Home / Peristiwa

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 11:44 WIB

Relawan Sorban Wali Putih Normalisasi Sungai Mampir

Normalisasi sungai Mampir yang dilakukan relawan Sorban Wali Putih bersama Pemerintah Desa Kepuh, Forkopimcam Limpung dan Masyarakat. (Foto: MC Batang)

Normalisasi sungai Mampir yang dilakukan relawan Sorban Wali Putih bersama Pemerintah Desa Kepuh, Forkopimcam Limpung dan Masyarakat. (Foto: MC Batang)

NYATANYA.COM, Batang – Peduli lingkungan, Forum Komunikasi Relawan yang menamakan diri Sorban Wali Putih bersama Pemerintah Desa Kepuh, Forkopimcam Limpung dan Masyarakat, melakukan kegiatan normalisasi sungai di Desa Kepuh, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jumat (1/10/2021).

Kepala Desa Kepuh Ahmad Mubarok mengatakan, Kegiatan Kerja bakti saat ini merupakan kegiatan normalisasi sungai Mampir atau Wangan Mampir kalau bahasa PU-nya bibit 11.

“Ini dilakukan oleh masyarakat dan para relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang serta dari berbagai unsur diantaranya, PMI, Banser, MDMC, Rifaiyah, MRI-ACT, SAR FKAM, Jaga Baya, Pemuda Pancasila dan lainnya, Alhamdulillah yang dikerjakan sekitar 500 meter untuk dinormalisasi,” jelasnya.

Baca juga   Dianggap Peduli Budaya, Tokoh Adat Tobelo Ini Serahkan Baju Adat untuk Ganjar

Sungai ini sebenarnya untuk mengairi Desa Pungangan sampai Desa Luwung, cuma untuk sekarang dinormalisasi itu karena selama 2 tahun itu dari tahun 2020 kemarin bendungannya yang atas runtuh.

“Bendungan saat ini masih dibangun lagi, makannya kemarin selama 2 tahun ini airnya tidak mengalir sama sekali, dan untuk sekarang alhamdulillah sedikit demi sedikit sudah ada airnya,” katanya.

Ahmad Mubarok mengharapkan, dengan dilakukannya kegiatan seperti ini, nantinya bisa bermanfaat untuk para petani.

Baca juga   60 Lokasi di Bantul Dapat Program Padat Karya Infrastruktur

“Normalisasi saluran sungai ini dengan tujuan antara lain memperlancar aliran air untuk irigasi sawah, serta digunakan untuk upaya mencukupi kebutuhan lahan pertanian desa,” ungkapnya.

Karena yang bawah merupakan persawahan warga untuk yang mengairi desa kepuh sekitar 4 Hektare, untuk yang lainnya sampai Desa Pungangan dan Desa Luwung.

“Alhamdulillah para relawan dan warga dengan semangat membersihkan saluran sungai ini, dengan kegiatan ini aliran sungai sudah mulai lancar,” ujar Ahmad. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat sidak ke Pasar Darurat dan Pasar Baru Kedungwuni.(Foto:nyatanya.com/Dinkominfo Pekalongan)

Peristiwa

Hari Ke-3 PPKM Darurat, Warga Semakin Tertib
Vaksinasi massal yang digelar Polres Batang bekerjasama dengan TNI, Pemkab, dan Kejaksaan Negeri Batang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Batang)

Peristiwa

11 Ribu Vaksin untuk Puskesmas Batang Didistribusikan
Selain dibuat para difabel yang tergabung dalam Difa Elektra Solo, tempat sampah itu merupakan hasil kreativitas dan inovasi baru. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Puji Tempat Sampah Pintar Karya Disabilitas Solo
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Catat! Senin 19 Juli 2021 Pukul 10.00 WIB ‘PrayFromHome’
Ganjar Pranowo ikut hadir untuk menyerahkan secara simbolis bantuan sosial tunai yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Jateng, di Kantor Pos Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Serahkan BST, Ganjar: Gunakan Model Gotong Royong Insyaallah Semua Dapat
Heroe saat menyerahkan bantuan ASLUM secara simbolis di Bank BPD DIY di Mal Pelayanan Publik Balai Kota Yogyakarta, Senin (20/9/2021). (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Beri Bantuan Asistensi Sosial Lanjut Usia Miskin
Tempat isolasi terpusat ini terwujud berkat gotong-royong para Kades di Kecamatan Karangdowo, Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kades di Karangdowo Patungan Bikin Tempat Isolasi Terpusat
Bibit padi gulung Sri Mulyo. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Unik, Inovasi Bibit Padi Gulung Sri Mulyo