Home / News

Senin, 4 Oktober 2021 - 23:24 WIB

Rhenald Kasali: Digitalisasi Ekonomi di DIY Jadi Tantangan Serius

Rhenald Kasali dalam sharing session

Rhenald Kasali dalam sharing session "Strategi Pembangunan DIY Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Kearifan Lokal" yang diselenggarakan Pemprov DIY. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pakar ekonomi Indonesia Rhenald Kasali mengungkap, manajemen Pemda DIY sudah sangat baik. Namun, ada tantangan serius yang bisa dimaksimalkan, yaitu digitalisasi ekonomi.

“Kita harus siap menghadapi otomatisasi karena saat ini 90% lapangan pekerjaan bisa diotomatisasi. Potensi ini bisa menjadi peluang besar sekaligus tantangan besar bagi SDM. Nah, DIY ini punya potensi kaum muda yang sangat besar, mereka memiliki kreativitas yang bagus. Ini yang harus direspon dengan kearifan dan budaya lokal,” jelas Rhenald usai acara sharing session “Strategi Pembangunan DIY Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Kearifan Lokal” yang diselenggarakan Pemprov DIY di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (4/10/2021).

Menurut Rhenald, pandemi mendorong digitalisasi dari kota hingga ke desa. Peradaban yang bergeser ini seperti akan menggeser dunia. Oleh karena itu, kearifan lokal juga berperan penting untuk merespon trend ini.

Senada dengan Rhenald, Siti Zuhro, Peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI turut mengungkapkan, menurutnya, Gubernur DIY sangat fokus merespon hal-hal yang menunjang percepatan pembangunan.

Baca juga   Jaga Imunitas, Klaten Targetkan 20.000 Vaksinasi Tiap Hari

Bahkan hingga ke level desa, DIY tetap mengupayakan penonjolan kualitas pelayanan publik. Terobosan-terobosan atau pembangunan digital memang sangat diperlukan untuk menghadapi perkembangan dunia yang semakin global.

“Contoh konkrit DIY adalah membangun Desa Mandiri Budaya, yang ditambahkan disitu menjaid Desa Cerdas atau smart village. Bagaimana itu nanti akan membangun masyarakat yang cerdas, membangun ekonomi masyarakat yang kreatif, juga membangun smart governance di tingkat Kelurahan,” ungkap Siti Zuhro.

Siti Zuhro menekankan kepada jajaran pejabat DIY untuk bisa mewujudkan sentra-sentra pelayanan publik yang nyaman, menyelenggarakan smart living dan smart encouragement.

Membangun pola hidup yang sehat dan lingkungan yang sehat adalah salah satu tantangan yang harus ditaklukkan. Bagaimana nanti DIY mampu mewujudkan hal tersebut dalam wujud digitalisasi dan inovasi, tantangan itulah yang harus dijawab.

“Bagaimana membangun masyarakat pada pola hidup yang sehat, lingkungan yang sehat adalah dengan budaya. Budaya ini bisa menjadi penggerak masyarakat dan justru membuat masyarakat mampu menjadi lebih cerdas dan sejahtera,” tutup Siti Zuhro.

Baca juga   Gunung Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas, Potensi Bahaya di Tenggara–Barat Daya

Rhenald Kasali dan Siti Zuhro sengaja diundang Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono untuk membekali jajaran pejabat DIY guna mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2022-2027 dengan efisiensi dan otomasisasi tanpa meninggalkan aspek budaya.

Sri Sultan mengungkapkan, pembekalan ini penting bagi para kepala OPD di DIY sebagai acuan dalam penyusunan RPJMD DIY 2022–2027, mengingat saat ini sangat dibutuhkan inovasi dan otomatisasi untuk menuntaskan perkembangan ekonomi pada khususnya.

“Kita harus bisa membangun inovasi dan kerjasama saling silang. Menumbuhkan otomatisasi tanpa mematikan potensi tenaga kerja yang digantikan oleh mesin. Harus seiring dan sejalan, untuk kesejahteraan masyarakat. Ini yang harus dipedomani dalam penyusunan RPJMD nanti,” terang Sri Sultan.

Turut hadir mendampingi Sri Sultan, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X dan Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji serta seluruh OPD dan pemangku kepentingan, hingga BUMD DIY sebagai peserta secara daring dari kantor masing-masing. (*)

Share :

Baca Juga

(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Penambahan Kasus Covid-19 di Klaten Mengkhawatirkan
Relawan pemulasaran jenazah Covid-19 Klaten kewalahan. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

News

Relawan Kewalahan, Sehari Tangani 27 Lokasi Pemakaman Jenazah Corona
Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada, pembatasan penumpang di Bandara Soetta sudah tidak diperlukan. (Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub)

News

Kemenhub Hapus Pembatasan Penumpang Internasional di Bandara Soetta
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Bogor Bima Arya soan ke rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (14/10/2021). (Foto: Humas Jateng)

News

Sowan Gubernur Ganjar, Apa yang Dibicarakan Gibran dan Bima Arya?

News

Lagi! Kominfo Blokir 151 Fintech dan 4 Entitas Investasi Bodong, Ini Daftarnya
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Covid-19 di Magelang Tambah 316 Orang, Terbanyak dari Mertoyudan
Penampakan Gunung Merapi pada Jumat (6/8/2021) pukul 11.24 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas, Potensi Bahaya di Tenggara–Barat Daya
Bupati Temanggung, M Al Khadziq meninjau pelaksanaan vaksinasi di Omah Kebon. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Temanggung Kejar Target Vaksinasi 70 Persen