterangan Saksi Tergugat Mentahkan Gugatan Penggugat
ilustrasi:nyatanya.com

Peristiwa

Pendaftaran Ditutup, Pelamar CASN Kabupaten Magelang Tembus 11 Ribu Orang
Zalfaa Azalia Pursita dan tropi kemenangannya. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Zalfaa Azalia Pursita Terpilih Jadi Duta Bahasa Jateng