Home / Peristiwa

Minggu, 15 Agustus 2021 - 22:05 WIB

Realisasi Investasi Jateng Semester I Capai Rp25,3 Triliun

Kepala DPMPTSP Jateng, Ratna Kawuri. (Foto:Diskominfo Jateng)

Kepala DPMPTSP Jateng, Ratna Kawuri. (Foto:Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah mencatat realisasi pada semester I/2021 mencapai  Rp25, 3 triliun. Hal itu menunjukkan tren positif kendati pandemi masih belum usai.

Kepala DPMPTSP Jateng Ratna Kawuri mengatakan, capaian investasi sebagaimana dirilis Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada triwulan II tahun 2021, capaian dari realisasi investasi di Jawa Tengah sebesar Rp13,02 triliun.

Itu terdiri dari penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp5,26 triliun, dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sekitar Rp7,76 triliun. Ini yang terkait dengan triwulan II.

“Apabila secara total semester I di 2021, capaian investasi di Jawa Tengah ini Rp 25,3 triliun,” kata Ratna di Semarang, Sabtu (14/8/2021).

Menurutnya, kalau dibandingkan dengan year on year (yoy) tahun 2020 secara total di semester ini memang mengalami penurunan. Tapi kalau dilihat pada perkembangannya dari triwulan I, hingga triwulan II,  ini terjadi peningkatan. Atau, jika dibandingkan antara triwulan II tahun 2020 dengan triwulan II tahun 2021 ini juga terjadi peningkatan.

Baca juga   Satu Tersangka Pengedar Liquid Sabu Rokok Elektrik Dibekuk Polisi

Pihaknya mencatat pula untuk bidang usaha yang memberikan kontribusi besar, yaitu dari PMA di bidang usaha energi, meliputi listrik, air, dan gas. Tren berikutnya, adalah bidang usaha alas kaki.

“Karena kebanyakan kan di Jawa Tengah ini memang potensial sekali untuk industri manufaktur yang terkait dengan produksi alas kaki,” terangnya.

Adapun jika dari sektor PMDN, kontribusi terbesar adalah dari industri mineral nonlogam. Bidang usaha yang berkontribusi besar itu berasal dari sejumlah daerah di Jateng.

Baca juga   Berharap Sejahterakan Atlet, Ganjar Dorong KONI Miliki Database

Pemprov mencatat daerah itu masih didominasi oleh daerah pantura, seperti Kabupaten Jepara, Kota Semarang, Kabupaten Kendal. Untuk PMDN Kabupaten Grobogan dan Cilacap.

Menurut Ratna, dominasi daerah pantura itu tak lepas dari infrastruktur di wilayah pesisir pantai utara yang telah representatif. Seperti halnya adanya pelabuhan, dan juga jalan tol di wilayah pantura. Hal itu juga tak lepas dari pembangunan yang dicanangkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin Maimoen.

“Prinsipnya adalah peningkatan investasi yang berkualitas yang inklusif. Artinya istilah beliau itu no one left behind. Kemudian arahnya ke daerah barat, daerah selatan. Maka pembangunan arahnya banyak ditingkatkan di daerah-daerah pantai selatan,” tuturnya. (*)

Share :

Baca Juga

Nggak usah panik. Stok LPG 3 Kilogram di Pekalongan Aman. (Foto:Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Sempat Langka, Stok LPG 3 Kilogram di Pekalongan Aman
Dalam kurun waktu tujuh hari, Indonesia telah menerima sebanyak 22.183.440 dosis vaksin dari berbagai merek. Vaksin yang didapatkan ini dalam bentuk pembelian langsung maupun donasi dari negara sahabat. (Foto: Ryiadhy BN/InfoPublik)

Peristiwa

Dalam 7 Hari, Indonesia Terima 22.183.440 Dosis Vaksin Covid-19
Peninjauan lapangan yang dilakukan oleh BPBD Kota Depok ke pemukiman warga terdampak banjir. Foto: BPBD Kota Depok

Peristiwa

Sebanyak 20 Desa di Garut Terendam Banjir, di Depok 57 KK Mengungsi
Kapolres Bantul AKBP Ihsan. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Sepanjang Januari – April 2022, Polres Bantul Tangkap 104 Pelaku Kejahatan Jalanan
Para santri dan pengurus pondok pesantren (ponpes) di Kota Pekalongan menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Ratusan Santri Kota Pekalongan Giliran Vaksinasi
Jaksa Agung RI Burhanuddin mengukuhkan 58 orang Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Periode 2022-2024 secara virtual dari ruang kerja di Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu (5/1/2022). (Foto: dok. Puspenkum)

Peristiwa

Jaksa Agung Kukuhkan 58 Pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia 2022 – 2024
(ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa)

Peristiwa

Perajin Patung Rohani di Jepara Kebanjiran Order
Serma Hartono secara simbolis berikan masker kepada Ketua RT. FOTO: nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Wujud Kepedulian Babinsa, Serma Hartono Bagikan Masker