Home / Peristiwa

Senin, 30 Agustus 2021 - 15:49 WIB

Resmi Dibuka! Kini Pekalongan Punya Gerbang Tol

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, saat meresmikan pembukaan GT Bojong. (Foto: Diskominfo Kab Pekalongan)

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, saat meresmikan pembukaan GT Bojong. (Foto: Diskominfo Kab Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Gerbang Tol (GT) Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah resmi dibuka dan dioperasikan. Pembukaan gerbang tol ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi warga kabupaten di pesisir pantai utara Jawa tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, saat meresmikan pembukaan GT Bojong, Jumat (27/8/2021).

Dikatakannya, apabila ekonomi berjalan maka wisatanya juga berjalan. Kabupaten Pekalongan memiliki berbagai destinasi wisata serta produk-produk UMKM yang luar biasa.

”Saya yakin dengan dibukanya exit tol Bojong ini yang aksesnya langsung ke Kabupaten Pekalongan bisa meingkatkan nilai perekonomian di Kabupaten Pekalongan,” kata Bupati Fadia.

Pemerintah Kabupaten Pekalongan beserta DPRD Kabupaten Pekalongan, imbuhnya, akan membahas lebih lanjut tentang rencana pembuatan sentra pusat oleh-oleh khas Kabupaten Pekalongan. Dengan begitu, nilai produk dan destinasi wisata berpeluang naik.

Baca juga   Grobogan Kembali Terapkan Sehari di Rumah Saja

“Dengan adanya exit tol yang keluar langsung di Kabupaten Pekalongan ini saya yakin UMKM akan meningkat penjualannya. Kita akan pikirkan untuk membuat pusat oleh-oleh,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Direktur PT. Pemalang Batang Toll Road Supriyono, mengatakan exit tol Bojong ini merupakan bagian dari ruas tol Pemalang-Batang Toll Road sepanjang 39,2 kilometer, dari Pemalang kilometer 307 sampai dengan Batang kilometer 436.

Rinciannya, jalur sepanjang 15 kilometer di Kabupaten Pemalang, 18 kilometer di Kabupaten Pekalongan, 6,2 kilometer di Kabupaten Batang, dan gerbang tol sepanjang sepanjang 3 kilometer di Kota Pekalongan. ‘

“Perlu diketahui mengapa exit tol Bojong ini operasionalnya terlambat dibanding dengan ruas utamanya karena pada saat mulai sebenarnya exit tol ini tidak ada dalam perencanaan. Jadi, perencanaan yang awal adalah exitnya di Sragi, atas permintaan bapak bupati terdahulu diminta ada exit ke arah Selatan, maka dibangunlah exit tol Bojong ini,” ungkap Direkur PBTR Supriyono.

Baca juga   Timbun Tabung Oksigen dan Obat, Terancam Pidana

Direktur Waskita Toll Road, Septian Andri Purwanto, berharap, pembukaan GT Bojong dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan secara luas. Dengan begitu, makna dari pembangunan infrastruktur dapat terwujud.

”Dan keberhasilan pembangunan infrastruktur sejatinya tidak hanya dari unsur komersial saja, tetapi yang lebih penting adalah tentang bagaimana bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Kami sangat berharap agar aset yang sudah dibangun ini bisa memberikan manfaat bagi pembangunan warga Kabupaten Pekalongan,” ungkap Septian Andri Purwanto. (*)

Share :

Baca Juga

Kasatlantas Polres Boyolali AKP Yuli Anggraeni. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Bayar Pajak Kendaraan Tahunan Lebih Gampang Pakai Aplikasi Signal
Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan bantuan kepada PKL Alun-alun Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Bagikan Bantuan Pangan untuk PKL Alun-alun
Selain memberikan teguran secara langsung petugas juga membagikan ribuan masker kepada para pedagang maupun masyarakat yang membutuhkan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Meski Grafik Covid-19 Menurun, Operasi Yustisi Tetap Digelar
Masjid Raya Baiturrahman mulai direnovasi. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Telan Anggaran Rp84 miliar, Masjid Raya Baiturrahman Semarang Direnovasi
Empat pemuda ini dihukum push up setelah kedapatan mancing tengah malam di saat PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Mancing Tengah Malam Kena Operasi PPKM Darurat, Push Up Dehh…
Direktur Utama BSI Hery Gunardi usai beraudiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Foto: nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

BSI Migrasikan 1,18 Juta Rekening, Perluas Layanan di Semarang Raya, Solo, Yogyakarta dan Purwokerto
Baznas Kota Yogyakarta menyalurkan bantuan paket logistik bahan makanan kepada mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Baznas Salurkan 1.100 Paket Sembako untuk Warga Isoman
Vaksinasi yang diselenggarakan IKASUKA Magelang bekerja sama dengan Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ikatan Keluarga Alumni UIN Suka Gelar Vaksinasi