Home / News

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 11:14 WIB

Resmikan 7 Venue, Presiden Jokowi Buka PON XX Papua Pukul 19.35 WIT

Istora Papua Bangkit, yang berada di Lukas Enembe Sport Complex, Distrik Sentani Timur, salah satu veneu yang diresmikan Presiden Jokowi hari ini. (Foto: PB PON XX Papua)

Istora Papua Bangkit, yang berada di Lukas Enembe Sport Complex, Distrik Sentani Timur, salah satu veneu yang diresmikan Presiden Jokowi hari ini. (Foto: PB PON XX Papua)

NYATANYA.COM, Jayapura – Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka secara resmi PON 2021 Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021), sekira pukul 19.35 WIT.

Acara pembukaan akan dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, pejabat tinggi negara, sejumlah gubernur, dan Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Sebelumnya, pada Sabtu (2/10/2021) siang ini, Presiden meresmikan tujuh venue PON Papua bertaraf internasional. Ketujuh fasilitas olahraga tersebut terdiri dari Arena Akuatik dan Istora Papua Bangkit yang berada di Lukas Enembe Sport Complex, Distrik Sentani Timur. Lalu venue Cricket dan Lapangan Hoki (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

Kemudian arena dayung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura. Selanjutnya arena sepatu roda Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura dan panahan di Lukas Enembe Sport Complex.

Baca juga   Polri dan BNN Lacak Aliran Dana Bisnis Narkoba Rp120 Triliun

Adapun dari keterangan yang dilansir oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Istora Papua Bangkit dibangun oleh PT PP (Persero) pada lahan seluas 33.016 meter persegi di kawasan Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura mencapai Rp278,5 miliar.

Venue ini, selain dapat pergunakan untuk cabor senam, gelaran cabor bulutangkis, bola voli, basket maupun konser musik bisa digelar di sini. Kapasitas Istora Papua Bangkit ini mampu menampung 8.000 penonton.

Di kompleks ini, ada juga Stadion Utama Lukas Enembe berikut fasilitas berstandar internasional berikut sarana pendukung lapangan latihan atau pemanasan dan area parkir.

Baca juga   Klasemen Sementara PON XX, Pertarungan Seru di Papan Tengah

BUMN karya lainnya PT Nindya Karya turut membangun arena kriket/hockey luar dan dalam stadion pada lahan seluas 133.509 meter persegi menyedot biaya hingga Rp288,3 miliar. Stadion kriket dam hockey terdapat di kawasan Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

PON Papua akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang dan acara pembukaan dilakukan Sabtu (2/10/2021) oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Sebanyak 6.442 atlet dari 34 provinsi berlaga di 37 cabang olahraga dengan 679 nomor pertandingan. Sejumlah rekor nasional berhasil diciptakan. Mereka bertanding di 49 venue yang terdapat pada empat klaster penyelenggaraan, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. (*)

Share :

Baca Juga

Nadiem Anwar Makarim saat melakukan audiensi dengan Kepala Sekolah dan Guru di Pendapa Agung Taman Siswa. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

News

Menteri Nadiem: Sekolah Harus Menyenangkan dan Relevan dengan Zaman
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Waspadai Corona Varian Delta, Dinkes Imbau Warga Kenakan Dobel Masker
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Masih Banyak Perusahaan Tak Sepenuhnya Jalani Ketentuan PPKM Darurat
Sejumlah pekerja hiburan turut menggelar aksi agar diberi kelonggaran untuk bisa kembali bekerja. (Foto: dokumentasi koes gapplek)

News

Pekerja Hiburan Turun ke Jalan Tolak Perpanjangan PPKM
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Tekan Angka Kematian Covid-19, DIY Tambah Nakes Pendamping Pasien Isoman
Bank Indonesia mendorong penggunaan QRIS untuk memfasilitasi transaksi pembayaran selama ajang PON Papua XX. (Foto:InfoPublik)

News

BI Dorong Penggunaan QRIS di PON XX Papua
Konferensi pers ‘Perkembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Jayapura’ di Media Center Kominfo PON XX Papua Klaster Kabupaten Jayapura,Jumat (8/10/2021). (Foto: Ricky Pangkatana/MCC Kominfo Kluster Kab Jayapura)

News

PON Papua Jadi Momentum Kebangkitan UMKM dan Milenial
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Terus Bertambah