Home / Olga

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 15:27 WIB

Rekor Dunia Tercipta di Semifinal Panjat Tebing PON Papua

NYATANYA.COM, Timika – Atlet Jawa Barat, Raharjati Nursyamsa, berhasil mematahkan rekor dunia milik atlet asal Kalimantan Barat, Veddriq Leonardo, dalam putaran semifinal nomor Speed World Record, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua Klaster Mimika.

Namun dalam putaran final, Raharjati Nursyamsa, hanya menempati posisi kedua dan meraih perak setelah tergelincir saat beradu cepat dengan Veddriq.

Pemegang gelar juara dunia panjat tebing Veddriq Leonardo sendiri justru berhasil menyapu medali emas pada final nomor Speed World Record perorangan putra dalam Pekan Olahraga Nasional 2021 di Mimika, Papua, Jumat (1/10/2021).

Bersaing adu cepat bersama 15 pemanjat lainnya, atlet asal Kalimantan Barat itu tampil penuh percaya diri di Arena Panjat Tebing SP2, Timika.

Baca juga   Tiga Rekor Dunia, 11 Rekor Nasional Pecah di Cabor Angkat Besi PON XX Papua

Atlet asal Pontianak itu mengalahkan favorit juara sekaligus rival beratnya, Kiromal Katibin dari Jawa Tengah.

Veddriq, pemegang rekor dunia dengan catatan waktu 5,208 detik yang dipecahkan saat Kejuaraan Dunia IFSC di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, akhir Mei 2021, gagal melewati waktu terbaiknya.

Di posisi kedua, atlet Jawa Barat, Raharjati Nursyamsa merebut perak setelah tergelincir saat beradu cepat dengan Veddriq. Kiromal harus puas membawa pulang sekeping perunggu bagi Jateng.

Sebuah peristiwa penting terjadi dalam duel semifinal antara Raharjati dengan Aspar Jailolo (DKI Jakarta). Raharjati secara mengejutkan mampu mencetak waktu 5,14 detik dan merupakan pencapaian luar biasa. Kendati sebuah rekor dunia baru, namun belum dapat dicatat secara resmi di dalam Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC).

Baca juga   BMKG Komitmen Kawal Informasi Cuaca Seluruh Klaster Pertandingan PON XX

Ketua I Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Rudy Fitriyanto, dalam keterangan persnya, mengatakan agar diakui sebagai sebuah rekor dunia resmi, ada tahapan yang harus dilalui. Pihaknya perlu mengurus semacam sertifikat terkait sarana dan prasarana panjat tebing yang menjadi arena final tersebut.

Menurut Rudy, FPTI sangat mendukung agar sertifikasi itu bisa terlaksana, tetapi untuk saat ini belum bisa dilakukan pada PON.

“Arena Panjat Tebing Mimika harus mendapat sertifikasi IFSC baik dalam hal sarana, prasarana, perangkat atau peralatan yang dipakai. Setelah itu terpenuhi, maka catatan waktu tadi bisa didata mereka,” kata Rudy. (*)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi dan pujian atas torehan prestasi yang ditorehkan atlet kotingen Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok/BPMI/kemenpora.go.id)

Olga

Jokowi Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Atlet Difabel di Paralimpiade 2020
Menpora Amali dalam Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diselenggarakan bersama PWI dan SIWO PWI secara daring. (Foto:egan/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali: Pabrik Prestasi Olahraga Itu Bernama DBON
Pengda DIY Shokaido menggelar ujian kenaikan sabuk di Segoroyoso, Pleret, Bantul. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Olga

45 Karateka Ikuti Ujian Kenaikan Sabuk di Dojo Shokaido Segoroyoso
Penampilan Rio Waida di Tsurigasaki Surfing Beach Senin (26/7/21). Rio terhenti pada ronde ketiga. (Foto:nyatanya.com/noc indonesia)

Olga

Gagal di Olimpiade Tokyo, Rio Waida Incar Medali Olimpiade 2024
Windy Cantika Aisah sukes pada penampilan perdana pada cabang olahraga angkat besi Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Tampil Tenang, Kunci Cantika Raih Medali Pertama Olimpiade Tokyo 2020
Konferensi Pers tentang Pembinaan Atlet Papua dan Ketenagalistrkan di Papua, di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura, Selasa (12/20/2021). (Foto:MC Kominfo PON Papua Klaster Jayapura)

Olga

Masa Depan Papua Ada di Sport Science dan Sport Tourism
Kontingen Jawa Timur keluar sebagai juara umum cabor panahan di PPON XX 2021 dengan 7 medali emad dan 2 perak.(Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Olga

Raih 7 Medali Emas, Jatim Juara Umum Panahan PON XX
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali emas kemenangannya di Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto: @Kemenag_RI)

Olga

Ternyata Segini Harga Rumah di PIK 2 untuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu